ga('send', 'pageview');
Peringatan 100 Hari Guru Zuhdi: Makam Ditutup, Streaming Jadi Andalan Covid-19 di Bappeda Kalsel: Puluhan Positif, Satu Meninggal Dunia Tragedi Ledakan Berantai di Beirut: Puluhan Tewas, Ribuan Luka-Luka, Satu WNI Isu Save Meratus Mencuat, Konsesi PT MCM Masih Ada di HST Nih, Hasil Swab Wali Kota Banjarmasin Usai Bertemu Nadjmi Adhani




Home Ekbis

Kamis, 9 April 2020 - 06:00 WIB

Seluruh Daerah Harga Gula Naik 47 Persen

Redaksi - apahabar.com

Ilustrasi gula. Foto-Net

Ilustrasi gula. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Harga gula naik. “Saat ini hampir di seluruh daerah, harga gula pasir masih mengalami kenaikan hingga 47 persen dari HET yaitu Rp 12.500 per kilogram,” kata Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto.

Untuk memenuhi kebutuhan gula tahun 2020, PT Industri Gula Nasional (IGN) memperoleh alokasi impor raw sugar untuk diolah menjadi gula kristal pasir atau GKP sebesar 97.000 ton.

Sampai dengan Maret 2020, PT IGN telah melakukan realisasi impor sebesar 20.000 ton yang direalisasikan pada 2019 dan sebesar 20.000 ton saat ini masih dalam proses bongkar di pelabuhan. Sementara sebesar 17.000 ton diperkirakan akan tiba pada akhir April 2020.

Baca juga :  Ada Sentimen Global, Rupiah Berpeluang Menguat

“PT IGN menjadi salah satu pabrik gula yang mendapatkan alokasi impor raw sugar untuk diolah menjadi GKP. Sampai dengan saat ini, PT IGN telah merealisasikan izin impor tersebut dengan mengolah raw sugar menjadi gula konsumsi dan diperkirakan akan segera mengisi pasar dalam negeri,” jelasnya.

Jaga Ketersediaan

Kementerian Perdagangan terus melakukan berbagai upaya untuk menjamin ketersediaan dan menstabilkan harga gula. Beberapa langkah dilakukan untuk menambah pasokan gula dari impor baik berupa raw sugar oleh pabrik gula swasta dan BUMN, serta impor gula konsumsi langsung oleh BUMN.

Baca juga :  Pemerintah Perpanjang Bansos hingga 2021

Sementara itu, Direktur HRD & Umum PT IGN Burhan Murtaki mengatakan, pihaknya berkomitmen melaksanakan impor agar bisa turut serta mengatasi tingginya harga gula di pasar dan membantu menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Kami berterima kasih dapat dipercaya untuk mendukung program Pemerintah dengan diberikannya izin impor raw sugar. Kami dapat mengoptimalkan operasional pabrik agar tetap dapat berjalan walaupun di luar musim giling. Hal ini sekaligus akan membantu meningkatkan kondisi perekonomian daerah, mengingat pabrik PT IGN pernah berhenti operasionalnya selama lebih dari 3 tahun karena kesulitan bahan baku. Kami akan melakukan yang terbaik,” paparnya. (lip6)

Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Kejar Target Ekspor Pertanian, Kementan Dorong Varietas Unggul
apahabar.com

Ekbis

Hipmi Dukung Perkuat Pasar Domestik Minyak Sawit
apahabar.com

Ekbis

Penjualan Emas Freeport Turun 24 Persen
apahabar.com

Ekbis

Awal Maret, Harga Emas Naik Jadi Rp 810.000 per Gram
apahabar.com

Ekbis

Tepis Suku Bunga Negatif, Ketua Fed Bikin Rupiah Melemah
apahabar.com

Ekbis

Stok Gula Kalsel Menipis, Ribuan Pelaku UMKM Menjerit!
apahabar.com

Ekbis

Lawan Covid-19, ADB Setujui Hibah 3 Juta Dolar untuk Indonesia
apahabar.com

Ekbis

Telkomsel Digitalisasi Bisnis dan Security Perum Peruri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com