Viral Aksi Brutal ABG Dianiaya di Hotel Banjarmasin, Pacar Pelaku Ternyata Salah Kamar Breaking! 2 Penganiaya Brutal ABG di Hotel Banjarmasin Ditangkap Dituduh 2BHD Curang dalam Sidang MK, Tim SJA-Arul Irit Bicara Jejak 6 Preman Perbatasan Kalsel-Kaltim yang Disikat Polisi, Galang Dana dengan Memeras Pascabanjir Kalsel, Wamen LHK Siapkan 5 Aspek Pemulihan Lingkungan

Manasik Haji di Kalsel, Kemenag Wait and See

- Apahabar.com Selasa, 7 April 2020 - 13:59 WIB

Manasik Haji di Kalsel, Kemenag Wait and See

Ilustrasi manasik haji. Foto-Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Kalimantan Selatan akan melihat kondisi lebih lanjut untuk manasik haji bagi calon jamaah haji tahun ini.

“Karena mewabahnya Covid-19 kita akan melihat kondisi lebih lanjut,” ujar Kanwil Kemenag Kalsel H Noor Fahmi dilansir Antara, Selasa (7/4).

Sejatinya manasik haji dilaksanakan menjelang Ramadan tahun ini. Mulai dari tingkat kecamatan atau Kantor Urusan Agama (KUA) sebanyak delapan kali.

“Baru kemudian kegiatan manasik haji dilaksanakan di tingkat kabupaten/kota,” ujarnya.

Namun karena kondisi saat ini sedang tanggap darurat Corona di daerah, di mana kegiatan yang mengumpul banyak orang dilarang, kemungkinan jadwalnya bisa berubah hingga ada kepastian dari pemerintah.

“Bisa jelang Ramadaan atau sesudah Ramadan nanti, kita lihat kondisi sampai kapan masalah penyebaran Covid-19 ini berakhir, di mana tanggap darurat di daerah dicabut,” terangnya.

Menurut Noor Fahmi, kebiasaan kegiatan manasik haji pula usai pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) atau Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahap pertama usai. Di mana jadwal pelunasan BPIH dari 19 Maret hingga 17 April ini.

Untuk saat ini, ungkap dia, calon jamaah haji tahun 2020 yang sudah melunasi BPIH atau Bipih sebanyak 2.614 per 6 April 2020.

Masih sebanyak 1.204 orang Calhaj lagi yang ditunggu pelunasannya. Di mana total Calhaj yang berhak berangkat tahun ini sebanyak 3.786 orang ditambah petugas haji daerah sebanyak 32 orang.

Ketentuan biaya pada Embarkasi Banjarmasin, ucap Noor Fahmi, untuk jamaah haji reguler sebesar Rp36.927.602 dan petugas haji daerah sebesar Rp70.866.168.

Sementara itu Kabid Pengelola Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalsel H Matnor menyatakan untuk penerbitan paspor, sebelum wabah virus Corona sampai awal Maret sudah mencapai 95 persen.

Menurut dia, semuanya berjalan dengan lancar, baik itu pengumpulan berkas dan interview Calhaj yang ingin difoto dan finger print sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

“Namun karena adanya kebijakan yang mengharuskan semua aparatur sipil negara (ASN) harus work from home, maka semua layanan yg bersifat langsung berhadapan atau kontak langsung dengan masyarakat, maka mulai pertengahan bulan Maret kemarin Kantor Imigrasi menunda dulu untuk proses pembuatan paspor,” terangnya.

“Tapi yang belum lagi menyelesaikan paspornya sekitar 5 persen, Insyaallah selesai tepat waktu, moga perjalanan ibadah haji tahun ini tidak ada kendala, wabah virus Corona segera berlalu,” tuturnya. (Ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Cegah Covid-19 dan Setop Karhutla Gencar Disosialisasikan Polsek Tanta
apahabar.com

Kalsel

Sosok Pria Balangan yang Mengaku Isa Almasih di Mata Warga
apahabar.com

Kalsel

Eratkan Silaturahmi, Sat Polair Polres Kotabaru Kunjungi Tokoh Agama

Kalsel

Geger Warga di Tanah Bumbu Diangkut Tim Densus 88
H2D

Kalsel

Sumbangan Sukarela Rp 5 Ribu H2D Viral, Denny Indrayana: Ini Pendidikan Politik
apahabar.com

Kalsel

Gegara Pandemi, Banyak Pasangan Tunda Nikah di Banjarmasin
Perayaan Nataru

Kalsel

Perayaan Nataru Ditiadakan, Tempat Wisata di Kotabaru Dijaga Ketat
Polsek Kelumpang Tengah

Kalsel

Polsek Kelumpang Tengah Kotabaru Gelar Salat Demi Pilkada Damai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com