Blak-blakan Walhi Soal Biang Kerok Banjir Kalsel BREAKING NEWS: Usai Pasukan Katak, Giliran Paskhas Mendarat di Kalsel Meletus! Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer Edan! 2 Pria Pembawa Sabu 11 Kg Tertangkap di Duta Mall Licin, Bos Travelindo Terduga Penipu Jemaah DPO Sejak Tahun Lalu

Pemerintah Sudah Transfer Uang Kartu Prakerja Gelombang 1

- Apahabar.com Kamis, 23 April 2020 - 17:41 WIB

Pemerintah Sudah Transfer Uang Kartu Prakerja Gelombang 1

Sejumlah calon peserta Kartu Pra-Kerja mendaftar secara daring di LTSA-UPT P2TK Surabaya, Senin (13/04). Foto-Antara/Moch Asim.

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah menetapkan jumlah peserta Kartu Prakerja gelombang pertama 168.111 orang. Dana insentif sebesar Rp 3,55 juta sudah ditransfer kepada seluruh peserta.

“Penyaluran bantuan kepada 168.111 peserta dikali Rp 3,55 juta sudah dikirim ke virtual account atas nama peserta dari Bank BNI,” kata Direktur Kemitraan dan Komunikasi PMO Kartu Prakerja, Panji Winanteya Ruky dalam diskusi daring di Jakarta, Kamis (23/04).

Meski sudah ditransfer 100 persen, lanjut dia, namun peserta baru bisa membelanjakan sebesar Rp 1 juta untuk biaya pelatihan.

Sedangkan sisanya, lanjut Panji, yakni insentif sebesar Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan dan Rp 150 ribu untuk biaya survei sebanyak tiga kali, baru bisa diambil setelah pelatihan dituntaskan peserta.

Setelah dana itu ditransfer sejak Rabu (22/04) malam, Panji menuturkan peserta sudah mulai melakukan transaksi namun pihaknya belum melakukan pendataan karena masih dilakukan pengawasan dan evaluasi.

Ia menjelaskan setiap pembelian pelatihan, pihaknya harus melakukan penyelesaian, perekaman dan rekonsiliasi pembelian pada gelombang pertama ini.

“Saya belum ada datanya karena terus berlangsung setiap menit dan kami masih fokus melayani transaksi itu,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan peserta yang menerima dana dan pesan singkat pemberitahuan dapat berkunjung ke delapan kanal mitra digital untuk membandingkan pelatihan yang ditawarkan lembaga pelatihan sesuai kebutuhan.

Hingga saat ini sudah ada sekitar 1.500 jenis pelatihan dari 200 lembaga pelatihan yang ada di delapan kanal digital mitra kartu Prakerja itu.

Sebelumnya, pemerintah menyediakan kuota sebanyak 200.000 peserta namun hanya lolos sebanyak 168.111 orang.

“Kami melakukan satu layer lagi untuk verifikasi dari peserta untuk memastikan keamanan dari anggaran pemerintah betul-betul turun kepada yang berhak dan dari proses ini didapatkan 168.111 peserta,” kata Denni.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Bank Dunia: Pandemi Covid-19 Pukul Pertumbuhan Ekonomi Asia
apahabar.com

Ekbis

Pegadaian Sulap Sampah Jadi Emas di Banjarmasin
apahabar.com

Ekbis

Rupiah Jaya, Dolar Jatuh ke Level Terendah
apahabar.com

Ekbis

Setelah Natal, Harga Emas Antam Melambung Rp 6.000
apahabar.com

Ekbis

Kaltara Alokasikan Rp1,2 Miliar untuk Kelompok Tani Hutan
apahabar.com

Ekbis

Jelang Ganti Tahun, Harga Bapok Naik Turun di Banjarmasin
apahabar

Ekbis

Samsung Menurun, Apple Stagnan, Vendor Smartphone China Menanjak
apahabar.com

Ekbis

Pemerintah Sepakati 2 Perjanjian Internasional Terkait Transportasi Udara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com