BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian

Ribuan Warga Kalsel-Kalteng Nikmati Listrik Gratis Mulai Hari Ini

- Apahabar.com Rabu, 1 April 2020 - 21:41 WIB

Ribuan Warga Kalsel-Kalteng Nikmati Listrik Gratis Mulai Hari Ini

TEKS: Petugas PLN saat memasangkan meteran listrik bersubsidi milik warga. Foto: Humas PLN Kalsel-Teng

apahabar.com, BANJARBARU – Mulai hari ini, warga di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalsel-Kalteng) sudah bisa menikmati listrik gratis.

Keringanan yang berlaku hingga tiga bulan ke depan itu imbas daripada wabah Virus Corona atau Covid-19 yang ikut melanda Indonesia.

PT PLN langsung mengambil langkah taktis untuk membebaskan pembayaran listrik bagi 24 juta pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan memberikan diskon 50 persen bagi 7 Juta pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi itu.

Hal itu dilakukan sebagai tindakan konkrit dan kepedulian PLN dalam upaya untuk meringankan beban masyarakat akibat pandemi Covid-19 sekaligus menjalankan instruksi Presiden Jokowi.

“Kemarin, PLN langsung menyiapkan pelaksanaan teknis atas kebijakan Bapak Presiden,” ujar Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini melalui siaran persnya di Jakarta, Rabu (1/4) malam.

Pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi di PLN ada dua jenis, yakni yang memakai kWh meter pascabayar dan prabayar atau menggunakan token.

“Sehingga untuk yang pascabayar, tidak ada masalah, karena pembebasan tagihan akan diterima pelanggan pada setiap periode pembayaran” jelasnya.

Sementara untuk pelanggan prabayar akan diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir.

“Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan,” terangnya.

Untuk itu, seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon dalam waktu tersebut sudah dapat terlayani seluruhnya.

“Mekanismenya kami buat yang paling mudah dan mungkin, sehingga tidak menyulitkan pelanggan,” ungkapnya.

Selain itu pelanggan yang terlanjur membeli token, token gratis akan tetap diperhitungkan pada pembelian bulan berjalan.

“Jadi token yang telah dibeli tidak hilang,” tegas Zulkifli.

Adapun program pembebasan tagihan dan keringanan pembayaran tersebut dimaksudkan untuk melindungi masyakarat yang paling terdampak pandemi.

“Harapan kami, ini bisa meringankan ekonomi untuk masyarakat di tengah menghadapi pandemi virus covid-19,” pungkasnya.

Di tempat terpisah, Manager Komunikasi PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalsel-Teng), Syamsu Noor mengatakan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah bersifat nasional.

Yang artinya pelanggan PLN tarif rumah tangga bersubsidi dengan daya 450 VA dan 900 VA di Provinsi Kalsel-Teng juga akan menerima pembebasan dan diskon tagihan listrik yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

“Kebijakan tersebut berlaku secara nasional, pelanggan PLN di Kalsel dan Kalteng yang berhak menerima bantuan Pemerintah tersebut tentu akan mendapatkan haknya secara menyuluruh dan berkeadilan berdasarkan data pelanggan yang ada pada sistem kami,” ucap Syamsu.

Berdasarkan data yang dihimpun dari PLN UIW Kalsel-Teng, jumlah pelanggan PLN tarif rumah tangga bersubsidi di Provinsi Kalsel dengan daya 450 VA ada sebanyak 423.255 pelanggan dan daya 900 VA 84.807 pelanggan.

Sedangkan di Provinsi Kalteng, pelanggan daya 450 VA berjumlah 141.174 pelanggan dan daya 900 VA ada sebanyak 35.159 pelanggan.

“Total ada sebanyak 684.395 pelanggan PLN tarif rumah tangga bersubsidi di Kalsel dan Kalteng yang akan menerima pembebasan dan diskon tagihan listrik dari Pemerintah selama 3 bulan,” pungkas Syamsu.

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Sejumlah Desa di Pekalongan Belum Teraliri Listrik
Sekjen PDIP Penuhi Panggilan KPK Siang Ini

Nasional

Sekjen PDIP Penuhi Panggilan KPK Siang Ini
apahabar.com

Nasional

Jokowi: Ahok Masuk Bursa Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru
apahabar.com

Nasional

Usai Diresmikan Jokowi, Rp 15 Triliun Segera Cair untuk Maloy
apahabar.com

Nasional

Hasil Investigasi Rusuh 21-22 Mei Segera Diungkap
apahabar.com

Nasional

Bupati HST Gaungkan Save Meratus di Jakarta
apahabar.com

Nasional

Diplomat RI: Vanuatu Berkepentingan Dukung Separatis Papua
apahabar.com

Nasional

Warga Aceh Temukan Kuburan Massal di Area Pembangunan Perumahan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com