Ibadah Ramadan di Banjarbaru Diperbolehkan dengan Prokes, Petasan Jangan! Bawaslu Kalsel Tanggapi Santai Aduan Denny Indrayana ke Pusat Kronologi Lengkap Penemuan Jasad Tak Utuh di Gang Jemaah II Banjarmasin Mudik Dilarang, Terminal Pal 6 Banjarmasin Tutup Rute Antarkabupaten-kota Mudik Ramadan Dilarang, Pertamina Kalimantan Tambah 3 Persen Pasokan Gas

Rumah Dipasangi Stiker Khusus, Kebutuhan Warga Penajam Aman

- Apahabar.com Senin, 27 April 2020 - 12:46 WIB

Rumah Dipasangi Stiker Khusus, Kebutuhan Warga Penajam Aman

Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara Tohar. Foto: Antara

apahabar.com, PENAJAM – Kebutuhan pokok warga Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur selama menjalani isolasi mandiri ditanggung pemerintah.

Mereka yang mengisolasi diri saat pandemi Covid-19, rumahnya dipasangi tanda khusus berupa stiker dalam pengawasan.

“Ditanggung pemerintah kabupaten sampai masa karantina berakhir,” jelas Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Tohar dilansir Antara, Senin (27/4).

Rumah warga yang dipasangi tanda khusus berupa stiker dalam pengawasan agar melakukan isolasi mandiri di daerah itu terdata sebanyak 77 rumah.

Tersebar di Kecamatan Penajam 40 rumah, Kecamatan Waru 11 rumah, 19 rumah di Kecamatan Babulu dan di Kecamatan Sepaku tujuh rumah.

Rumah warga yang dipasangi tanda khusus berupa stiker diawasi langsung oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Pemasangan stiker itu bertujuan memudahkan pengawasan petugas kepada warga yang memiliki riwayat perjalanan ke Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan,” kata Tohar.

Selama melakukan isolasi mandiri, katanya, warga pelaku perjalanan ke Kabupaten Gowa itu dibantu kebutuhan pokoknya oleh pemerintah kabupaten sampai masa karantina berakhir.

Kebutuhan pokok yang ditanggung Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara itu berupa sembako (sembilan bahan pokok) dan elpiji selama masa karantina.

Semua masyarakat di sekitar, termasuk RT, desa atau kelurahan, diminta ikut mengawasi bersama babinsa dan babinkamtibmas terhadap warga yang rumahnya dipasangi tanda khusus berupa stiker tersebut.

Pemerintah Kabupaten PPU mengambil langkah setelah mengetahui ditemukannya penyebaran virus Corona di daerah itu melalui transmisi atau penularan lokal.

Penularan melalui transmisi lokal diperoleh dari kontak langsung pasien positif Covid-19 dari pelaku perjalanan ke Kabupaten Gowa atau terjadinya interaksi dengan lingkungannya.

Untuk menekan jumlah penularan lokal Covid-19 tersebut, Pemerintah PPU memasang tanda khusus berupa stiker di rumah warga yang terdata pelaku perjalanan ke Kabupaten Gowa.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Penajam Anggarkan 1,5M Pemeliharan Penerangan Jalan Sepaku
apahabar.com

Kalsel

Angka Pernikahan Dini Kaltim-Kalsel Masih Tinggi, Malu Tidak Laku?
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Menuju Ibu Kota Negara, Wagub: Tak Mudah Pindahkan 1,5 Juta Pegawai
apahabar.com

Kaltim

Wagub Kaltim Optimis Pemilu 2019 Kondusif
Bandara SAMS Sepinggan

Kaltim

Pasca-Bom di Makassar, Pengamanan Bandara SAMS Sepinggan Diperketat

Kaltim

Pascabentrok Berdarah di Handil Bakti Samarinda, Polisi Tangkap Seorang Pelaku
apahabar.com

Kaltim

Haru Iringi Pelepasan Dewaruci di Kaltim
apahabar.com

Kaltim

Ternak Sapi, Kaltim Gagas Seribu Kandang Penggembalaan Mini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com