BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar Lewat Udara, Paman Birin Salurkan Bantuan Korban Banjir dari Jokowi

Lawan Covid-19, Mahasiswa ULM Buat APD Khusus Tenaga Medis

- Apahabar.com Sabtu, 25 April 2020 - 12:48 WIB

Lawan Covid-19, Mahasiswa ULM Buat APD Khusus Tenaga Medis

Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMTM) ULM Banjarbaru menyerahkan faceshield untuk tenaga medis. Foto- HMTM ULM Banjarbaru

apahabar.com, BANJARBARU – Mewabahnya Covid-19 di Indonesia memunculkan banyak kekhawatiran. Namun, bukan berarti seluruh masyarakat merasa pesimistis.

Mahasiswa Universitas lambung Mangkurat (ULM) Fakultas Teknik Mesin Banjarbaru bisa menjadi contoh.

Di tengah kekhawatiran virus yang makin meluas, mereka justru memberikan kontribusi besar dengan membuat alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis. Dalam hal ini mereka membuat faceshield.

apahabar.com

Faceshield karya Mahasiswa Teknik Mesin ULM Banjarbaru. Foto-HMTM ULN Banjarbaru

“Kami sudah menyerahkan faceshield dengan total 225 pcs ke instansi-instansi kesehatan di Banjarbaru,” ujar salah satu anggota Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMTM) ULM Banjarbaru, Hansen kepada apahabar.com, Sabtu (25/4) pagi.

Dikatakan Hansen, pengerjaan APD faceshield itu rampung dalam waktu dua hari.

“Kemarin, Jumat (24/4) kami serahkan ke RSD Idaman 100pcs, Apotek Perintis 5pcs Puskesmas Banjarbaru Utara 25pcs, Puskesmas Serongga 25pcs, dan Komunitas Aksi Sosial @donasi_banjarmasin 70pcs,” rincinya.

Selain itu, dijelaskannya APD yang mereka buat tersebut dipastikan terbuat dari bahan bahan yang aman dan sesuai prosedur pembuatan APD.

“Adapun bahan yang kami gunakan seperti Plastik fiber mika A4 dengan tebal 0.2 mm, karet dengan tebal 2 cm dan paku knop. Faceshield tersebut di desain dan dirancang sedemikian rupa dengan memperhatikan standar medis dan pemakaian yang mudah,” jelasnya.

Hansen mengungkapkan, APD faceshield itu dibuat dengan budget yang ekonomis namun kualitas sebanding bahkan lebih bagus daripada di toko online.

“Pembuatan 1 pcs itu hanya Rp 7.000, yang mana lebih murah dan lebih bagus dibandingkan yang dijual di toko online,” terangnya.

“Kelebihan lainnya, bahannya murah, juga tidak berembun, tidak memercikan droplet, bisa digunakan 4 sampai 5 kali dengan syarat harus disterilkan,” sambungnya.

Tak sekedar membuat APD secara manual, mereka bahkan mendesain dahulu melalui aplikasi.

“Untuk memadukan ilmu medis dan dunia teknik, kami merancang masker tersebut terlebih dahulu menggunakan Aplikasi Autodesk Inventor 3D yang dilakukan Mahasiswa Teknik Mesin ULM dengan menggunakan dana Pengabdian Masyarakat dari Program Studi Teknik Mesin,” ungkap Hansen.

Terakhir, Hansen berharap agar kegiatan yang dilakukan himpunannya dapat dicontoh himbunan lainnya di seluruh kampus di Kalimantan.

“Saya harap kegiatan kami dapat diikuti oleh Perguruan Tinggi lainnya yang ada Di Kalimantan, khususnya Kalimantan Selatan,” pungkasnya.

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Syarif

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Chanee

Kalsel

Yuk Nyumbang, apahabar.com Buka Posko Peduli Banjir Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Kampanye di Banjarmasin, Jokowi Sudah Ambil Cuti
apahabar.com

Kalsel

Hari Rabies Sedunia, Hewan Peliharaan di Banjarmasin Akan Divaksin
apahabar.com

Kalsel

Pembangunan Jembatan Sungai Lulut, Sejumlah Warga Berat Hati Melepas Tempat Tinggalnya  
apahabar.com

Kalsel

Festival Nondoi, AGM Ajak Warga Penajam Jaga Keutuhan Daerah
apahabar.com

Kalsel

Kerukunan Umat Beragama di Wonorejo Dijadikan Desa Percontohan

Kalsel

Korban Tengelam di Tabalong Tersangkut di Semak-Semak
apahabar.com

Kalsel

Malam Natal, Hujan Lebat Guyur Kotabaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com