Ssttt.. Satu Pembunuh Perawat RSDI Banjarbaru Lolos Penyergapan di Jawa Laut Cerita Relawan Banjar: Pahitnya Daun Sungkai Bisa Menyembuhkan Bantu Pasien Isoman, Menteri Muhadjir Pantau Asman Toga di Banjarmasin Utara Cerita Penggali Makam Jenazah Covid-19 di Tabalong: Semangat Kemanusiaan Kalahkan Ketakutan Ramai-Ramai Vaksinasi Massal, HSS Kekurangan Stok

Pemkab HST Rasionalisasi 50 Persen Anggaran Belanja untuk Penanganan Covid-19

- Apahabar.com     Kamis, 23 April 2020 - 18:21 WITA

Pemkab HST Rasionalisasi 50 Persen Anggaran Belanja untuk Penanganan Covid-19

Rapat Koordinas Rasionalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2020 untuk Penanganan Covid 19 di Auditorium Kantor Bupati HST, Senin (20/4). Foto Prokom HST for apahabar.com.

apahabar.com, BARABAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) telah mengucurkan dana belasan miliiar untuk menghadapi Covid-19.

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) HST mencatatat anggaran yang sudah dikucurkan dari Belanja Tidak Terduga (BTT) sebesar Rp 22 miliar.

“Itu sampai dengan 17 April tadi. Rp 22 miliar meliputi dana Pencegahan sebesar Rp 15,9 miliar dan dampak ekonomi sebesar Rp 6,1 miliar,” kata Kepala BPKD HST, Teddy Taufani saat Rapat Koordinas Rasionalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2020 untuk Penanganan Covid 19 di Auditorium Kantor Bupati HST, Senin (20/4).

Jauh sebelum dikeluarkan SKB (Surat Keputusan Bersama) Menkeu dan Mendagri, kata Teddy, pihaknya sudah mengupayakan dari segi anggaran dengan realokasi dan refocusing anggaran belanja.

“Simulasi penyesuaian pendapatan dan rasionalisasi belanja berdasarkan SKB Mendagri dan Menkeu, penyesuaian pendapatan dari dana perimbangan berdasarkan PMK Nomor 35/PMK.07/2020, Rp 92,4 miliar dari PAD, berkurang Rp 12,2 miliar. Sedangkan dari lain-lain pendapatan daerah yang sah berkurang Rp 14,9 miliar,” jelas Teddy.

Bupati HST, HA Chairansyah yang memimpin rapat saat itu menyampaikan hal itu dilakukan berdasarkan Keputusan Bersama Menkeu dan Mendagri dengan Nomor 119/2813/SJ dan Momor 177/KMK.07/2020 tentang percepatan penyesuaian anggaran pendapatan dan belanja daerah pada 2020.

Itu ditujukan dalam rangka penanganan COVID-19, serta pengamanan daya beli masyarakat dan perekonomian nasional.

Upaya lainnya yang dilakukan yakni dengan realokasi dan efisiensi belanja sesuai arahan SKB tersebut yaitu belanja modal, belanja barang, belanja jasa dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kata bupati, pihaknya mendorong seluruh organisasi perangkat daerah segera melakukan penyesuaian anggaran.

Tak terkecuali dari Sekretariat Daerah HST. Harus merelakan anggaran perjalanan dinasnya satu milyar lebih untuk direalokasi ke kegiatan penanganan Covid-19 di HST.

“Program dan kegiatan di luar penanganan COVID-19 harus dialihkan, seperti perjalanan dinas, ‘workshop’ (lokakarya), belanja makan minum, ATK (Alat Tulis Kantor), dan beberapa belanja modal yang kurang ‘urgent’ (penting) sementara ditahan dulu, karena memang butuh dana banyak,” tutup bupati.

Sementara itu, Sekda HST, HA Amzil menyampaikan seluruh SKPD agar menyelesaikan rasionalisasi anggaran belanja.

“Jangan salah persepsi, tidak ada pemangkasan anggaran belanja yang benar adalah realokasi anggaran belanja ke kegiatan pencegahan, penanganan dan penanggulangan Covid-19 di HST,” tegas Sekda

Untuk percepatan rasionalisasi anggaran belanja, kata Tamzil, semua SKPD melakukan rasionalisasi angggaran sebesar 50% dengan memperhitungkan belanja yg sudah direalisasi.

“Untuk finalisasi nanti dibahas bersama Tim TAPD,” tutup Tamzil.

Turut berhadir dalam rakor ini Wabup HST, Sekda HST, Para Assisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat dan Para undangan lainnya.

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Puja Mandela

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Jaga Keberlangsungan Populasi, Pemkab HST Restocking Benih Ikan

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Jaga Keberlangsungan Populasi, Pemkab HST Restocking Benih Ikan
APBD

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tok! APBD HST 2021 Ditetapkan Rp 1,18 T, Simak Rinciannya
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Jelang Purnatugas, Pejabat Sekda HST Puji Chairansyah dan Berry
ASN Ikut Sosialisasi PP 12, Chairansyah: Semoga Berdampak Positif

Pemkab Hulu Sungai Tengah

ASN Ikut Sosialisasi PP 12, Chairansyah: Semoga Berdampak Positif    

Pemkab Hulu Sungai Tengah

PPKM, HST Punya Program Andalan Tekan Covid-19
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemeriksaan Saat Pandemi Corona, Pemkab HST Siap Fasilitasi BPK

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Menyongsong New Normal di HST, Sosialisasi Protokol Kesehatan Gencar Dilakukan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemkab HST Ikuti Pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah di LPEM FEB UI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com