Malam Ini, Mata Najwa Kupas Biang Kerok Banjir Kalsel Mengupas Problem Banjir Kalsel: Ratusan Eks Lubang Tambang di DAS Barito Terendus! Banjir dan Ancaman Tim Paman Birin, “Sudah Jatuh Warga Tertimpa Tangga” Komisi III DPR Setujui Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri Ke-25 Tak Perlu Lakukan Tilang, Calon Kapolri Harap Polantas Hanya Atur Lalin

Untuk Warga Kalsel-Teng, Berikut Mekanisme Pengambilan Token Gratis

- Apahabar.com Kamis, 2 April 2020 - 19:33 WIB

Untuk Warga Kalsel-Teng, Berikut Mekanisme Pengambilan Token Gratis

PT PLN (Persero) akhirnya menentukan cara mendapatkan program pembebasan dan diskon tarif listrik bagi konsumen 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA. Foto-Tribunnews

apahabar.com, BANJARBARU – PT PLN (Persero) akhirnya menentukan cara mendapatkan program pembebasan dan diskon tarif listrik bagi konsumen 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA.

“Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada April, Mei dan Juni,” ujar Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka melalui siaran persnya kepada apahabar.com, Kamis (2/4) sore.

Sementara untuk pelanggan prabayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id.

Dengan ID tersebut pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

“Sedangkan diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50 persen,” jelasnya.

Sementara, lanjut Made, bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Berikut mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50 persen untuk pelanggan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi.

Mekanisme website dengan cara:

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Atau bisa juga mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara:

1. Buka Aplikasi WhatsApp
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

“Dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir,” terangnya.

Untuk diketahui saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA. Ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem.

Dan proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan. sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.

“Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada 1 April, paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut,” ungkapnya.

Kebijakan pemberian keringanan tagihan listrik ini sebagai bentuk kehadiran negara dalam membantu perekonomian masyarakat miskin dan tidak mampu.

“Ini bukti PLN bersama Pemerintah siap hadir di setiap kondisi,” tutup Made.

Kalsel-Kalteng

Manager Komunikasi PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalsel-Teng), Syamsu Noor mengatakan kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah bersifat nasional.

Yang artinya pelanggan PLN tarif rumah tangga bersubsidi dengan daya 450 VA dan 900 VA di Provinsi Kalsel-Teng juga akan menerima pembebasan dan diskon tagihan listrik yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

“Kebijakan tersebut berlaku secara nasional, pelanggan PLN di Kalsel dan Kalteng yang berhak menerima bantuan pemerintah tersebut tentu akan mendapatkan haknya secara menyuluruh dan berkeadilan berdasarkan data pelanggan yang ada pada sistem kami,” ucap Syamsu.

Berdasarkan data yang dihimpun dari PLN UIW Kalselteng, jumlah pelanggan PLN tarif rumah tangga bersubsidi di Kalsel dengan daya 450 VA ada sebanyak 423.255 pelanggan dan daya 900 VA 84.807 pelanggan.

Sedangkan di Provinsi Kalteng, pelanggan daya 450 VA berjumlah 141.174 pelanggan dan daya 900 VA ada sebanyak 35.159 pelanggan.

“Total ada sebanyak 684.395 pelanggan PLN tarif rumah tangga bersubsidi di Kalsel dan Kalteng yang akan menerima pembebasan dan diskon tagihan listrik dari Pemerintah selama 3 bulan,” pungkas Syamsu.

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sukamta Sampaikan KUA PPAS 2020
apahabar.com

Kalsel

Perjuangkan Meratus, Puluhan Mahasiswa Ajak Masyarakat Jaga Paru-paru Dunia
apahabar.com

Kalsel

Pria di Banjarmasin Main Sajam Gara-Gara Status FB
apahabar.com

Kalsel

Best Western Kindai Hotel Gelar Lomba di Hari Anak, Cek Informasinya!
apahabar.com

Kalsel

Puar Junaidi Siap Layani Tuntutan Balik Kuasa Hukum H Rusli?

Kalsel

VIDEO: Musisi Banjarmasin Galang Dana untuk Penderita Tumor
apahabar.com

Kalsel

Cegah Masuknya Faham Radikal ke Sekolah, IPNU-IPPNU Kunjungi SMKN 1 Martapura 
Covid-19

Kalsel

Bersama 1.677 Tenaga Kesehatan, Bupati Tabalong Siap Divaksin Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com