Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang Pencuri Hp Rosehan Diciduk Polisi, Ini Dalih Tersangka Kronologi Pria Kelumpang Tengah Tewas Disengat Ribuan Lebah

Total 150 Penderita di Kalsel, HSU Masih Nol Positif Covid-19

- Apahabar.com Senin, 27 April 2020 - 17:58 WIB

Total 150 Penderita di Kalsel, HSU Masih Nol Positif Covid-19

Ilustrasi. Foto-Shutterstock

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebaran penularan virus Covid-19 di Kalimantan Selatan sudah mencapai 150 kasus. Data pembaharuan Gugus Tugas Percepatan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kalsel menunjukkan, dari 13 Kabupaten/Kota hanya Hulu Sungai Utara (HSU) yang tidak terjadi kasus positif Covid-19.

Banjarmasin masih menyumbang 45 kasus, disusul Barito Kuala sebanyak 30 kasus dan 25 kasus dari Banjarbaru. Kasus positif juga disumbang dari pasien dalam pengawasan yang sudah melakukan tes swab dan hasilnya menunjukkan positif tertular. Dalam perkembangannya terdata, 126 kasus masih menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri atau karantina khusus.

Hari ini ada kabar pasien sembuh dari Banjarmasin yang isolasi mandiri.

“Ada penambahan kasus positif 4 dari PDP, sebanyak 2 yang dirawat di Ulin asal Banjarmasin dan 2 isolasi mandiri asal Banjarbaru,” sebut Juru Bicara Covid-19 Kalsel, HM Muslim dalam keterangannya, Senin (27/4) sore.

39 orang positif menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit rujukan dan 87 lainnya menjalani isolasi mandiri atau karantina khusus, sebagian besar merupakan hasil penelusuran (tracing) dari tim surveilans terhadap orang-orang yang memiliki kontak erat maupun riwayat perjalanan ke tempat terjangkit sebelumnya.
“Yang dirawat dari 39 tersebut diantaranya 23 kasus di RS Ulin, 4 kasus di RS Ansari Saleh, masing-masing 1 kasus di RS Abdul Aziz dan RS Hadji Boejasin, masing-masing 3 kasus di RS Idaman, RS Damanhuri dan RS Bhayangkara, 1 kasus di Hasan Basri, serta 87 isolasi mandiri atau karantina khusus,” papar Muslim.

Terkait hasil lab, Muslim menjabarkan pasien positif yang sudah menjalani tes swab sebanyak dua kali yaitu KS-Covid 07, wanita 40 tahun asal Banjarmasin. Ini merupakan pasien kedua yang dilakukan isolasi mandiri. Kemudian, dari pengawasan juga didapat pasien yang menunjukkan hasil negatif yaitu HB-13 (laki-laki 31 tahun asal HSS), HB-12 (wanita 41 tahun rujukan Tapin) dan HB-04 (laki-laki 32 tahun asal HSS).

Berikutnya adalah perincian mengenai jumlah peningkatan pada PDP maupun orang dalam pemantauan (ODP). Terjadi lonjakan sebanyak 5 ODP sehingga total terdata ada 1.304 ODP. Lalu, jumlah PDP yang sebelumnya ada 13 ikut naik menjadi 16 pasien.
“PDP yang terkonfirmasi positif ada 2 pasien Ulin asal Banjarmasin. PDP yang hasil PCR-nya negatif ada 3, sehingga jumlah PDP total ada 16,” imbuhnya.

Total 16 PDP tersebut juga sumbangan PDP baru yaitu 7 pasien dari Banjarmasin dan 1 dari Banjar. Sedangkan, 2 PDP yang dikualifikasikan menjadi status menjadi kasus positif adalah Ulin-66 (laki-laki 46 tahun asal Banjarmasin) menjadi KS-Covid 147 dan Ulin-67 (wanita 26 tahun asal Banjarmasin) menjadi KS-Covid 148.

“Yang saat ini dirawat yaitu 4 pasien di RS Ulin, 4 di RS Hasan Basry, 1 di RS Sultan Suriansyah, 2 di RS Ansari Saleh, 1 di RS Suaka Insan, 2 isolasi mandiri dari Banjarmasin dan 1 isolasi mandiri di Balangan,” pungkasnya

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Hingga Akhir Agustus, Bandara Syamsuddin Noor Ubah Jam Operasional
apahabar.com

Kalsel

Imbas Covid-19, Penerbangan Hanya Satu Kali Per Maskapai di Syamsuddin Noor
apahabar.com

Kalsel

Petugas: Ibu Rumah Tangga Pengidap HIV/Aids Terbanyak di Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Kedapatan Bawa Benda Terlarang, Pelaku Curanmor di HSU Terancam Pasal Berlapis
apahabar.com

Kalsel

Peduli Haul Guru Sekumpul, Jokowi Bantu Sapi Limosin
apahabar.com

Kalsel

Heboh, ‘Buaya Kuning’ Muncul di Pinggir Sungai Banua Lawas Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Fenomena Cacar Monyet: Dinkes Kalsel Tingkatkan Pengawasan dan Pemeriksaan
apahabar.com

Kalsel

Bawaslu Banjar Rangkul Masyarakat Awasi Pilkada Serentak 2020
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com