Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu Detik-Detik Akhir Kampanye, Bawaslu RI Turun ke Banjarmasin Bisnis Terselubung, Polisi Kotabaru Tangkap 2 Pelaku TV Kabel Terpapar Covid-19, Kemenag Tutup Satu Ponpes di Palangka Raya Cobain Bikin Video Berkualitas Film dengan Galaxy Note20 Series

Trump: AS Sedang Selidiki Apakah Virus Corona Berasal dari Lab Wuhan

- Apahabar.com Kamis, 16 April 2020 - 17:48 WIB

Trump: AS Sedang Selidiki Apakah Virus Corona Berasal dari Lab Wuhan

Ilustrasi laboratorium. Foto-Net

apahabar.com, WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pemerintahannya sedang menyelidiki apakah virus corona baru (SARS-Cov-2) penyebab Covid-19 berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan, China. Beijing diminta berterus terang tentang sumber virus tersebut.

“Kami sedang melakukan pemeriksaan yang sangat teliti terhadap situasi yang mengerikan ini,” kata Trump saat ditanya awak media di Gedung Putih tentang laporan virus yang ‘bocor; dari laboratorium di Wuhan dikutip Republika.co.id pada Rabu (15/04).

Trump pun sempat ditanya apakah dia telah mengangkat isu tersebut saat melakukan pembicaraan dengan Presiden China Xi Jinping.

“Saya tidak ingin membahas apa yang saya bicarakan dengannya tentang laboratorium. Saya hanya tidak ingin membahasnya, itu tidak pantas saat ini,” ucapnya.

Dalam sebuah wawancara dengan Fox News, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan Covid-19 memang berasal dari Wuhan. Dia menyebut terdapat Institute of Virology beberapa mil dari pasar basah Wuhan, tempat yang diyakini menjadi sumber penularan virus.

“Kami benar-benar memerlukan Pemerintah China membuka diri dan membantu menjelaskan bagaimana sebenarnya penyebaran virus ini. Pemerintah China perlu berterus terang,” kata Pompeo.

Pada Februari lalu, Wuhan Institute of Virology telah membantah desas-desus bahwa SARS-Cov-2 mungkin telah disintesis secara buatan di salah satu laboratoriumnya. Pihak laboratorium pun menepis rumor bahwa terdapat kebocoran. Konsensus ilmiah secara luas menilai bahwa virus corona baru berasal dari kelelawar.

Saat ini terdapat lebih dari dua juta kasus Covid-19 di seluruh dunia dengan korban meninggal melampui 136 ribu jiwa. AS menjadi negara teratas dengan kasus dan kematian terbanyak.(Rep/Rts)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Nasional

Ketum NasDem Positif Covid-19, Begini Kondisi Surya Paloh Sekarang
apahabar.com

Nasional

Jokowi Tambah Opsi Baru, Cuti Lebaran Digeser Saat Idul Adha
apahabar.com

Nasional

Klik Live Streaming Debat Keempat Capres 2019
apahabar.com

Nasional

Jokowi: Generasi Muda Jangkar Kemitraan Indonesia-Australia
apahabar.com

Nasional

Jaksa OTT Oknum BKD Kalteng: Terkait Suap Kenaikan Pangkat ASN
apahabar.com

Nasional

Kemenko Polhukam akan Tinjau Palangkaraya Sebagai Ibu Kota Pemerintahan
apahabar.com

Nasional

Kabupaten PPU dan Kukar Jadi Ibu Kota, Isran Koordinasi dengan Wali Kota
Relawan Bengkel Kula Kula Selamatkan Kendaraan Jemaah yang Bermasalah

Nasional

Relawan Bengkel Kula Kula Selamatkan Kendaraan Jemaah yang Bermasalah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com