Armada Batu Bara Nebeng Fasum, Puluhan Pemuda Kotabaru Turun ke Jalan Megaproyek 4 Smelter Haji Isam, Prof Mutia Bilang Begini  Kata Pemprov Soal Megaproyek 4 Smelter Haji Isam di Kalsel Bersih-bersih Badut Jalanan di Kapuas, Satu dari Banjarmasin Terjaring Resmi Dubes, Pengganti ‘Urang Banua’ Jadi Jubir Jokowi Masih Tanda Tanya

Kunci Meredam Serangan Covid 19 Terhadap Perekonomian Kalteng

- Apahabar.com     Kamis, 9 April 2020 - 11:33 WITA

Kunci Meredam Serangan Covid 19 Terhadap Perekonomian Kalteng

Ilustrasi Kota Palangka Raya, Ibu Kota Kalimantan Tengah. Foto-Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Tak bisa dimungkiri, merebaknya Covid-19 berdampak terhadap melambatnya perekonomian global dan nasional. Tidak terkecuali di Kalimantan Tengah.

Ekonomi global diprakirakan tumbuh sebesar 2,5% (yoy) pada tahun ini, melambat jika dibandingkan perkiraan sebelumnya yang tumbuh sebesar 3,0% (yoy).

Ekonomi nasional pun demikian. Diperkirakan tumbuh pada kisaran 4,2-4,6% (yoy), melambat dibanding perkiraan sebelumnya 5,0-5,4% (yoy).

“Sementara ekonomi Kalimantan Tengah diprakirakan tumbuh pada kisaran 5,6-6,0% (yoy), melambat dibandingkan prakiraan sebelumnya yang berada pada kisaran 6,0-6,4% (yoy),” kata Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Kalimantan Tengah, Yudo Herlambang, Rabu (8/4).

Dari sisi penawaran, melambatnya ekonomi Kalimantan Tengah diperkirakan bersumber dari sektor perdagangan yang terdampak langsung dari menurunnya aktivitas masyarakat di luar rumah.

Menurunnya aktivitas masyarakat juga memengaruhi penurunan omzet dari sejumlah hotel dan restoran serta UMKM sehingga kinerja pada sektor akomodasi, makanan, dan minuman diperkirakan terkoreksi cukup signifikan dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya.

Selain itu sektor lain yang berpotensi terdampak langsung yaitu sektor transportasi, seiring dengan menurunnya aktivitas perjalanan masyarakat, baik di dalam maupun keluar Kalimantan Tengah.

Dari sisi permintaan, permintaan domestik diperkirakan mengalami perlambatan, disebabkan oleh melemahnya permintaan masyarakat terhadap barang sekunder dan tersier di kala pembatasan aktivitas yang tengah terjadi.

Di samping itu aktivitas investasi baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta juga terdampak, seiring dengan penundaan proyek dan realokasi anggaran dalam rangka pencegahan penyebaran Covid 19.

Menurutnya dibutuhkan koordinasi, sinergi, dan partisipasi aktif langsung dari masyarakat Kalimantan Tengah dalam meredam perlambatan ekonomi yang tengah terjadi.

Pemerintah Kalimantan Tengah dinilai telah menempuh serangkaian kebijakan yang sudah cukup baik untuk memitigasi penyebaran virus, seperti meliburkan sejumlah sekolah, menerapkan skema bekerja dari rumah, dan membatasi jam beroperasi sejumlah perdagangan.

“Perlambatan ekonomi merupakan konsekuensi logis dari merebaknya pandemik Covid 19,” ujar Yudo.

Yudo menilai upaya untuk mencegah penyebaran virus merupakan hal paling prioritas untuk memitigasi dampak ekonomi lanjutan.

“Partisipasi aktif dan kerja sama dari masyarakat adalah kunci dalam meredam dampak Covid 19 terhadap perekonomian Kalimantan Tengah,”imbuhnya.

Kunci Meredam Serangan Covid 19 Terhadap Perekonomian Kalteng

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Kalimantan Tengah, Yudo Herlambang Foto-Istimewa

Reporter: Ahc23
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Koramil

Kalteng

Sukseskan Program Desa Tangkal Covid-19, Koramil 10/Mantangai Bagikan Masker
Infrastruktur Tambak

Kalteng

Pembudidaya Ikan di Kapuas Kuala Harapkan Pembangunan Infrastruktur Tambak
ASN Kapuas

Kalteng

Lagi, ASN di Kapuas Dilarang Perjalanan Dinas ke Luar Daerah
apahabar.com

Kalteng

Hari Ini, Puluhan Pengendara di Kapuas Terjaring Operasi Patuh Telabang
apahabar.com

Kalteng

Dear Warga Kobar Kalteng, Biaya Rapid Tes Kini Turun Drastis
apahabar.com

Kalteng

Merasa Terpukul, Ortu Bidan Muda Pembunuh Bayi Sendiri di Teweh Minta Maaf
covid-19 kuala kapuas

Kalteng

Cegah Covid-19, Peringatan HUT Kapuas Tanpa Pengumpulan Massa
HPN

Kalteng

Peringati HPN, PWI Barut Siap Bagikan Ratusan Paket Sembako
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com