Ribuan Warga Terdampak Banjir Mengungsi di Masjid Al-Karomah Martapura Bantu Evakuasi Korban Banjir, Pemprov Kalteng Kirim Relawan ke Kalsel Legislator Kalsel: Banjir Dahsyat dan Longsor Akibat Alih Fungsi Hutan Meski Cedera, Messi Tetap Ingin Main di Final Piala Super Spanyol Bantu Korban Banjir Kalsel, Yayasan H Maming Kirim Bantuan

Sejak Diberlakukan PSBB, Pelabuhan Trisakti Lengang

- Apahabar.com Minggu, 26 April 2020 - 11:43 WIB

Sejak Diberlakukan PSBB, Pelabuhan Trisakti Lengang

Aktivitas di dermaga pelabuhan Trisakti berbeda dari biasanya selama PSBB. Hanya ada bongkar muat barang dan mobil angkutan, Sabtu (25/4) malam. Foto-apahabar.com/ Ahya Firmansyah

apahabar.com, BANJARMASIN – Hari kedua kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kota Banjarmasin mulai terasa di Pelabuhan Trisakti. Aktivitas di pelabuhan terlihat tampak tak seperti biasanya, begitu lengang.

Dari pantauan apahabar.com di lapangan, aktivitas bongkar muat kapal tidak seperti sebelum PSBB berlaku. Hanya ada truk dan kendaraan besar lainnya membawa barang keluar dari kapal pengangkut. Kapal tersebut datang dari Surabaya.

Tidak ada penumpang umum dalam jumlah besar masuk ke Banjarmasin. Bahkan terminal keberangkatan maupun kedatangan penumpang nampak terkunci dan kosong, hanya ada sebagian petugas berjaga.

Penjagaan di pelabuhan pun diperketat dengan adanya pos 3 PSBB dari Polsek Banjarmasin Barat. Sementara di dermaga tampak petugas pelabuhan memeriksa kedatangan para supir truk yang masuk ke Banjarmasin.

PT. Berlian Lautan Sejahtera (PT. BLS) selaku pengguna jasa pelabuhan mengaku sejak diberlakukannya PSBB pihaknya sudah menghentikan penjualan tiket kepada penumpang dan hanya mengangkut mobil, truk, dan barang.

“Sudah per awal bulan Maret lalu saat ada surat edaran Gubernur Kalsel kami sudah tidak bawa penumpang masuk lagi. Baik dari Banjarmasin ke Surabaya, begitu juga sebaliknya,” kata Kepala Cabang BLS Banjarmasin, Habib Agung Nugroho, Sabtu (25/4) malam ditemui saat kapal dikelola BLS sandar.

Habib menjelaskan, pihaknya sudah mengikuti prosedur protokol penanganan covid-19 di pelabuhan.

“Semua supir, kernet yang turun dari kapal dikelola BLS semua dicek oleh pihak Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP), termasuk ABK Kapal,” terang Habib.

Ia menerangkan BLS telah bekerja sama dengan Ksyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Angkatan Laut, dan KKP setiap supir truk maupun kernet yang datang diperiksa kesehatannya sebelum masuk Banjarmasin.

“Kita sudah mengikuti prosedur itu, saat ada edaran Gubernur kami langsung mengikuti imbauan sesuai prosedur,” tandas Habib.

Sementara pengawasan dari pos 3 PSBB Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dilakukan secara terpadu bekerja sama antar Polsek Banjarmasin Barat, Polsek KPL, KSOP serta Pelindo.

Kanit Sabhara KPL Polresta Banjarmasin, Ipda Antyo Priyandoko menjelaskan, PSBB tersebut untuk kapal, perjalanan ke Surabaya maupun ke Banjarmasin ditutup.

“Ini melaksanakan perintah dari Menteri Perhubungan. Kapal boleh berlayar dengan tidak membawa penumpang hanya membawa sembako selama PSBB berlangsung,” sebut Ipda Antyo.

Reporter: Ahya Firmasnyah
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Warga Berharap Pemerintah Bantu Kembangkan Danau Seran
apahabar.com

Kalsel

Update Sabu 300 Kg di Banjarmasin, Polisi Beber Latar Belakang Kurir
apahabar.com

Kalsel

Terapkan Protokol Kesehatan, Koramil 1008-05 Kelua Kawal Pembagian BLT
Angkatan Muda Sabilal

Kalsel

Angkatan Muda Sabilal Muhtadin Gelar Doa Bersama Pasca Pilkada Serentak 2020
apahabar.com

Kalsel

Delapan Jurnalis Muda apahabar.com Dibekali Ilmu Jurnalistik
apahabar.com

Kalsel

Bagikan Sembako, KNPI Tanbu: Ini Bukan Hanya Soal Penyakit
apahabar.com

Kalsel

UP2K PKK Kenanga Birayang Raih Juara Harapan 1 Nasional
apahabar.com

Kalsel

Sambangi Kalsel, Tim Supervisi Karhutla Awasi Peran TNI-Polri dan Pemerintah Daerah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com