2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Polisi Soal Status Tersangka Dua Mahasiswa ULM Banjarmasin: Masih Proses Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri Hasil Liga Champions, Tanpa Ronaldo Juventus Ditekuk Barcelona, Messi Cetak Gol, Skor Akhir 2-0 Alasan Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin Terancam Batal

Persiapan PSBB Kabupaten Banjar, 30,1 Ribu Warga Bakal Dapat Bantuan

- Apahabar.com Kamis, 30 April 2020 - 18:01 WIB

Persiapan PSBB Kabupaten Banjar, 30,1 Ribu Warga Bakal Dapat Bantuan

Sekda Banjar dan Dandim 1006/Martapura pimpin rapat koordinasi persiapan PSBB di Kabupaten Banjar, di Aula Barakat, Martapura, Kamis (30/4). Foto-istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Covid-19 di Kabupaten Banjar tinggal menunggu persetujuan Kemenkes RI.

Rencananya PSBB diterapkan secara parsial di 6 kecamatan, yakni Kecamatan Kertak Hanyar, Gambut, Sungai Tabuk, Tatah Makmur, Martapura Kota, dan Martapura Timur.

Pemerintah Kabupaten Banjar mulai bersiap-siap dengan menggelar serangkaian rapat koordinasi dengan instansi terkait sejak kemarin.

Hari ini, Kamis (30/4), rapat persiapan PSBB kembali digelar di Aula Barakat, Martapura, dengan agenda persiapan jaringan pengaman sosial, yang melibatkan instansi terkait dengan pangan dan sosial serta para camat.

Sekda Banjar HM Hilman, bersama Dandim 1006/ Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto memimpin Rakor persiapan PSBB.

Sekda Banjar menginstruksikan dinas terkait untuk mengecek kesiapan bahan pokok, mengingat PSBB tinggal persetujuan Menteri Kesehatan.

“Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk segera mengecek kesiapan bahan kebutuhan pokok, bagi wilayah yang akan diberlakukan PSBB nanti,” kata Hilman.

Dari rapat ini juga disepakati, untuk jumlah warga penerima manfaat jaring pengaman sosial berjumlah 30.100 warga yang ada di enam kecamatan.

“Ini kita sepakati untuk tahap awal agar semua bisa menerima bantuan, dan jumlah ini akan aman,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan melalui satuan Gugus Tugas akan melakukan evaluasi, sejauh mana efektivitas PSBB dalam menangani penyebaran Covid-19.

Sekda berharap satgas Gugus Tugas bisa memfasilitasi kelancaran PSBB dan penyaluran bahan pangan ke warga dengan satu pintu untuk lebih tertib, serta memberlakukan physical distancing.

Sementara Dandim 1006/Martapura sekaligus Wakil Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid -19, Arm Siswo Budiarto mengatakan, validasi data penerima manfaat harus akurat sehingga tidak salah sasaran.

Dandim menegaskan, dirinya mempersiapkan personil dan konsep strategis untuk penyaluran pangan.

Terlebih menurutnya, warga terdampak Covid -19 bukan hanya di perkotaan, tapi sampai di perdesaan.

“Tepat sasaran ini yang diinginkan Gugus Tugas. Kita tidak mau gagal. Tujuan PSBB kan gunanya menekan warga agar tidak melakukan aktivitas di luar rumah,” ucapnya.

Dandim menambahkan, lancar atau tidaknya PSBB tergantung dalam pengaturan, masyarakat yang dirumahkan.

Seusai pelaksanaan PSBB, pihaknya tim Gugus Tugas akan melakukan evaluasi, sejauhmana efektivitas PSBB dalam menangani penyebaran Covid-19.

“Apakah perlu diperpanjang atau tidak, tergantung bagaimana nanti hasil evaluasi. Peran Camat dan Danramil serta lurah, Babinsa RT, RW sangat membantu,” tandasnya.

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Waspada, Berikut 5 Wilayah Kalsel yang Masuk Peringatan Dini BMKG
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Perlu Galakkan Kehutanan Kemasyarakatan
apahabar.com

Kalsel

Masyarakat Kalsel Belum Maksimal Melek Institusi Informasi Publik 
apahabar.com

Kalsel

Jalan Santai Harlah NU ke 94, Haris Makkie: Olahraga Pakai Sarung Pun Bisa
apahabar.com

Kalsel

Perwira yang Diseruduk Pemuda Mabuk Diterbangkan ke Surabaya
apahabar.com

Kalsel

Perahu Tenggelam di Batola, Satu Korban Belum Ditemukan
apahabar.com

Kalsel

Breaking News: Akhirnya, Fatir Tiba di RSUD Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

HUT Kalsel Ke-69, Menteri Pariwisata RI Soroti Peran Generasi Muda
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com