Dini Hari, Polisi Amankan 9 Motor di Banjarmasin Timur Zakaria, Pejuang Covid-19 di Tanah Laut Tutup Usia Malam Minggu, Siring Laut di Kotabaru Kembali Bernadi walau Pandemi Putrinya Hanyut, Bapak Meregang Nyawa di Irigasi Karang Intan Kabar Baik, Tanbu Tambah Pasien Sembuh dari Covid-19




Home Kalsel

Kamis, 2 April 2020 - 15:52 WIB

Update 2 April: 5 Daerah di Kalsel Paling Rawan Terpapar Covid-19

Redaksi - Apahabar.com

Banjarmasin menjadi wilayah transmisi lokal baru penyebaran virus Covid-19. Pemkot setempat berencana memberlakukan karantina wilayah. Foto-Istimewa

Banjarmasin menjadi wilayah transmisi lokal baru penyebaran virus Covid-19. Pemkot setempat berencana memberlakukan karantina wilayah. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Gugus Tugas Satgas Darurat Covid-19 kembali merilis data baru, Kamis (2/4).

Dilaporkan 1.323 orang di Kalimantan Selatan masuk dalam pemantauan atau ODP.

Dari data yang dirilis pukul 10.00 tadi, empat kabupaten dan dua kota menyumbang ratusan ODP.

Yakni, Kota Banjarmasin 126 ODP, Tabalong (165), Kotabaru (120), Tanah Bumbu (121), Banjar (127) dan Kota Banjarbaru (192).

Sedangkan jumlah ODP paling sedikit tersebar di Kabupaten Hulu Sungai Utara (30), Tapin (39), Tanah Laut (63), Barito Kuala (66), Hulu Sungai Tengah (87), Hulu Sungai Selatan (92) dan Balangan (95).

Sementara saat ini ada tujuh orang pasien dalam pengawasan (PDP), dan delapan pasien positif SARS-CoV-2 yang dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin.

Banjarmasin menjadi kota penyumbang pasien positif Corona terbanyak dengan jumlah empat orang. Sisanya dari Tabalong 1 orang dan Banjar tiga orang.

Jumlah ini, akan kembali diperbarui setiap hari di pukul 10.00 Wita dan 16.00 Wita.

Masyarakat di seluruh dunia perlu mewaspadai pandemi Covid-19 yang telah menyebar ke ratusan negara di dunia, termasuk Indonesia.

Baca juga :  Polsek Hantakan Tegaskan akan Tindak Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk melakukan lima hal demi mencegah penyebaran virus corona.

1. Secara teratur dan menyeluruh bersihkan tangan Anda dengan sabun dan air atau cairan berbasis alkohol.

Mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan cairan berbasis alkohol membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda.

2. Pertahankan jarak fisik atau physical distancing setidaknya 1 meter (3 kaki) antara Anda dan siapa saja yang batuk atau bersin.

Ketika seseorang batuk atau bersin, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika Anda terlalu dekat, Anda bisa menghirup tetesan air, termasuk virus COVID-19 jika orang tersebut menderita batuk.

3. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut.

Tangan menyentuh banyak permukaan dan virus dapat menempel. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut Anda. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh Anda dan bisa membuat Anda sakit.

4. Pastikan Anda, dan orang-orang di sekitar Anda, menjaga kebersihan pernapasan.

Baca juga :  Berikan Rasa Aman, Sat Sabhara Polres HST Rutin Gelar Patroli

Ini berarti menutupi mulut dan hidung Anda dengan siku atau anggota badan yang tertekuk saat Anda batuk atau bersin. Kemudian segera buang tisu bekas yang digunakan untuk menutupi bersih atau batuk. Tetesan yang keluar saat Anda bersin atau batuk menyebarkan virus. Dengan mengikuti saran ini, Anda melindungi orang-orang di sekitar Anda dari virus.

5. Tetap di rumah jika Anda merasa tidak sehat.

Jika Anda mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, cari bantuan medis dan hubungi mereka terlebih dahulu. Ikuti arahan otoritas kesehatan setempat Anda. Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah Anda.

 Update 2 April: 5 Kabupaten di Kalsel Paling Rawan Terpapar Covid-19

Update Covid-19 di Kalsel, 2 April. Foto-Istimewa

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Fariz Fadhillah

CATATAN REDAKSI: Artikel ini semata untuk mewaspadai penyebaran informasi yang belum tentu benar di tengah wabah Covid-19. Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang mendalam soal virus corona Covid-19, silakan hubungi Hotline Dinas Kesehatan Kalsel 082157718672 atau ke nomor 082157718673.

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Dewan Kota Ingatkan Dana Penanganan Covid-19 Mesti Tepat Sasaran
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kalsel 5 Mei; Pasien Positif Bertambah, Jadi 219 Orang
apahabar.com

Kalsel

Paman Birin Malu-Malu Diajak Nyanyi Cita Citata
apahabar.com

Kalsel

BMKG Ramal Hujan Ringan di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Hujan Dominasi Prakiraan Cuaca di Kalsel untuk Siang Ini
apahabar.com

Kalsel

Kesenian Daerah Bakal Ramaikan Harjad Kabupaten Banjar
apahabar.com

Kalsel

Berbagai Bingkisan untuk Anak Yatim, Bang Dhin Titip Pesan
apahabar.com

Kalsel

Korban Tenggelam Bermaksud Selamatkan Seekor Ayam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com