Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri Hasil Liga Champions, Tanpa Ronaldo Juventus Ditekuk Barcelona, Messi Cetak Gol, Skor Akhir 2-0

Pandemi Berlalu, Bupati Mahulu: Budaya Lokal Pasti Kembali

- Apahabar.com Senin, 27 April 2020 - 11:23 WIB

Pandemi Berlalu, Bupati Mahulu: Budaya Lokal Pasti Kembali

Budaya masyarakat lokal yang berjiwa sosial tinggi, gotong royong, dan saling membantu sesama di Mahakam Ulu seakan sirna setelah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) mewabah karena aturan physical distancing. Foto sebagai ilustrasi-Ekspos Kaltim

apahabar.com, SAMARINDA – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh optimistis budaya masyarakat lokal yang berjiwa sosial tinggi, gotong royong, dan saling membantu sesama akan pulih kembali setelah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) ini sirna.

“Sementara ini memang kurang terlihat semangat gotong royong kita, ini karena adanya kesepakatan masyarakat untuk bersama-sama mencegah penularan Covid-19. Namun begitu pandemi ini berlalu, saya yakin semua akan kembali normal,” ujar Bonisfasius, Senin (27/4).

Menurutnya, banyak dampak yang dirasakan akibat Covid-19 yang mulai masuk ke Indonesia sejak Januari lalu.

Salah satunya adalah menjaga jarak yang berdampak menurunnya budaya masyarakat Indonesia umumnya dan Mahakam Ulu, khususnya, yakni budaya yang dikenal gotong royong dalam menuntaskan pekerjaan.

Dari semua ini, lanjutnya, dapat disimpulkan bahwa hal ini bertujuan agar masyarakat Mahakam Ulu selamat, semua warga Indonesia selamat, sehingga semua harus rela menjaga jarak dan tidak berkerumun, karena dengan menjaga jarak dapat memutus rantai penyebaran virus corona.

Sebelumnya, saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Media Center Gugus Tugas, ia mengatakan bahwa saling menjaga jarak ini hanya sementara.

Setelah pandemi ini hilang, maka tata cara kehidupan masyarakat seperti sebelumnya yang saling membantu akan kembali normal.

Dalam Rakor Gugus Tugas itu ia juga mengajak seluruh pihak terkait, tokoh agama, tokoh adat, dan masyarakat terus bersinergi guna menyatukan gerak dan langkah dalam mencegah masuknya Covid-19 ke Mahakam Ulu.

“Di kesempatan yang baik ini saya mengajak semua untuk selalu bersatu melaksanakan petunjuk, menjalankan edaran dan aturan yang sudah disampaikan pemerintah pusat kepada kita guna menghindari penyebaran corona,” ujar Bonifasius.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Y Juan Jenau berterima kasih kepada semua pihak yang telah mengambil bagian untuk menyelamatkan Mahakam Ulu. Kemudian mengajak menyatukan langkah untuk menyelamatkan Mahakam Ulu dari bahaya Corona.

Dari semua apa yang dilakukan ini, lanjut Juan, alasannya adalah karena semuanya sama-sama mencintai Mahakam Ulu dan mencintai masyarakatnya, sehingga terbukti bahwa sampai kini kondisi Mahakam Ulu masih terpelihara.

“Mudah-mudahan hal seperti ini tetap terjaga sehingga kita sekarang yang lagi berperang melawan Covid-19, maka besoknya kita berperang untuk pembangunan lebih baik, berperang melawan kemiskinan, perang melawan kebodohan. Ini semua dapat kita lakukan melalui kebersamaan dan gotong royong,” ucap Juan. (Ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Demo Tolak Pabrik Semen Ricuh Lagi, AMPK: Statement Wagub Bukan Solusi
apahabar.com

Kaltim

Wanita Kaltim Diminta Aktif dalam Pembangunan Daerah
apahabar.com

Kaltim

Jokowi Ajak Menteri ke Bukit Soeharto, Ibukota Makin Dekat ke Kaltim
apahabar.com

Kaltim

Bupati Penajam: Jangan Ada Lagi Masyarakat Ditolak BPJS
apahabar.com

Kaltim

Pengaliran Gas ke 4.270 Rumah di Penajam Tunggu Penyambungan Pipa Pertamina
apahabar.com

Kaltim

“Mengelola Konflik Itu Seperti Proses Menjodohkan”
apahabar.com

Kaltim

Jelang Iduladha, Kaltim Pecah Rekor Harian Kasus Positif Covid-19
apahabar.com

Kaltim

Maloy Batuta Trans Kalimantan Ditarget Akhir Januari
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com