Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Oknum Simpatisan Terjerat Sabu di Kotabaru, FPI Bantah Anggotanya Cabuli Murid, Oknum Guru Olahraga di SD Banjarbaru Langsung Dipecat! Ketuanya Buron, Joko Pitoyo Ambil Alih Nasdem Tanah Laut Laporan Denny Rontok di Bawaslu Pusat, Tim BirinMu Endus Motif Lain

Ketua PMI Tanah Bumbu Serukan Donor Darah

- Apahabar.com Jumat, 3 April 2020 - 18:27 WIB

Ketua PMI Tanah Bumbu Serukan Donor Darah

Ketua PMI Tanah Bumbu, H Rooswandi Salem. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BATULICIN – Di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 yang mewabah di berbagai wilayah Indonesia, Palang Merah Indonesia (PMI) telah mengeluarkan berbagai protokol atau panduan terkait pelayanan di PMI termasuk pelaksanaan donor darah.

Hal tersebut untuk mengatasi kelangkaan persediaan darah, dikarenakan banyak dibatalkannya kegiatan-kegiatan donor darah.

Ketua PMI Tanah Bumbu, H. Rooswandi Salem memastikan bahwa donor darah di PMI aman, karena menerapkan physical distancing. Sehingga kegiatan donor darah tetap dapat dilakukan.

Selain itu, kata Rooswandi, donor darah yang diadakan oleh PMI juga memberlakukan standar operasional prosedur di tengah situasi wabah Covid-19 saat ini.

Kebutuhan darah tentu tidak bisa ditunda, pasien di rumah sakit yang membutuhkan transfusi tentu harus tetap menjadi perhatian.

“Kegiatan donor darah di UTD maupun di luar UTD dengan mobile unit tetap kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan stok darah yang ada di PMI,” ujarnya.

Rooswandi menyatakan pihaknya senantiasa berusaha untuk menambah stok darah dengan berbagai cara, di antaranya menyampaikan edukasi tentang manfaat donor darah dan amannya donor darah walau disaat wabah Covid 19. Karena Covid-19 tidak ditularkan lewat darah donor.

Pernyataan itu kata Rooswandi, berdasarkan intruksi dan imbauan oleh Ketua Umum PMI, Bapak Jusuf Kalla, yang menyatakan bahwa donor darah aman dari Covid-19.

Selain itu, PMI Tanah Bumbu juga melakukan jemput bola dengan pendonor dengan meminta dukungan para komunitas dan masyarakat untuk didatangi ke rumah-rumah atau kantor-kantor yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Atas nama PMI Tanah Bumbu, Rooswandi mengajak masyarakat untuk mendonorkan darahnya dengan mendatangi unit donor darah PMI terdekat. Karena saat ini penderita thalasemia, kanker darah dan DBD sangat membutuhkan darah dari para relawan kemanusiaan.

Di samping itu, Rooswandi juga meminta agar masyarakat selalu menjaga kesehatan, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan dengan sabun, menerapkan etika bersin dan batuk.

“Mari donorkan darah kita untuk kemanusiaan, karena setetes darah kita bisa menjadi sebuah kehidupan bagi saudara kita yang membutuhkan,” tandasnya.

Reporter: Syahriadi
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Begini Rekayasa Lalu Lintas di Banjarmasin Pada Pergantian Malam Tahun Baru
apahabar.com

Kalsel

Pemprov Kalsel Buka Suara Soal Kasus Pemerkosaan Wanita Tunagrahita di Tapin
apahabar.com

Kalsel

Tatib Baru, Dewan Kota Bebas Kerja Jam Berapapun
apahabar.com

Kalsel

Babinsa Kawal Pendistribusian KKS BPNT di Aluh-Aluh
apahabar.com

Kalsel

Legislator Kalsel Minta Kemenkeu Beri Potongan Pajak untuk Swasta
apahabar.com

Kalsel

Disandingkan dengan Hj Karmila, Lutfi Siap Mundur Jadi Anggota Dewan
apahabar.com

Kalsel

Dini Hari, Sejumlah Rumah di Teluk Dalam Hangus Terbakar
apahabar.com

Kalsel

Selama Ramadan, Best Western Kindai Hotel Sediakan “Kampoeng Ramadhan”
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com