Pascabanjir Kalsel, Wamen LHK Siapkan 5 Aspek Pemulihan Lingkungan Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan

Penanggulangan Covid-19, Pemkab HST Sukseskan Grand Strategi Nasional

- Apahabar.com Jumat, 10 April 2020 - 15:44 WIB

Penanggulangan Covid-19, Pemkab HST Sukseskan Grand Strategi Nasional

HA Chairansyah didampingi Wakilnya, Berry Nahdian Forqan serta jajaran Pemkab HST mengikuti telekonferensi di Auditorium dengan kementerian, Kamis (9/4)./Foto-Prokom for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) siap menjalankan Grand Strategi Nasional penanggulangan Covid-19.

“Sukseskan program yang dicetuskan oleh pemerintah pusat ini,” kata Chairansyah mengarahkan Gugus Tugas Covid 19 HST, usai telekonferensi di Auditoriumnya dengan beberapa menteri, Kamis (9/4).

Saat telekonferensi antara pemerintah daerah (Pemda) se-Indonesia itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan ada empat pilar dalam Grand Strategi tersebut.

Pertama, strategi pencegahan penularan Covid-19 itu sendiri. Kedua, menyangkut peningkatan sistem ketahanan tubuh, baik di tingkat indvidual maupun di tingkat komunitas masyarakat.

Ketiga, peningkatan kapasitas sistem kesehatan, baik di tingkat pusat maupun di seluruh daerah di Indonesia.

Keempat, mengoptimalkan kapasitas produksi industri, khususnya di bidang kesehatan serta produksi kebutuhan dasar masyarakat termasuk ketahanan pangan.

“Keempat komponen strategi tersebut harus dilakukan secara bersamaan di atas langkah-langkah yang operasional,” kata Mendagri.

Terkait hal-hal yang harus dipersiapkan pemda untuk Grand Strategi adalah penyediaan jaring pengaman sosial atau social safety net.

Jaring pengaman sosial tersebut berpijak pada PP Nomor 21 Tahun 2020; Keppres Nomor 11 Tahun 2020; Permendagri Nomor 20 Tahun 2020; Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2020; Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 440/2436/SJ; serta Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 440/2622/SJ tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pertanggal 29 Maret 2020.

“Penyediaan social safety net ini merupakan bagian dari percepatan pengutamaan penggunaan alokasi anggaran kegiatan tertentu atau refocusing, dan atau perubahan alokasi anggaran yang digunakan secara memadai dalam percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 di lingkungan Pemda. Oleh sebab itu, seluruh Pemda harus mempersiapkannya sebaik mungkin,” ujar Tito.

Menurut Tito, Covid-19 tak hanya berdampak pada kesehatan saja, namun pada aspek sosial, sehingga Pemda harus serius dalam melakukan jaring pengaman sosial agar tak menimbulkan permasalahan baru di masyarakat.

“Anggaran bisa direalokasi untuk jaring pengaman sosial. Sebab banyak masyarakat yang terdampak, terutama yang kurang mampu. Jika mereka tidak ditangani dan tidak dibantu baik oleh pemerintah maupun non pemerintah, maka krisis kesehatan bisa berubah menjadi krisis ekonomi, dan krisis ekonomi ini bisa berubah menjadi krisis sosial. Ini tentu tak boleh terjadi, karena berdampak pada krisis keamanan, sehingga akan muncul gangguan keamanan,” ungkap Tito.

Mengenai apa yang disampaikan Mendagri itu, Pemkab sudah menyiapkan langkah-langkahnya.

“Apa yang sudah dilaksanakan dan yang dicanangkan Pemkab HST sudah sejalan dengan poin-poin arahan yang disampaikan oleh Mendagri,” tutup Chairansyah.

Telekonferensi dengan Pemda se-Indonesia saat itu juga diikuti Menko Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri Tenaga Kerja, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Menteri Sosial, Kepala BNPB selaku Kepala Gugus Tugas Pusat dan Menkopolhukam.

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Puja Mandela

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Lestarikan Alam Bumi Murakata, Dua Lokasi Wisata HST Ditanami Ratusan Pohon
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Ribuan KK di HST Dapat BLT DD, Chairansyah: Harus Tepat Sasaran
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pantau BLT-DD, Chairansyah Sempatkan Kunjungi Pesantren dan Musala di LAU
Putus Mata Rantai Corona, Fasum Jadi Sasaran Gugus Tugas di HST

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Putus Mata Rantai Corona, Fasum Jadi Sasaran Gugus Tugas di HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Puluhan Mahasiswa STAI Al Wasliyah Barabai Ikut Wisuda
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Purna Tugas, Zainuddin Titip ‘Suling’ ke Bupati

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Angka Pelanggar Prokes Berkurang, Tim Gakkum Perbup HST Tetap Gencar Yustisi
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Chairansyah Apresiasi Pleno Rekapitulasi Dukungan Bapaslon Independen
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com