Breaking News! Warga Tangkap Buaya Pemangsa di Pantai Kotabaru Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir

Rice Cooker Bisa Sterilkan Kembali Masker Sekali Pakai, Begini Caranya

- Apahabar.com Sabtu, 11 April 2020 - 10:16 WIB

Rice Cooker Bisa Sterilkan Kembali Masker Sekali Pakai, Begini Caranya

Demonstrasi penggunaan rice cooker yang dapat membersihkan masker sekali pakai. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Jika Anda menggunakan masker sekali pakai untuk menutupi wajah agar terhindar dari Covid-19, jangan lah dibuang.

Berdasarkan informasi Badan Pengawas obat dan Makanan atau FDA Taiwan, rice cooker bisa mensterilkan kembali masker wajah sekali pakai.

Direktur Jenderal FDA Taiwan Wu Shou-mei dan Kepala Pusat Komando Epidemi Sentral (CECC), Chen Shih-chung, memberi demonstrasi penggunaan rice cooker yang dapat membersihkan masker sekali pakai tersebut. Caranya cukup mudah dan yang Anda perlukan hanyalah rice cooker saja.

Pertama yang Anda harus lakukan adalah memasukkan masker ke dalam rice cooker tanpa beras atau air. Lalu panaskan selama 3 menit dengan memencet tombol rice cooker jadi ‘cook’. Setelah itu diamkan terlebih dahulu selama 5 menit sebelum mengeluarkannya.

Langkah ini dikatakan oleh FDA Taiwan dapat mensterilkan masker dan memungkinkannya untuk digunakan kembali. Ini bisa dilakukan untuk jenis masker sekali pakai yang baru saja dipakai. Jadi sebelum membuangnya Anda bisa memanaskannya selama beberapa menit dengan rice cooker.

Hal tersebut juga berlaku untuk masker kain. Metode ini dirasa lebih baik daripada menggunakan disinfektan pada masker. Karena cairan disinfektan dapat merusak lapisan elektrostatiknya.

Metode ini pun didasari sebuah penelitian yang mengungkap proses memanaskan masker dalam rice cooker dapat menjaga efisiensi penyaringan bakteri di masker sebanyak 99 persen. Maksimal pemanasan hingga 5 kali. Hanya saja cara ini tidak berlaku untuk masker yang dipakai pasien penderita penyakit pernafasan akut. (dtk)

Editor: Syarif

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Senin Pagi, Antrean Penumpang KRL di Stasiun Bogor Kembali Mengular
apahabar.com

Nasional

Syarat Daerah Terapkan New Normal, Tiga Minggu Kasus Covid-19 Turun 50 Persen
apahabar.com

Nasional

Sembuh dari Covid-19, Nenek 100 Tahun Survivor Tertua di Indonesia
apahabar.com

Nasional

13 Penyakit Penyebab Meninggalnya Petugas KPPS Versi Kemenkes
apahabar.com

Nasional

Sultan Najamudin: RUU HIP Hanya Memancing Kritik dan Protes Publik
apahabar.com

Nasional

Pemimpin Umum Harian Kompas Jakob Oetama Tutup Usia
apahabar.com

Nasional

37 Pendemo dari Malang dan Surabaya Reaktif Covid-19
apahabar.com

Nasional

Mardani H Maming : Manfaatkan Jumpa Jokowi untuk Kemajuan Generasi Milenial Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com