BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian

Lagi, Si Jago Merah Mengamuk di Desa Baliuk Marabahan

- Apahabar.com Minggu, 12 April 2020 - 11:07 WIB

Lagi, Si Jago Merah Mengamuk di Desa Baliuk Marabahan

Polisi mengidentifikasi kebakaran yang menghanguskan tiga rumah di Desa Baliuk. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Tak sampai sebulan, api kembali menghanguskan sejumlah rumah di RT 001 Desa Baliuk, Kecamatan Marabahan, Minggu (12/4) dini hari.

Musibah yang terjadi sekitar pukul 02.15 Wita tersebut, membuat tiga warga kehilangan tempat tinggal. Semua bangunan terbuat dari kayu, atap seng dan sirap.

Warga yang menjadi korban adalah Rahmat Saputra (39), Siti Nurmila (43) dan Istaniyah (74). Kerugian yang ditaksir akibat kebakaran tersebut mencapai Rp550 juta.

Api diidentifikasi berasal dari bagian belakang rumah Istaniyah. Korban sendiri sedang tidak berada di tempat, karena menginap di rumah sang anak yang berjarak tidak begitu jauh dari tempat kejadian.

Rahmat pertama kali mengetahui kejadian tersebut, setelah membuka pintu belakang yang bersebelahan dengan rumah Istaniyah.

“Saya terjaga dari tidur, karena mendengar bunyi kletek-kletek di samping rumah. Pertama kali saya mengira bunyi itu ulah kucing,” papar Rahmat.

“Lalu saya menggedor dinding dengan maksud mengusir kucing itu. Justru bunyi kletek-kletek masih terdengar. Lantas saya membuka pintu belakang dan melihat api sudah membumbung tinggi,” imbuhnya.

Melihat api sudah membakar nyaris separuh rumah Istaniyah, Rahmat bergegas membangunkan istri dan anak. Mereka kemudian menyelamatkan diri ke rumah mertua Rahmat yang berada di seberang jalan.

Setibanya di rumah mertua, Rahmat hanya bisa pasrah melihat rumah yang ditempati selama bertahun-tahun itu mulai dilalap si jago merah.

“Saya masih sempat membawa surat-surat penting. Sementara perabot rumah tangga dibawa keluar oleh warga lain yang membantu,” jelas Rahmat.

Setelah menjalar ke rumah Rahmat, api kemudian bergerak dari sumber kebakaran ke arah berlawanan dan menghanguskan kediaman Siti Nurmila.

Beruntung Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) dari Marabahan dan sekitar cepat datang membantu, sehingga api tidak menjalar ke bangunan lain. Setidaknya terdapat dua rumah yang berdekatan dengan rumah ketiga korban.

“Api dapat dipadamkan sekitar pukul 03.45 Wita. Dari hasil identifikasi, penyebab kebakaran diduga berasal dari korsleting arus listrik,” sahut Kapolres Batola, AKBP Bagus Suseno, melalui Kapolsek Marabahan Ipda H Rahman.

Kejadian di RT 001 ini tidak sampai sebulan dari kebakaran yang menghanguskan beberapa bangunan di RT 002 Desa Baliuk.

Terjadi 19 Maret 2020 dini hari dan berawal dari rumah yang tak lagi ditempati, tujuh bangunan terbakar di RT 001, salah satunya sarang walet. Total kerugian yang dialami semua korban ditaksir mencapai Rp1,5 miliar.

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Layanan Hukum dan Paspor Simpatik di Momentum HKDK 2019
apahabar.com

Kalsel

Mantan Anggota DPR RI Bagikan 2.000 Masker Gratis di Bumi Saijaan
apahabar.com

Kalsel

Pelaku Perusak APK Diancam Denda Rp24 Juta
apahabar.com

Kalsel

Hadapi Pilkada, Polres Kotabaru Simulasi Sistem Pengamanan Kota
apahabar.com

Kalsel

120 Orang di Kecamatan Simpang Empat Tanbu Jalani Rapid Test, 10 Reaktif
apahabar.com

Kalsel

Polisi Banjarmasin Buru OTK, Penusuk Remaja di Cafe Arwana
apahabar.com

Kalsel

BMKG Prakirakan Siang Hari Berawan, Kecuali Batulicin dan Kotabaru Hujan Disertai Petir

Kalsel

PSBB Berakhir, 35 Pasar Banjarmasin Diklaim Sudah Patuh
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com