Tim Macan Kalsel Gerebek Wanita Buronan Kasus Penggelapan Kapal Indef: Setahun Jokowi-Ma’ruf Amin ULN Melonjak, Setiap Penduduk Warisi Utang Rp 20,5 juta Demo di Pelaihari Berbuntut Laporan Polisi, Sekda Tala Minta Maaf Harga Tiket Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin Turun, Simak Daftar Lengkapnya Kedai Terapung, Unggulan Wisata Baru di Barito Kuala

Upaya PKK Banjarbaru Cegah Penyebaran Covid-19 Melalui Sosialisasi PHBS

- Apahabar.com Rabu, 15 April 2020 - 14:10 WIB

Upaya PKK Banjarbaru Cegah Penyebaran Covid-19 Melalui Sosialisasi PHBS

Ketua TP PKK Banjarbaru, Ririen Nadjmi saat menyosialisasikan P3 Covid-19 dan gerakan cuci tangan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Tim Penggerak PKK Kota Banjarbaru gencar menyosialisasikan pencegahan dan penanganan Covid-19 ke sejumlah kelurahan di Kota Banjarbaru.

Tak hanya itu, mereka juga menyosialisasikan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun sebelum masuk dan keluar rumah, termasuk meminta warga untuk membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Kita tidak perlu panik, dengan selalu waspada dan jaga diri sendiri serta keluarga agar terhindar dari penularan virus covid-19 ini,” ujar ketua TP PKK Banjarbaru, Ririen Nadjmi Selasa (14/4) siang.

Jika masyarakat mau mematuhi aturan pemerintah serta mentaati protokol keluar dan masuk rumah yang dibagikan oleh TP PKK Kota Banjarbaru, upaya pencegahan Covid-19 dinilai akan efektif.

“Lebih baik untuk tetap tinggal di rumah saja, kecuali kalau memang ada sesuatu hal yang penting untuk dilakukan jika keluar rumah. Dan jika keluar rumah harus memakai masker serta baju lengan panjang,” imbaunya.

Lalu, jika datang dari luar rumah warga diminta mandi dan mencuci pakaian yang dipakai, serta diimbau untuk mencuci tangan pakai sabun di air mengalir.

“Jika kita batuk, pilek atau demam isolasi dulu di rumah jangan bersentuhan tangan, peralatan makan atau minum khusus untuk kita jangan dicampur dengan yang lain, dan minum obat,” terangnya.

Ia mengatakan apabila dalam 14 hari ada perubahan dan tidak lagi batuk, pilek atau demam berarti kondisi yang bersangkutan aman dari virus.

“Tapi, bila dalam 14 hari tidak ada perubahan terhadap kondisi kita secepatnya di periksa di pos kesehatan terdekat,” ungkapnya.

Terakhir ia mengingatkan untuk tetap lakukan sosial distancing.

“Jaga jarak minimal satu meter, hindari kerumunan, serta terapkan selalu berperilaku hidup bersih dan sehat,” pungkasnya.

Sosialisasi dilakukan di Kelurahan Mentaos Kecamatan Banjarbaru Utara, tepatnya di Posyandu Kembang Culan dan di Dasawisma Al Hikmah 1 Gang Keluarga RT 02 RW 01.

Kemudian, di Kelurahan Landasan Ulin Tenggah Kecamatan Liang Anggang setelah sebelumnya digelar di Kelurahan Guntung Manggis, Kelurahan guntung Payung, dan Kelurahan Syamsudin Noor.

Untuk diketahui, pada kegiatan sosialisasi, TP PKK Banjarbaru membagikan masker, peralatan cuci tangan, dan pamflet protokol keluar-masuk rumah untuk pencegahan Covid 19 dan menyerahkan bingkisan sembako serta zakat dari PKK Kota Banjarbaru kepada masyarakat yang kurang mampu.

Reporter : Nurul Mufidah
Editor: Puja Mandela

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Sekda Banjarbaru Dapat Kejutan di Ultah ke-55, Pjs Wali Kota Beri Ucapan Selamat
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Bangun Ekonomi Kerakyatan, Pemkot Banjarbaru Gelontorkan Ratusan Milyar
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Najwa Shihab Curi Perhatian Ribuan Peserta Webinar Bersama Dispersip Kalsel
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Horee, Pelanggan PDAM Intan Banjar Nikmati Subsidi 50 Persen
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Nadjmi-Jaya Pantau Pengujian Sampel Covid-19 di Laboratorium Banjarbaru
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Metode Tilawati Cegah Murid Bosan Belajar
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Banjarbaru Raih Wahana Tata Nugraha 2019
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Wali Kota Ingatkan Anggota DPRD Banjarbaru Jaga Keharmonisan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com