Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Korban Jiwa, Warga HST Tewas Cara Nonton Live Streaming Liga Champions Chelsea vs Sevilla di SCTV & Vidio.com Malam Ini 7 Pemuda Diamankan Saat Demo di Banjarmasin, Polisi: Mereka Mabuk Gaduk Sudah Minta Maaf, Sekda Tala Tetap Dipolisikan

Seluruh Daerah Harga Gula Naik 47 Persen

- Apahabar.com Kamis, 9 April 2020 - 06:00 WIB

Seluruh Daerah Harga Gula Naik 47 Persen

Ilustrasi gula. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Harga gula naik. “Saat ini hampir di seluruh daerah, harga gula pasir masih mengalami kenaikan hingga 47 persen dari HET yaitu Rp 12.500 per kilogram,” kata Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto.

Untuk memenuhi kebutuhan gula tahun 2020, PT Industri Gula Nasional (IGN) memperoleh alokasi impor raw sugar untuk diolah menjadi gula kristal pasir atau GKP sebesar 97.000 ton.

Sampai dengan Maret 2020, PT IGN telah melakukan realisasi impor sebesar 20.000 ton yang direalisasikan pada 2019 dan sebesar 20.000 ton saat ini masih dalam proses bongkar di pelabuhan. Sementara sebesar 17.000 ton diperkirakan akan tiba pada akhir April 2020.

“PT IGN menjadi salah satu pabrik gula yang mendapatkan alokasi impor raw sugar untuk diolah menjadi GKP. Sampai dengan saat ini, PT IGN telah merealisasikan izin impor tersebut dengan mengolah raw sugar menjadi gula konsumsi dan diperkirakan akan segera mengisi pasar dalam negeri,” jelasnya.

Jaga Ketersediaan

Kementerian Perdagangan terus melakukan berbagai upaya untuk menjamin ketersediaan dan menstabilkan harga gula. Beberapa langkah dilakukan untuk menambah pasokan gula dari impor baik berupa raw sugar oleh pabrik gula swasta dan BUMN, serta impor gula konsumsi langsung oleh BUMN.

Sementara itu, Direktur HRD & Umum PT IGN Burhan Murtaki mengatakan, pihaknya berkomitmen melaksanakan impor agar bisa turut serta mengatasi tingginya harga gula di pasar dan membantu menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Kami berterima kasih dapat dipercaya untuk mendukung program Pemerintah dengan diberikannya izin impor raw sugar. Kami dapat mengoptimalkan operasional pabrik agar tetap dapat berjalan walaupun di luar musim giling. Hal ini sekaligus akan membantu meningkatkan kondisi perekonomian daerah, mengingat pabrik PT IGN pernah berhenti operasionalnya selama lebih dari 3 tahun karena kesulitan bahan baku. Kami akan melakukan yang terbaik,” paparnya. (lip6)

Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Permintaan BBM Turun, Pertamina Lakukan Pemeliharaan Kilang
apahabar.com

Ekbis

Pekan Ketiga Ramadan, Harga Gula Kristal Kalsel Berangsur Turun
apahabar.com

Ekbis

Harga Minyak Turun, Menko Luhut Sarankan Pemerintah Cermati Kebijakan
apahabar.com

Ekbis

Mulai 2019, WhatsApp Setop Update untuk Ponsel Ini
apahabar.com

Ekbis

Covid-19 Melanda, Perusahaan di Kalsel Jangan PHK Pekerja!
apahabar.com

Ekbis

Ketua Hipmi Sebut Penghapusan Monopoli Proyek Buka Peluang Bagi UMKM
apahabar.com

Ekbis

Senin Pagi, Rupiah Menguat 0,28%
apahabar.com

Ekbis

Data Tenaga Kerja AS Membaik Dorong Penguatan Rupiah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com