Kalsel Kedatangan Pejabat Pusat, Ibnu Sina Minta Laboratorium Bertambah Belasan, 6 Positif Covid-19 di Kotabaru Pejuang Medis dan WNA Sosok AS, Terduga Teroris di Tanbu yang Diamankan Densus 88 Densus 88 Beraksi di Tanah Bumbu, Buku Jihad dan Syal Diamankan Tagihan Listrik di Kalsel-Teng Membengkak? PLN Ungkap Penyebabnya




Home Kalsel

Jumat, 3 April 2020 - 14:21 WIB

Jumatan Libur, Hanya Satu Masjid yang Ramai di Kotabaru

rifad - Apahabar.com

Masjid Raya Khusnul Khatimah Kotabaru tampak sepi dan tidak melaksanakan salat Jumat. Foto-apahabar.com/Masduki

Masjid Raya Khusnul Khatimah Kotabaru tampak sepi dan tidak melaksanakan salat Jumat. Foto-apahabar.com/Masduki

apahabar.com, KOTABARU – Imbauan MUI benar-benar dipatuhi mayoritas masjid di Kotabaru. Mereka bersepakat meniadakan sementara Salat Jumat.

Ya tujuannya sangat jelas: memutus mata rantai virus Corona (Covid-19) di Bumi Saijaan. Di Kalsel saat ini jumlah pengidap virus menular itu sudah delapan orang, dengan 5 pasien dalam pengawasan.

Berdasarkan pantauan apahabar.com Jumat (3/4) siang, tepatnya di kawasan pusat Kotabaru, memasuki waktu zuhur, atau Jumat sejumlah masjid terlihat kosong. Sepi jemaah.

Masjid Raya Khusnul Khatimah, misalnya. Pagar masjid ini terlihat tertutup. Kondisi di dalam masjid juga terlihat lengang. Tidak ada satupun jemaah yang datang.

Kondisi sama juga tepantau di Masjid An-Nuur di Kawasan Kelurahan Kotabaru Hilir. Masjid ini juga terlihat sepi. Pagarnya tertutup.

Baca juga :  Koleksi Buku Minim, Kepala PSBR Harapkan Hibah Dispersip Kalsel

Masjid lainnya yang juga berada di pusat Kotabaru, Masjid Al Istiqamah juga tidak melaksanakan Salat Jumat. Di sana hanya terdengar suara azan menandakan waktu zuhur tiba.

Selanjutnya apahabar.com juga melakukan pantauan hingga ke sejumlah kecamatan di Kotabaru. Hasilnya sama. Mayoritas mereka patuh.

Meniadakan Salat Jumat sementara itu tampaknya juga diikuti oleh warga di Kecamatan Kelumpang Hulu, Hampang, serta Kelumpang Tengah.

Kondisi itu juga dibenarkan Kapolsek Hampang, Ipda Marjoko. “Iya, mas. Di sini juga tidak dilaksanakan Salat Jumat sementara,” ujarnya saat dihubungi apahabar.com.

Kapolsek Kelumpang Tengah, Iptu Iksan Prananto juga menyatakan di wilayahnya juga tidak dilaksanakan Salat Jumat.

Baca juga :  Pemerintah Indonesia Kebut Distribusi 679.000 APD

“Kalau di kami kompak. Sementara tidak Salat Jumat dulu. Sampai kondisinya sudah dinyatakan aman,” tegas Iksan, eks Kapolsek Pulau Laut Utara itu.

Hanya saja suasana agak berbeda didapati di Masjid Jami Baitul Abrar. Masjid ini masih terlihat ramai dengan jemaah. Kendaraan, roda dan dua juga masih terlihat terparkir di ruas jalan.

Sebelumnya, Kapolres Kotabaru, AKBP Andi Adnan Syafruddin mengingatkan agar warga muslim Kotabaru mematuhi imbauan MUI itu.

“Ya, kami minta untuk sementara ikuti imbauan itu. Salat di rumah saja dulu. Ini hanya untuk sementara waktu. Semua ini juga demi keselamatan, dan kemaslahatan umat,” tegas Andi Adnan.

Repoter: Masduki
Editor: Fariz Fadhillah

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Harun Nurasid Punya Riwayat Kolestrol dan Jantung
apahabar.com

Kalsel

DPRD Banjar Kosongkan Kegiatan Kecuali Aduan Masyarakat
apahabar.com

Kalsel

Markas Kodim Banjarmasin Ikut Disemprot Cairan Disinfektan
apahabar.com

Kalsel

Bandara Syamsudin Noor Segera Berstatus Internasional
apahabar.com

Kalsel

Diteriaki Maling, Pria Mabuk Pura-Pura Tewas di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Bawaslu Tapin Mulai Telisik Dugaan Money Politics Oknum KPPS
apahabar.com

Kalsel

Pria yang Lenyap di Sungai Daha Utara Terindikasi Gangguan Jiwa
apahabar.com

Kalsel

Kebakaran di Wildan; Warga Panik, Langit Merah Saga