Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Lipsus Harjad Kota Banjarbaru ke-21: IPM Tertinggi se-Kalsel

- Apahabar.com Senin, 20 April 2020 - 15:34 WIB

Lipsus Harjad Kota Banjarbaru ke-21: IPM Tertinggi se-Kalsel

Kantor Wali Kota Banjarbaru. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Pada usia ke-21, Kota Banjarbaru terus mengalami peningkatan dan perkembangan di berbagai sektor.

Salah satunya yaitu capaian Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Banjarbaru yang saat ini mencapai angka tertinggi dibandingkan kota lain di Kalimantan Selatan.

Wakil Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani, mengatakan capaian IPM Banjarbaru ini berada di atas standar IPM Provinsi Kalsel. Bahkan juga berada di atas rata-rata nasional.

Pada 2019, IPM Kota Banjarbaru mencapai 79,22, meningkat sebesar 0,39 poin jika dibandingkan tahun 2018 yakni sebesar 78,83.

“IPM Banjarbaru merupakan yang tertinggi se-Kalimantan Selatan, jauh di atas IPM provinsi Kalsel sebesar 70,72 dan di atas rata-rata IPM nasional sebesar 71,92 pada 2019,” ungkap Nadjmi.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Kalsel, pada 2018 hingga 2019, IPM Banjarbaru tertinggi dengan 79,22 diikuti Banjarmasin 77,16 dan Tabalong 71,78.

Menurut Nadjmi, pencapaian itu diraih melalui kolaborasi yang intensif antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, legislatif, dunia usaha atau swasta, dan masyarakat yang menghasilkan komitmen bersama baik dari sisi pembiayaan maupun pelaksanaannya.

Saat ini, pemerintah telah melakukan banyak pembenahan dan penataan sekaligus terus menggali potensi Kota Banjarbaru menuju sebuah kota yang maju sesuai dengan visi “Mewujudkan Kota Banjarbaru sebagai kota pelayanan yang berkarakter.”

Visi tersebut juga terus diupayakan untuk diwujudkan melalui tahapan yang sistematis dan terbuka yang salah satu di antaranya dapat dilihat melalui capaian IPM.

“Infrastruktur kota juga terus diperbaiki terutama jalan utama dan lingkungan, saluran pembuangan air, jembatan, pembangunan RTH serta fasilitas umum lainnya,” katanya.

apahabar.com

Tabel IPM menurut komponen Kabupaten/Kota di Kalsel 2018 hingga 2019. Foto-BPS Kalsel

Reporter : Nurul Mufidah
Editor: Puja Mandela

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Sekda Ikut Padamkan Api Karhutla
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Gebrak Masker Sukses, Darmawan Jaya Terngiang Pesan Terakhir Nadjmi
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Nadjmi: GPPT Cikal Bakal Mal Pelayanan Publik

Pemko Banjarbaru

Hadiri Sosialisasi Pola Asuh Anak dan Remaja, Ini Pesan Istri Pjs Wali Kota Banjarbaru
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Ribuan Jemaah Hadiri Tabligh Akbar Ustaz Das’ad Latif di Kota Banjarbaru
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Sosialisasikan PSBB, Banjarbaru Gelar Konvoi
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

H-1 PSBB Banjarbaru-Banjar: Siap-Siap Sanksi dan Larangannya
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Sukseskan Gebrak Masker di Kalsel, TP PKK Banjarbaru Terima Bantuan Masker dan Dana dari Provinsi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com