Ngenes! Mau Tutup, Pengunjung Duta Mall Banjarmasin Malah Menurun H-1 Lebaran, Puluhan Pemudik Diputarbalik di Pos Penyekatan Tabalong! Buat Jalur Khusus Jemaah, Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin Gelar Salat Ied Hore! Remisi Lebaran Warga Binaan di Kalsel Diusulkan Bertambah, Segini Jumlahnya Pencarian Korban Longsor di Batu Bini HSS Kembali Dilanjutkan

Stok Darah Menipis, PMI Minta Pemkot Banjarmasin Berkontribusi

- Apahabar.com Jumat, 17 April 2020 - 19:35 WIB

Stok Darah Menipis, PMI Minta Pemkot Banjarmasin Berkontribusi

Dokter Aulia Ramadhan Supit menunjukkan tipisnya stok darah di PMI Banjarmasin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Sejak wabah virus Corona atau Covid-19 menyerang Kota Seribu Sungai, Palang Merah Indonesia (PMI) terus mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan stok darah di Kota Banjarmasin.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Banjarmasin, Dokter Aulia Ramadhan Supit, Jumat (17/4) siang.

Dokter Rama, begitu ia akrab disapa, menuturkan apabila saat ini memang terjadi peningkatan jumlah pendonor jika dibandingkan saat pertama virus Corona mulai muncul di Kota Banjarmasin.

Namun, itu pun hanya mampu memenuhi kebutuhan darah dalam satu hari dan tidak bisa disimpan untuk hari berikutnya.

“Iya memang tidak seperti sebelumnya yang benar-benar kosong, saat ini ada peningkatan pendonor, namun hanya bisa memenuhi untuk kebutuhan satu hari saja, besoknya pasti langsung habis,” katanya.

Dijelaskannya, sebelum adanya virus, selain mampu memenuhi keperluan harian, pihaknya juga bisa menyimpan darah untuk waktu berikutnya.

“Sebelum adanya virus, selain bisa memenuhi kebutuhan harian untuk seluruh rumah sakit di Kota Banjarmasin, kita juga bisa menyimpan darah untuk cadangan agar bisa dipakai hari berikutnya,” ujarnya.

Dokter Rama mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan darah di seluruh rumah sakit di Banjarmasin, pihaknya biasanya menyiapkan stok darah sebanyak 150 kantong perhari.

“Alhamdulillah saat ini kita sudah mampu memenuhi keperluan harian 100 persen. Akan tetapi, kita berharap agar bisa mendapat lebih banyak lagi supaya kita bisa menyimpan untuk cadangan,” paparnya.

Meski begitu, ia mengaku belum puas dengan hasil yang didapatkan pihaknya.

“Kalau kebutuhan hariannya 150 kantong darah, saat ini minimal kita harus dapat 200 kantong agar bisa buat cadangan,” tuturnya.

Stok cadangan tersebut tentunya diperlukan apabila sewaktu-waktu permintaan stok darah meningkat tapi malah kembali terjadi penurunan jumlah pendonor.

“Dikhawatirkannya ketika masyarakat atau malah keluarga kita membutuhkan dan mencari darah ke sini stoknya malah kosong,” imbuhnya.

Maka dari itu, kata Dokter Rama, pihaknya terus gencar melakukan kegiatan sosialisasi kepada seluruh masyarakat agar mau menyumbangkan darahnya.

“Ya alhamdulillah hasil sosialisasinya berdampak lumayan hingga saat ini kita dapat memenuhi keperluan harian,” ucapnya.

Jika sebelumnya ada dari TNI dan Polri, ia juga meminta peran serta pihak Pemerintah Kota Banjarmasin agar mau membantu pihaknya dalam memenuhi kebutuhan darah.

“Kami juga berharap agar pak Walikota, Ibnu Sina mau menekankan agar para ASN-nya bisa mendonorkan darah dengan datang ke sini secara bergantian atau kalau bisa dijadwalkan,” harapnya.

Ia pun lagi-lagi menghimbau kepada masyarakat agar jangan takut dan bersedia untuk mendonorkan darah untuk kepentingan bersama.

“Saya harap masyarakat jangan takut dan tetap mendonorkan darahnya karena insya Allah aman,”

Selain itu, kata dia, dengan melakukan donor darah seperti diketahui memiliki beragam manfaat untuk menyehatkan tubuh.

“Manfaat donor darah itu cukup banyak, salah satunya membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik dan kita juga akhirnya tahu kalau diri kita terbebas dari penyakit menular,” tandasnya.

Reporter: Riyad Dafhi R
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Bupati Tapin Resmikan Lapangan Tenis Indoor 30 November
apahabar.com

Kalsel

Launching Pilkada Kalsel 2020, Target Partisipasi Pemilih 77,5 Persen
apahabar.com

Kalsel

Dites Urine Dadakan, Personel Polsek Banjarmasin Barat Jadi ‘Dag Dig Dug’
covid-19 tanbu

Kalsel

Covid-19 Tanbu Kembali Bertambah, Total 1.316 Kasus
apahabar.com

Kalsel

Tuntaskan Tugas, Anggota Paskibara Balangan Teteskan Air Mata
apahabar.com

Kalsel

Tangkal Hoaks di Kalsel, LK3 Kumpulkan Pemuda Lintas Iman
apahabar.com

Kalsel

85 Kasus Lagi, Banjarmasin Sumbang 65 Positif Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Pelantikan Ampi Kalsel, Pemuda Wajib Membangun Daerah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com