Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

Rapat Paripurna Penyampaian LKPj, Bupati Banjar Paparkan Prestasi Tahun 2019

- Apahabar.com Kamis, 30 April 2020 - 09:37 WIB

Rapat Paripurna Penyampaian LKPj, Bupati Banjar Paparkan Prestasi Tahun 2019

Bupati Banjar KH Khalilurrahman menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) tahun anggaran 2019, dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Banjar, di Ruang Paripurna lantai II DPRD Banjar, Rabu (29/4). Foto-Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Bupati Banjar H Khalilurrahman menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) tahun anggaran 2019 dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Banjar, di Ruang Paripurna lantai II DPRD Banjar, Rabu (29/4).

Dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Banjar Muhammad Rofiqi, Bupati Banjar yang hadir secara virtual melalui video conference memaparkan sejumlah prestasi tahun anggaran 2019.

Pidato melalui video conference ini sebagai bentuk penerapan physical distancing di tengah pandemi virus Corona.

Bupati Banjar menyampaikan sejumlah hal pokok dari penyelengaraan program kegiatan pada tahun 2019 dengan indikator kinerja, target kinerja, serta capaian kinerja sebagaimana visi Pemerintah Kabupaten Banjar Mewujudkan Masyarakat yang Sejahtera dan Barokah,

Bupati yang kerap disapa Guru Khalil mengatakan pencapaian kinerja di bidang kesehatan mendapatkan penghargaan Penghargaan Pastika Parama, karena telah menetapkan dan menerapkan Perda Kawasan tanpa rokok (KTR) yaitu Perda Nomor 15 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

“Serta penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) dengan Predikat Swasti Saba Padapa yang diserahkan oleh Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri,” katanya.

Pembangunan di Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) yang mendapatkan apresiasi dari pihak luar yaitu program penghapusan jamban apung.

Beberapa penghargaan yang diterima terbaik III Kategori Kinerja Penyelenggaraan Penataan Ruang Kabupaten/Kota di Wilayah Timur 2019 dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional atau ATR/BPN serta Penghargaan TOP BUMD 2019 oleh PDAM Intan Banjar terdiri dari Top Pembina BUMD 2019, TOP BUMD Sektor serta TOP BUMD Best All Criteria dalam rangka pelayanan air bersih.

Pencapaian kinerja bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kabupaten Banjar menerima tiga penghargaan, yaitu kategori penghargaan Layak Anak Tingkat Pratama Tahun 2019, kategori penghargaan Sekolah Ramah Anak (SRA) tingkat madrasah aliyah dan kategori penghargaan Pelopor Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA).

“Apresiasi terhadap Kinerja Kabupaten Banjar di Bidang Lingkungan Hidup, pemerintah memberikan piala Adipura tahun 2019 untuk yang ke-7 kali secara berturut-turut. Pemerintah Kabupaten Banjar juga telah mendapatkan penghargaan berupa Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 oleh Kementerian Kominfo RI,” lanjutnya.

Sementara bidang kepemudaan mendapatkan penghargaan Kabupaten/Kota Layak Pemuda tahun 2019 oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI kategori Pratama.

Selain itu, dalam rangka melestarikan budaya lokal yang bersifat religius telah diadakan event budaya antara lain; Festival bedug, pasar wadai Ramadan, Festival Maulid Habsyi, Festival Sinoman Hadrah, Hari Santri Nasional serta peningkatan sektor pariwisata, Banjar Bershalawat, Event Muharram, dan Festival Jukung Tanglong.

Bidang Kearsipan yaitu berupa Penganugerahan Pengawasan Kearsipan Tahun 2019 dengan kategori “Memuaskan” dengan nilai 85,36 untuk Kabupaten/Kota se Indonesia.

“Kemudian pembangunan sektor pertanian meningkatkan indeks pertanaman dikembangkan melalui “Banjar Sapa Plus (betanam banih jajar legowo sekali mewiwit dua kali panen) dan melalui kegiatan nasional SERASI (selamatkan rawa sejahterakan petani),” papar Bupati Banjar.

Kinerja pada pengelolaan keuangan daerah yakni diperolehnya Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 6 kali secara berturut-turut.

Bupati Banjar mengungkapkan keberhasilan pencapaian target-target dari indikator tersebut didukung oleh sumber daya yang efisien, serta berimplikasi terhadap efisiensi anggaran.

“Keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah merupakan hasil kerjasama yang baik antara masyarakat, DPRD, pemerintah daerah termasuk juga peran dari instansi vertical,” pungkasnya.

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Puja Mandela

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kabupaten Banjar

Ayah-Anak Meninggal Tersetrum Saat Banjir, Warga Berharap Pemerintah Beri Perhatian
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Pemkab Banjar Mulai Terapkan Tanda Tangan Elektronik
apahabar.com

Kabupaten Banjar

4 Prioritas Pembangunan Kabupaten Banjar di 2021
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Pilkades Sudah Dekat, Kapolsek Pastikan Sungai Tabuk Kondusif
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Digelar Sederhana, Harjad ke-70 Kabupaten Banjar Diisi Penyerahan Banyak Penghargaan
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Dukung TMMD ke-108, Pemkab Banjar Siapkan Anggaran 1,15 Miliar
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Jadi Akses Vital, PUPR Banjar Usulkan Pelebaran Jembatan Penghubung Martapura-Banjarmasin
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Tak Sampai Sehari, Dinas PUPR Banjar Langsung Perbaiki Jembatan yang Rusak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com