Tambah 103 Kasus, Semua Kelurahan di Banjarmasin Kini Zona Merah! Kalsel Jadi Atensi Presiden, Cuncung Minta GTPP Proaktif Eks Pacar Bidan Pembunuh Anak di Barito Utara Diperiksa Banjarmasin Buka Rumah Ibadah, Kemenag: Wajib Kantongi Suket Kalsel Diatensi Presiden, Warga Banjarbaru Sabar Dulu




Home Film

Selasa, 7 April 2020 - 07:00 WIB

Nasib Sinetron Religi Jelang Ramadhan di Tengah Covid-19

Triaji Nazulmi - Apahabar.com

Proses syuting- Foto-Istimewa

Proses syuting- Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Ramadhan biasa dihiasi dengan sinetron religi. Namun tahun ini berbeda lantaran Covid-19.

Semua rumah produksi telah menghentikan proses syuting sesuai imbauan pemerintah untuk berdiam diri dan bekerja dari rumah. Hal itu untuk menekan tingkat penyebaran Covid-19.

Dalam situasi normal, saat ini rumah produksi sedang menggarap episode demi episode serial televisi bergenre religi yang khusus ditayangkan selama bulan Ramadhan. Takdir berkata lain, Covid-19 mengubah drastis pola kerja sebagian besar orang.

Ada perusahaan yang menerapkan pola kerja di rumah, ada juga yang memberlakukan pola shift sehingga jumlah orang yang berkumpul di satu tempat bisa dikurangi.

Namun, rumah produksi punya gaya kerja yang berbeda. Proses syuting melibatkan banyak kru dan pemain dalam jumlah besar di satu tempat.

Baca juga :  Box Office, 'Captain Marvel' Diharapkan Susul 'Black Panther'

“Kita tidak bisa work from home karena kita bekerja secara kolektif, bekerja bersama-sama,” kata Chand Parwez Servia, produser dan pemilik rumah produksi Kharisma Starvision Plus.

Dua produksi judul sinetron khusus Ramadhan yang telah disiapkan harus ditunda sebelum rampung karena syuting pun dihentikan. Satu judul sinetron sudah setengah rampung, satu lagi masih di tahap awal produksi. Jumlah episode yang selesai pun baru sedikit.

Dia hanya bisa berdoa, berharap dan menunggu apa yang akan terjadi untuk menentukan langkah berikutnya. Jika situasi dunia sudah membaik, rumah-rumah produksi punya kesempatan mengerjakan sisa produksi sinetron religi yang belum rampung.

Baca juga :  Unjuk Kekuatan, Seperti Ini Captain Marvel di Cuplikan Terbaru

Rumah produksi Sinemart juga ikut menangguhkan proses syuting untuk bulan puasa. Sebagian sudah dikerjakan sebelum virus corona melanda dunia, tapi belum ada yang dibuat tamat untuk tayang selama sebulan penuh.

Selama ini, sebagian besar serial televisi diproduksi dalam waktu yang berdekatan dengan jadwal tayang. Bukan hal lazim menyelesaikan proses produksi seluruh episode hingga tamat, baru kemudian menayangkannya.

Full 30 episode nggak ada. Karena kita kan nggak tahu situasinya akan begini, nggak berani stok penuh juga, biasanya semua (dikerjakan) on-going,” ujar humas Sinemart Dini Suryani. (rep)

Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Film

Libur Tahun Baru Sambil Kampanyekan “Asal Kau Bahagia”
apahabar.com

Film

Rayuan Maut Iqbaal di Trailer Perdana ‘Dilan 1991’
apahabar.com

Film

Syuting Film ‘Satria Dewa Gatotkaca’ Terkendala Corona, Hanung Malah Bersyukur
apahabar.com

Film

Sutradara: Kritik Film Turut Tingkatkan Kualitas Film Indonesia
apahabar.com

Film

Netflix Tertarik Membuat Karya Roald Dahl Menjadi Serial Animasi
apahabar.com

Film

Ulasan Film: ‘DreadOut’, Film Horor Indonesia Pertama yang Diadaptasi dari Game
apahabar.com

Film

Ajak Warga Tanbu Main Film, Tubagus Deddy Terkesan Bakat Pemain Lokal
apahabar.com

Film

Belajar Toleransi di Film ‘Bumi itu Bulat’