Target 1 Juta Barel, Pemerintah Siap Danai Penuh Survei Seismik 3D Positif Covid-19, Cepat Sembuh Ketum PBNU Said Aqil Rupiah Jaya, Dolar Jatuh ke Level Terendah Mobil Terbelah dan Terbakar di Grand Prix Bahrain, Pebalap Prancis Ini Lolos dari Maut Bukan Kereta Api! Nih 2 Proyek Strategis Nasional Andalan Jokowi di Kalsel 2020-2024

Pemkab HST Maksimalkan Anggaran untuk Perekonomian Masyarakat

- Apahabar.com Senin, 6 April 2020 - 09:16 WIB

Pemkab HST Maksimalkan Anggaran untuk Perekonomian Masyarakat

Jajaran Pemkab serta Forkopimda melakukan telekonferens dengan Kemndagri di Auditorium Kantor Bupati HST, Jumat (3/4). Foto-Prokom HST for apahabar. com

apahabar.com, BARABAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) memaksimalkan anggaran untuk penanganan wabah Covid-19 yang memberikan dampak besar di seluruh dunia.

Salah satu sektor yang terpengaruh adalah sektor perekonomian. Karenanya, pemaksimalan anggaran oleh pemerintah daerah perlu dilakukan demi memperkuat kesehatan masyarakat.

Wabup HST, Berry Nahdian Forqan, mengatakan dalam situasi tanggap darurat wabah saat ini, organisasi kemasyarakatan (Ormas) pun diharapkan ikut berperan aktif dalam penangan virus Corona atau Covid-19.

Tujuannya agar dapat berkreasi tentang apa yang bisa dilakukan dalam penangan Covid-19 di HST.

“Bagaimana mengkondisikan perekonomian masyarakat agar tetap berjalan. Kalau memang ada inisiatif, agar dikoordinasikan dengan pimpinan,” pinta Berry.

Merujuk Surat Edaran Mendagri dan Regulasi yang ditanda tangani Tito Karnavian, pemerintah daerah dimungkinkan dalam pemanfaatan anggaran untuk melakukan repurposing.

Sesuai dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), tiap daerah memang mendapatkan kesempatan pemanfaatan anggaran dalam rangka penanganan Covid-19.

Terutama terhadap beberapa kegiatan yang diarahkan pada belanja tidak terduga. Dari sana lah semua pembiayaan yang dilakukan untuk menangani Covid-19 di HST.

”Setelah saya mendengar arahan dari Sekjen dan Dirjen Kemendagri, kita benar-benar diberikan satu ruang yang fleksibilitasnya tinggi. Terutama dalam rangka pemanfaatan anggaran. Yang menjadi prioritas adalah diharapkan pemanfaatan melalui dana belanja tidak terduga,” kata Berry.

Terkait hal itu, Berry menjelaskan bahwa HST sudah merancang dan menjadikan prioritas pemanfaatan belanja tak terduga untuk penanganan Covid-19.

Sebelumnya, Berry mengikuti rapat penyampaian arahan Mendagri kepada Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia terkait langkah antisipasi penanganan penyebaran Covid-19.

Rapat penyampaian itu dilakukan melalui video conference di Auditorium Kantor Bupati atau Sekretariat Daerah (Setda) HST, Jumat (3/4).

Dalam conference, Mendagri Tito Karnavian mengingatkan kepala daerah agar tidak melakukan pemblokiran jalan.

Menurutnya, pemblokiran jalan sangat kontra produktif dalam penanganan wabah. Dia menilai hal itu dapat menghambat arus keluar masuk distribusi logistik.

Terlebih barang kebutuhan pokok pangan masyarakat atau alat dan bahan bidang kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan tenaga medis.

Untuk itu, Tito bersama jajaran Kemendagri juga memerintahkan para kepala daerah agar tidak menghambat distribusi logistik kebutuhan pokok dan kesehatan masyarakat.

”Memang kita harus mencegah penyebaran Covid-19, namun pemda juga berkewajiban memastikan kelancaran distribusi logistik bahan pokok masyarakat, alat, bahan dan barang yang menggerakkan perekonomian masyarakat untuk logistik kesehatan masyarakat. Gugus Tugas di daerah harus aktif berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Gugus Pusat Penanganan Covid-19,” ucap Tito.

Dia pun mengingatkan mengenai tanggung jawab besar dalam mencegah penyebaran Covid-19 sesuai kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Distribusi logistik kebutuhan pokok masyarakat, pemenuhan pangan masyarakat, pemenuhan kebutuhan alat, barang dan bahan untuk menggerakkan perekonomian serta pemenuhan kebutuhan bidang kesehatan khusus percepatan penanganan Covid-19 tidak boleh ada yang terhambat,” Tito mengakhiri.

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Puja Mandela

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Di HST, Indomaret Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Pandemi
Warga Limpasu Diminta Gunakan Pamsimas dengan Efektif

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Warga Limpasu Diminta Gunakan Pamsimas dengan Efektif
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemkab HST Gelar Pertunjukan Virtual Seni Rakyat Tradisional
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Cegah Penyebaran Covid di HST, Gugus Tugas Sosialisasikan Kebijakan Pemerintah
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bupati HST Minta Perangkat Daerah Buat Instrumen Tentang Perda BPHT
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Forkopimda HST Beri Penghormatan Kepada 89 Pahlawan di TMP Kesuma Bangsa
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tes SKB CPNS 2019 di HST, Chairansyah Pastikan Peserta Taat Prokes
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Kasus Positif Covid-19 Melonjak, Pemkab HST Bikin Gerakan 100 Ribu Masker
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com