Fix, Pengeboran Migas di Mahakam Ulu Kaltim Lanjut 2021 Seruan Jokowi: Buru Pelaku Pembantaian Satu Keluarga di Sigi! Malu-maluin! Pemuda di Kotabaru Jambret Wanita demi Komix Terungkap, Korban Tewas Kecelakaan di Tapin Warga Wildan Banjarmasin INALILAHI Hujan Lebat, Pengendara Vario di Tapin Tewas

Tanaman Herbal Untuk Perkuat Imunitas Tubuh Hindari Covid-19

- Apahabar.com Selasa, 7 April 2020 - 05:30 WIB

Tanaman Herbal Untuk Perkuat Imunitas Tubuh Hindari Covid-19

Ilustrasi tanaman herbal. Foto- Stockphoto

apahabar.com, JAKARTA – Saat pandemic Covid-19, sistem kekebalan tubuh wajib diperkuat. Satu di antara cara menjaga imunitas adalah dengan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Sumber nutrisi yang mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh sangat mudah Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam tanaman herba.

Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, herba ialah tumbuhan yang daun, bunga, atau akarnya dapat digunakan untuk bumbu makanan, obat-obatan, atau parfum.

Secara khusus, nutrisi yang terkandung dalam tanaman herba tersebut sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh mencegah terinfeksi Covid-19. Virus corona akan mudah menyerang seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Mengonsumsi tanaman herbal bisa menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan cocok dikonsumsi oleh semua golongan umur, anak-anak hingga lansia.

Mengonsumsi olahan tumbuhan herba, seperti sayur bening daun kelor, jamu beras kencur, atau teh dari tanaman herba lainnya bisa menjadi alternatif Anda mengantisipasi agar tidak terpapar virus corona covid-19.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, tanaman herba yang mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh di tengah pandemi virus corona covid-19:

1. Daun Kelor

Daun kelor selama ini dikenal masyarakat Indonesia sebagai tanaman herba untuk menangkal gangguan mistis. Namun, daun kelor juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Mungkin sebagian dari Anda telah mengetahui daun kelor dipercaya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh untuk cegah terinfeksi virus corona.

Tanaman yang dijuluki ‘miracle tree’ oleh WHO ini memiliki kandungan asam amino dan sifat antioksidan yang penting bagi tubuh, yang berfungsi memperbaiki segala kerusakan pada jaringan akibat infeksi virus corona.

Sifat antibakteri yang ada dalam daun kelor mampu menghambat perkembangan mikroorganisme berbahaya bagi tubuh. Daun kelor memiliki kadar kalori yang rendah dan diminati pencinta obat herbal.

2. Jahe Merah

Melihat perkembangan penyebaran virus corona yang belum menunjukkan penurunan, jahe merah bisa menjadi alternatif pilihan sebagai tanaman herba mencegah terinfeksi virus ini.

Tanaman jenis rimpang ini seringkali ditemui sebagai campuran minuman tradisional.

Manfaat yang terkandung dalam jahe merah mampu membantu penderita COVID-19 dalam proses pemulihan.

Jahe merah mengandung senyawa aktif (gingerol) yang dipercaya bisa melawan respiratory syncytial virus corona, yang menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan.

Selain itu, mengonsumsi jahe merah mampu meredakan gejala terinfeksi virus corona, seperti batuk. Anda akan merasakan sensasi hangat pada tenggorokan dari kandungan flavonoid.

3. Cabe Merah

Mungkin Anda mengenal cabe merah sebagai tambahan bumbu masakan. Padahal, cabe merah yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Kandungan vitamin C dan zat besi pada jenis sayuran ini akan menghasilkan kolagen dalam pembentukan sistem imunitas yang kuat. Sifat antioksidan yang ada dalam cabe merah berfungsi sebagai pelindung bagi tubuh dari serangan radikal bebas.

Mengonsumsi cabe merah mampu mencegah gejala flu dengan kandungan askorbat yang ada di dalamnya.

4. Kencur

Olahan kencur yang mudah ditemui sebagai jamu adalah jamu beras kencur. Tanaman jenis rimpang ini menjadi satu di antara tanaman herba untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kencur mampu menjaga kesehatan tubuh dari gangguan kesehatan.

Kencur memiliki sensasi hangat di tenggorokan ketika dikonsumsi. Rutin mengonsumsi olahan dari kencur mampu mengatasi gejala terinfeksi virus corona, seperti flu, batuk, dan sakit tenggorokan.

Akan ada efek stimulasi ketika mengonsumsi olahan kencur pada sistem retikuloendotelial yang merupakan jaringan pengikat retikular. Kencur mampu tingkatkan sel-sel spleen dan peritoneal yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (lip6)

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Gaharnya Kaisar Ruby V250 2015 Modif Bobber

Gaya

Gaharnya Kaisar Ruby V250 2015 Modif Bobber
apahabar.com

Gaya

Tips Menumbuhkan Minat Baca Anak Ala Rima Anjani
apahabar.com

Gaya

8 Profesi WFH Populer, Apa Saja?
apahabar.com

Gaya

Peringati Hari Jantung Sedunia, Halodoc Gratiskan Konsultasi Kesehatan
apahabar.com

Gaya

Regulasi IMEI Berlaku Mulai Hari ini, Simak Cara Mengeceknya di Ponsel
apahabar.com

Gaya

Ingin Pesan Makanan Berbuka Puasa dan Sahur? Gunakan 7 Aplikasi Ini
apahabar.com

Gaya

Menakar Bisnis yang Paling Moncer di Tahun Babi Tanah
apahabar.com

Gaya

Wow! Mobil Urban Listrik UMM Pecahkan Rekor Asia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com