Cerita Sukses Trader Forex Banjarmasin, Modal Rp 15 Juta Berangkatkan Umrah Keluarga 3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa?

Pemkab HST Rasionalisasi 50 Persen Anggaran Belanja untuk Penanganan Covid-19

- Apahabar.com Kamis, 23 April 2020 - 18:21 WIB

Pemkab HST Rasionalisasi 50 Persen Anggaran Belanja untuk Penanganan Covid-19

Rapat Koordinas Rasionalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2020 untuk Penanganan Covid 19 di Auditorium Kantor Bupati HST, Senin (20/4). Foto Prokom HST for apahabar.com.

apahabar.com, BARABAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) telah mengucurkan dana belasan miliiar untuk menghadapi Covid-19.

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) HST mencatatat anggaran yang sudah dikucurkan dari Belanja Tidak Terduga (BTT) sebesar Rp 22 miliar.

“Itu sampai dengan 17 April tadi. Rp 22 miliar meliputi dana Pencegahan sebesar Rp 15,9 miliar dan dampak ekonomi sebesar Rp 6,1 miliar,” kata Kepala BPKD HST, Teddy Taufani saat Rapat Koordinas Rasionalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2020 untuk Penanganan Covid 19 di Auditorium Kantor Bupati HST, Senin (20/4).

Jauh sebelum dikeluarkan SKB (Surat Keputusan Bersama) Menkeu dan Mendagri, kata Teddy, pihaknya sudah mengupayakan dari segi anggaran dengan realokasi dan refocusing anggaran belanja.

“Simulasi penyesuaian pendapatan dan rasionalisasi belanja berdasarkan SKB Mendagri dan Menkeu, penyesuaian pendapatan dari dana perimbangan berdasarkan PMK Nomor 35/PMK.07/2020, Rp 92,4 miliar dari PAD, berkurang Rp 12,2 miliar. Sedangkan dari lain-lain pendapatan daerah yang sah berkurang Rp 14,9 miliar,” jelas Teddy.

Bupati HST, HA Chairansyah yang memimpin rapat saat itu menyampaikan hal itu dilakukan berdasarkan Keputusan Bersama Menkeu dan Mendagri dengan Nomor 119/2813/SJ dan Momor 177/KMK.07/2020 tentang percepatan penyesuaian anggaran pendapatan dan belanja daerah pada 2020.

Itu ditujukan dalam rangka penanganan COVID-19, serta pengamanan daya beli masyarakat dan perekonomian nasional.

Upaya lainnya yang dilakukan yakni dengan realokasi dan efisiensi belanja sesuai arahan SKB tersebut yaitu belanja modal, belanja barang, belanja jasa dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kata bupati, pihaknya mendorong seluruh organisasi perangkat daerah segera melakukan penyesuaian anggaran.

Tak terkecuali dari Sekretariat Daerah HST. Harus merelakan anggaran perjalanan dinasnya satu milyar lebih untuk direalokasi ke kegiatan penanganan Covid-19 di HST.

“Program dan kegiatan di luar penanganan COVID-19 harus dialihkan, seperti perjalanan dinas, ‘workshop’ (lokakarya), belanja makan minum, ATK (Alat Tulis Kantor), dan beberapa belanja modal yang kurang ‘urgent’ (penting) sementara ditahan dulu, karena memang butuh dana banyak,” tutup bupati.

Sementara itu, Sekda HST, HA Amzil menyampaikan seluruh SKPD agar menyelesaikan rasionalisasi anggaran belanja.

“Jangan salah persepsi, tidak ada pemangkasan anggaran belanja yang benar adalah realokasi anggaran belanja ke kegiatan pencegahan, penanganan dan penanggulangan Covid-19 di HST,” tegas Sekda

Untuk percepatan rasionalisasi anggaran belanja, kata Tamzil, semua SKPD melakukan rasionalisasi angggaran sebesar 50% dengan memperhitungkan belanja yg sudah direalisasi.

“Untuk finalisasi nanti dibahas bersama Tim TAPD,” tutup Tamzil.

Turut berhadir dalam rakor ini Wabup HST, Sekda HST, Para Assisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat dan Para undangan lainnya.

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Puja Mandela

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HST

Ribuan Warga Barabai Terima Jaring Pengaman Sosial Tahap 1
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

HUT ke-82 KONI, Bupati HST Ganjar Penghargaan Atlet Berprestasi
Warga Limpasu Diminta Gunakan Pamsimas dengan Efektif

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Warga Limpasu Diminta Gunakan Pamsimas dengan Efektif
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Gerbong Pejabat Bergeser, Chairansyah Harapkan Kontribusi Bagi HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pilkada HST, Pemkab Gelontorkan Rp550 Juta untuk Tim Pemantauan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Adaptasi Kebiasaan Baru, Pemkab HST Beri Kelonggaran Aktifitas Masyarakat
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tri Pimpin Kadin, Berry Nahdian Minta Bangun Kebersamaan Majukan Ekonomi di HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemeriksaan Saat Pandemi Corona, Pemkab HST Siap Fasilitasi BPK
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com