Banjir Kalsel, Mayat Mengapung Kembali Ditemukan di Banjar Sstttt, Presiden Jokowi Mau Blusukan ke Banjir Kalsel Yuk Nyumbang, apahabar.com Buka Posko Peduli Banjir Kalsel Breaking News! Jalan Nasional Banjarmasin – Hulu Sungai Putus Lagi Blak-blakan Walhi Soal Biang Kerok Banjir Kalsel

Sederet Ide Menarik Saat di Rumah Aja

- Apahabar.com Rabu, 15 April 2020 - 06:00 WIB

Sederet Ide Menarik Saat di Rumah Aja

Ilustrasi. Foto-Shutterstock

apahabar.com, JAKARTA – Covid-19 mengubah kehidupan semua orang. Pandemi Corona belum bisa dipastikan kapan akan berakhir.

Nah, stres yang dipicu karena di rumah saja ini, mungkin malah salah satunya ikut dialami oleh salah satu anggota keluarga di rumah. Bisa pasangan, kakak atau adik, bahkan orangtua kita sendiri.

Agar mood baik tetap terjaga, langkah apa sih yang sebetulnya bisa dilakukan, saat ada anggota keluarga di rumah yang mengalami stres ringan? Karena mereka harus di rumah saja, di situasi pandemi corona saat ini?

Langkah pertama yang harus dilakukan, dikatakan oleh Psikolog Klinis ternama, Ratih Ibrahim SPsi, MM, adalah melihat potensi konflik. Jika melihat memang ada potensi besar untuk terjadinya konflik, maka cara terbaik pertama yang bisa kita lakukan adalah menghindari potensi masalah tersebut. Mengambil jarak menjadi penting, untuk melindungi diri sendiri agar tidak ikut “keracunan”.

“Energi positif itu menular sama kayak virus, tapi yang negatif menularnya lebih ngeri. Jadi artinya ayo bikin diri kita ini jadi bakteri baik yang punya energi positif. Kalau kemudian ada potensi konflik, dihindari dulu,” katanya.

Sebagai yang lebih stabil secara pikiran psikis, jika yang dialami oleh anggota keluarga di rumah adalah stres ringan, sebetulnya Anda tak perlu panik. Karena begitu banyak cara sederhana yang bisa dilakoni agar mood perasaan tetap terjaga.

“Ajak keluarga yang lagi stres ini supaya rileks. Kalau ada alat musik di rumah ajak main musik bareng. Enggak ada, coba ajak nyanyi acapela it’s ok fals yang penting jadi fun. Sehingga yang lagi stres ini bisa ikut merasa gembira, nah stresnya jadi kurang,” tambahnya.

Cara yang sama bisa juga diterapkan kepada orangtua di rumah dengan anak yang masih kecil. Anak kecil mudah merasa bosan di rumah, karena jenuh ingin bermain di luar rumah.

Inilah mengapa orang tua atau anggota keluarga lainnya, yang ada di rumah disarankan untuk mengajak anak banyak melakukan aktivitas sederhana, tapi seru di rumah. Ratih mengatakan, banyak kegiatan yang bisa dilakukan, misalnya mengajak anak main bareng permainan mencari harta karun, masak bersama-sama, tidur siang bersama, pijat-pijatan sama anak, atau sesederhana dancing (menari) bersama.

“Tujuannya supaya gembira lagi. Banyak aktivitas sederhana yang seru menyenangkan, kita nya enggak sempat stres, karena melakukan banyak hal,” pungkas Ratih. (okz)

Editor: Syarif

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Oppo Reno4 Hadir di Indonesia, Berapa Harganya?
apahabar.com

Gaya

5 Hal yang Cowok Inginkan Saat Pacaran
apahabar.com

Gaya

Arloji Pintar OPPO Segera Masuk Indonesia
apahabar.com

Gaya

Duh, Berita ‘Tak Sehat’ dan Medsos Pengaruhi Kelompok Rentan Bunuh Diri
apahabar.com

Gaya

Cara Mengenakan Masker Lebih Melindungi Penggunanya
apahabar.com

Gaya

Terlalu Sering Selfie Ternyata Dapat Munculkan Efek Negatif
Lampu Motor

Gaya

Lampu Motor Redup, Simak 10 penyebabnya
apahabar.com

Gaya

Jelang Lebaran, Ketahui Cara Silaturahmi Lewat Dunia Digital
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com