H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel Polda Kaltim Gagalkan Peredaran Sabu 6 Kg di Samarinda dan Balikpapan Banjarmasin Resmi Perpanjang Tanggap Darurat Banjir, Kecamatan Timur Terparah! Resmi! Banjarmasin Berlakukan Pembatasan Transisi Mulai Hari Ini Dear Korban Banjir Kalsel, Posko untuk Gugat Gubernur Sahbirin Segera Dibuka!

Pelatihan Online, UMKM Tetap Produktif di Tengah Covid-19

- Apahabar.com Senin, 13 April 2020 - 06:00 WIB

Pelatihan Online, UMKM Tetap Produktif di Tengah Covid-19

Pelaku usaha UMKM. Foto-Ilustrasi

apahabar.com, JAKARTA – Pelatihan tak mesti bertatap muka langsung. Terlebih saat ini seluruh lapisan masyarakat dianjurkan lebih banyak di rumah saat wabah Covid-19. Maka pelatihan online menjadi alternatif terbaik.

Seperti yang dilakukan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bersama konsultan media OK’S Consultant (PT Opatan Komunika Sejahtera) saat menggelar Pelatihan bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Peserta diskusi dapat menyimak pembicara pelatihan dari tempatnya masing-masing dengan mengakses channel pada aplikasi video sharing, youtube.

Pelatihan yang mengusung pembicara Dudung Arief Rahmanto (pegiat Search Engine Organizing/SEO dari Dominasiserp.com).

Uniknya Dudung berbagi ilmu dari sebuah kota di Jawa Timur, sementara penyelenggara OK’Consultant memandu acara dari beberapa tempat di Jabodetabek.

Tema pelatihan pun bermanfaat bagi UKM agar lebih maksimal melakukan pemasaran online yaitu Digital Marketing, Solusi Hemat Promosi UKM di Tengah Wabah Covid-19.

Dalam pemaparannya Dudung menuturkan, memasuki era milenial yang sarat ketergantungan pada social media seperti sekarang ini, digital marketing telah menjadi salah satu strategi promosi dan pemasaran yang sangat relevan sekaligus efisien bagi UKM.

Salah satu bagian dari strategi yang dapat memaksimalkan digital marketing adalah dengan mengimplementasikan SEO agar dapat mengoptimalkan promosi produk atau website milik UKM.

“Dengan implementasi SEO, UKM berpeluang menghemat biaya iklan. Selain itu, implementasi SEO juga terbilang simple, siapapun bisa melakukannya,” ujar Dudung dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (12/4/2020).

Tingkatkan Kapasitas UMKM

Sementara itu, Direktur Utama OK’S Consultant, Mukhtar Wijaya berharap langkah produktif ini dapat mendukung upaya seluruh pihak untuk menekan penyebaran Covid-19 sekaligus tetap menambah kapasitas UKM dalam hal digital marketing.

“Kami berterima kasih dan menyampaikan apresiasi setinggi-tinggi kepada BNI yang telah mendukung suksesnya pelatihan UKM di bidang digital marketing ini. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kami dalam menumbuhkembangkan sektor UKM yang berdaya saing global,” ungkapnya.

Selama ini, lanjut dia, OK’S Consultant memiliki komitmen yang tinggi terhadap upaya-upaya pengembangan UKM di Indonesia. Dalam menjalankan bisnisnya, perseroan senantiasa menjadi bagian dari penyelenggaraan berbagai kegiatan pelatihan serta pendampingan bagi UKM.

Karena itu, hingga saat ini OK’S Consultant telah memiliki lebih dari 1.000 UKM mitra binaan dari berbagai bidang usaha yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

“Selama ini kami memposisikan diri sebagai jembatan antara UKM dengan pemangku kebijakan, sektor usaha skala besar, lembaga pembiayan, serta seluruh stakeholders terkait. Dengan harapan, UKM tidak hanya dijadikan sebagai jargon kekuatan perekonomian nasional tetapi juga menjadi bagian terpenting dalam pertumbuhan ekonomi itu sendiri,” pungkas Mukhtar Wijaya. (lip6)

Editor: Syarif

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Rupiah Menguat Tembus Level Psikologis Rp15.000 per Dolar AS
apahabar.com

Ekbis

Investor Asing Bakal Serbu Indonesia, Investasikan Rp 2.292 Triliun
apahabar.com

Ekbis

Ekspansi ke Luar Negeri, Pertamina Ekspor Perdana 4 Ribu Barel SF-05 ke Algeria
apahabar.com

Ekbis

Dewan Berkonsutasi Soal Kopi dan Coklat ke Kementerian Pertanian
apahabar.com

Ekbis

Fitur Chatting di Grab, Kini Dilengkapi Pesan Suara dan Foto
apahabar.com

Ekbis

Kementerian PUPR Tunda Kenaikan Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi
IHSG

Ekbis

Jelang Pengumuman Hasil Rapat BI, IHSG Bergerak Menguat
apahabar.com

Ekbis

Pernyataan Maruarar Terbukti, Pemerintah tak Naikan Harga BBM dan TDL
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com