Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

Sopir dan Ojek Pangkalan di Kalsel Terima Bantuan Melalui Polri

- Apahabar.com Kamis, 23 April 2020 - 09:03 WIB

Sopir dan Ojek Pangkalan di Kalsel Terima Bantuan Melalui Polri

Polri menyalurkan bantuan pemerintah kepada ratusan sopir dan ojek di Kalimantan Selatan dalam rangka penanganan virus Corona (Covid-19). Foto-apahabar.com/Riyad Dhafi R

apahabar.com, BANJARMASIN – Sedikitnya 615 orang di Kalimantan Selatan (Kalsel) terdata menerima dana bantuan penanganan virus Corona (Covid-19) yang disalurkan melalui Polri.

Mereka yang menerima antara lain, sopir angkutan umum, bus, truk, ojek pangkalan dan kernet.

Bantuan tersebut berupa uang senilai Rp600 ribu/bulan yang diberikan selama 3 bulan berturut.

Dana tersebut dikelola langsung oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Lalu, dikirim langsung ke rekening penerima bantuan yang telah terdata sebelumnya di Polda Kalsel.

“Kita melaksanakan program pemerintah melalui Polri untuk membantu masyarakat dalam menghadapi Covid-19,” kata Dirlantas Polda Kalsel, Kombes Pol Andi Aziz Nizar, Rabu (22/4).

Dalam menjaring data penerima bantuan tersebut, Polda Kalsel telah berkoordinasi dengan instansi terkait pemerintah (Dishub) dan Organisasi Angutan Darat (Organda).

“Untuk peserta yang berhasil kita datakan sementara ini hanya Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Barito Kuala dan Tanah Laut,” sebut Andi Aziz.

Ada pun 5 kabupaten/kota yang disebutkannya itu, seperti diketahui merupakan paling banyak terdampak langsung Covid-19 di Kalsel.

Selain status wilayahnya saat ini sedang dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), ada juga zona merah.

“Sementara ini, itu dulu, jika berlanjut mungkin akan ada tambahan, tapi belum pasti,” jelas Andi Aziz.

Perlu diingat, dana bantuan ini akan dikombinasikan dengan pelatihan kepada masing-masing penerima.

Adapun pelatihan yang diberikan oleh Polda Kalsel, kata Andi Aziz, di antaranya sosialisasi terkait cara mencegah tertularnya virus Corona, kemudian safety riding, dan bagaimana etika dalam berlalu lintas yang baik.

“Kita berharap hasil dari pelatihan ini bisa dimanfaatkan oleh si penerima bantuan di hari-hari berikut,” ujar perwira polisi berpangkat melati 3 itu.

Ia menambahkan, peran Polda Kalsel nantinya sebagai pemateri dan fasilitator, bukan untuk membagikan dana bantuan tersebut.

“Teknisnya setelah pelatihan diberikan, data itu kita sinkronkan dengan bank BRI, BRI langsung mentransfer dana itu masuk ke ATM yang sudah berikan kepada masing-masing peserta. Satu bulan,” jelas Andi Aziz.

“Pada saat bulan berikutnya, akan kita berikan pelatihan lagi, dengan materi yang sama tadi, setelah itu verikasi kembali lagi dengan BRI, dananya kembali masuk, sampai dengan tiga bulan berturut-turut,” lanjutnya.

Pada Rabu tadi, sejumlah penerima sudah dibekali pelatih tersebut di Aula Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Jalan Letjen S Parman, Banjarmasin Tengah.

Ada pun selanjutnya, pelatihan itu akan digelar di tiga tempat. Aula Pemkot, Aula BPTD dan Aula Satpas KM 21 Banjarbaru.

Dalam pelatihan itu, pihaknya tetap memperhatikan pencegahan Covid-19, dengan memberi jarak duduk masing-masing peserta.

Agar transparan, pihaknya, tegas Andi Aziz juga akan mengekspose data penerima bantuan tersebut.

Sebelumnya, anggota DPR RI asal Kalsel, Rifqinizamy Karsayuda mengatakan, atas rekomendasi dari anggota parlemen, pemerintah pusat merealokasikan dana APBN 2020 untuk menenangani Covid-19.

“Rp360 miliar untuk memberi bantuan sosial dan pelatihan bagi sopir angkutan umum, bus, truck dan kernet Rp600.000/bulan untuk 3 bulan,” ungkap anggota DPR RI Fraksi PDIP itu.

Ditargetkan sebanyak 197 ribu sopir angkutan umum, bus, truk, dan kernet di seluruh Indonesia menerima bantuan dengan kombinasi pelatihan ini.

Kombes Pol Andi Aziz Nizar

 

Reporter: Riyad Dafhi R
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Satpolairud

Kalsel

‘Jumat Peduli Sesama’, Satpolairud Polres Tanbu Sapa Warga Kurang Mampu
apahabar.com

Kalsel

Digaruk Dua Excavator, Lapak PKL Handil Bakti Rata dengan Tanah
apahabar.com

Kalsel

Dewan Evaluasi Anggaran Pilkada Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Lagi, Polisi di Balangan Salurkan Beras ke Warga Terdampak Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Menunggu Langkah Ibnu Sina Soal THM ‘Sarang’ Narkoba
apahabar.com

Kalsel

Perhatian! Kualitas Air Sungai di Banjarmasin Tak Layak Konsumsi
apahabar.com

Kalsel

Damkar Tapin Unjuk Kebolehan di Bank BRI Rantau   
Bumiputera Banjarmasin

Kalsel

Kesal, Nasabah Segel Kantor Bumiputera Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com