BANJIR KALSEL: 2 Ribu Jiwa Mengungsi, Pasukan Khusus TNI Mendarat di Banjarbaru Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!!

Resmi! Menkes Setujui PSBB Kota Banjarmasin

- Apahabar.com Minggu, 19 April 2020 - 21:51 WIB

Resmi! Menkes Setujui PSBB Kota Banjarmasin

Di tengah pandemi Covid-19, Pemkot Banjarmasin siap memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) serupa DKI Jakarta. Foto-Humas Polda Kalsel for apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto akhirnya menyetujui usulan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Persetujuan itu tertuang di keputusan Menkes RI Nomor HK.O 1.07 / MENKES I 262 I 2O20 dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

“Alhamdulillah malam ini dapat kiriman dari Kepala Biro Hukum Kementerian Kesehatan,” ujar Juru Bicara Tim Gugus Tugas P3 Covid-19 Banjarmasin Machli Riyadi kepada apahabar.com.

Setelah itu Pemkot Banjarmasin bisa melakukan tindakan-tindakan pembatasan yang dirasa perlu untuk pencegahan virus Corona (Covid-19).

PSBB dilaksanakan selama masa inkubasi dan dapat diperpanjang jika masih terdapat bukti penyebaran. Masa inkubasi terpanjang terkait Covid-19 adalah 14 hari.

Adapun keputusan Menteri Terawan itu mulai berlaku pada tanggal 19 April 2020.

Machli menerangkan sebelum memberlakukan keputusan Menkes, Pemkot perlu melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kota Seribu Sungai.

“Kami akan menyusun teknis pelaksanaannya dengan keputusan dan peraturan wali kota,” ujar kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin itu.

Dalam surat itu Menkes menimbang bahwa data yang ada menunjukkan telah terjadi peningkatan dan penyebaran kasus Corona yang signifikan dan cepat serta diiringi dengan kejadian transmisi lokal di wilayah Kota Banjarmasin, Kalsel.

Kedua, bahwa berdasarkan hasil kajian epidemiologi dan pertimbangan kesiapan daerah dalam aspek sosial, ekonomi serta aspek lainnya, perlu dilaksanakan PSBB di wilayah Kota Banjarmasin guna menekan penyebaran Covid-19 semakin meluas.

Terakhir bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan huruf b, perlu menetapkan PSBB di wilayah Kota Banjarmasin Provinsi Kalsel dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Masih Ada Titik Hujan Hari Ini
Ekowisata

Banjarmasin

Parkir di Ekowisata Jembatan Antasan Bromo Banjarmasin Belum Berizin
apahabar.com

Kalsel

Dishub Banjarmasin Kesal, Larangan Naik di Atas Atap Kelotok Diacuhkan
apahabar.com

Kalsel

Ratusan Gram Sabu hingga 4 Ribu Butir Zenith Diamankan di HSU
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Bantu Warga Muslim Dusun Sindawak Hutan Meratus Berjuang Bangun Rumah Ibadah
apahabar.com

Kalsel

Kematian Istri Muda Pembakal di HST Menanti Putusan Hakim, Ibu Korban: Tak Mungkin Hanya 1 Eksekutor
apahabar.com

Kalsel

Polsek Limpasu Gencarkan Upaya Pencegahan Karhutla di HST
apahabar.com

Kalsel

Penutupan Akses Transportasi Jadi Beban Daerah, Ini Harapan Lutfi Saifuddin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com