Mahasiswanya Positif Covid-19, Kampus FISIP ULM Banjarmasin Lockdown Selama Sepekan Larang Anggota Fraksi ke Luar Daerah, Golkar Targetkan Kemenangan BirinMu 70 Persen Sembuh dari Covid-19, Sugianto Hadir di Kampanye Penutup Jelang Pencoblosan, Ratusan Anggota Fraksi Golkar Se-Kalsel Siap Awasi Money Politics Aduuuuuuuuuh ai, Viral Bocah di Tapin Ngamuk-Buang Motor Saat Ditilang Polisi

Warganet China Boikot Drama Thailand karena Konten Corona

- Apahabar.com Senin, 13 April 2020 - 16:38 WIB

Warganet China Boikot Drama Thailand karena Konten Corona

Ilustrasi. Foto-bluenotes.anz.com

apahabar.com, BEIJING – Warganet China menyerukan pemboikotan drama seri percintaan yang tayang di televisi Thailand berjudul “2gether” setelah teman perempuan aktor utama Vachirawit Chivaaree me-retweet sebuah unggahan tentang Wuhan dan Covid-19.

Dilaporkan Global Times, Senin (13/04), memang warganet telah memaafkan, tetapi sebelumnya Nnevvy, kekasih Vachirawit, me-retweet sebuah unggahan yang berisi komentar tak pantas tentang Wuhan dan Covid-19.

Perempuan itu me-retweet sebuah unggahan berbahasa Thai sebelumnya yang tertulis, “Laboratorium virus di Wuhan memiliki persediaan 1.500 spesies, termasuk kelelawar yang digunakan oleh peneliti China untuk uji coba vaksin. Begitu epidemi terjadi, China mulai mengatakan bahwa AS telah mengirim virus ke Wuhan. Namun, mereka tidak mengizinkan orang asing menyelidiki apakah lab itu sendiri telah membocorkan virus atau tidak.”

Selain itu, warganet China juga menyoroti komentar Vachirawit yang berperan sebagai Bright atas foto Nnevvy mengenakan pakaian China yang diunggah di Instagram pada 2017 dengan tulisan,”Cantik seperti gadis China.” Nnevvy membalas komentar tersebut dengan kata, “Apa?”

Saat ada yang bertanya apa yang lebih tepat menggambarkan model tersebut, Nnevvy membalasnya, “Gadis Taiwan.”

Warganet di China geram karena pernyataan Nnevvy tersebut berimplikasi bahwa Taiwan bukan bagian dari wilayah China. Mengenai retweet tentang Covid-19 dan komentarnya di Instagram tentang pemisahan Taiwan dari China, tanda pagar boikot dilihat lebih dari 4,64 miliar kali dan diunggah lebih dari 1,44 juta kali di Sina Weibo yang formatnya mirip dengan Twitter.

“Tidak ada idola yang lebih penting dari negara kami,” kata unggahan di Sina Weibo.

Pada pekan lalu warganet China juga menyoroti Bright yang memberikan tanda jempol pada sebuah foto peta di Twitter yang menyebutkan Hong Kong sebagai negara.

“Terima kasih atas semua tanggapan! Saya minta maaf atas kurangnya kehati-hatian saya berbicara tentang Hong Kong. Sejujurnya, keterangan itu tidak dimaksudkan untuk mencerminkan sikap politik dalam konflik ini. Saya orang asing yang tidak memiliki pengetahuan cukup dalam hal ini karena yang saya tahu Hong Kong sebagai tempat yang indah,” kata pernyataan fotografer yang mengunggah permintaan maafnya pada Jumat (10/04).

Bright pun meminta maaf. “Saya sangat menyesal me-retweet kecerobohan ini. Saya hanya melihat foto dan tidak membaca tulisannya dengan jelas. Lain kali tidak akan ada kesalahan seperti ini lagi,” ujarnya.

Drama “2gether” yang dibintangi Bright dan Win Metawin Opasiamkajor sangat populer di medsos China sejak pertama tayang di Thailand pada 21 Februari. Pasalnya, ada sekelompok sukarelawan China yang memberikan subtitle berbahasa Mandarin.

Menurut laman Douban, rating drama tersebut di China sempat mencapai 9,3/10, tetapi sekarang melorot menjadi 9,0/10. Sekelompok sukarelawan China pada Sabtu (11/4) malam mengumumkan di Sina Weibo bahwa mereka sudah berhenti membuat subtitle berbahasa Mandarin atas drama tersebut.

Bright dan Win membuat akun Sina Weibo pada pertengahan Maret karena popularitasnya di China sangat tinggi. Pada Sabtu (11/4) malam Bright memiliki pengikut hingga 600 ribu orang. Namun, pada Minggu (12/4) sore jumlahnya tersisa menjadi 430 ribu orang saja.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Membanggakan, Dokter Praktik Mandiri Terbaik Indonesia Ada di Balangan
apahabar.com

Nasional

Dijebloskan ke Penjara, Pelawak Qomar Lontarkan Candaan
apahabar.com

Nasional

Sosok Terduga VS, Artis yang Terjerat Prostitusi Online di Lampung
apahabar.com

Nasional

Viral!!! Ular Piton Raksasa Langka Jadi Korban Kebakaran Hutan Kalimantan
apahabar.com

Nasional

Pulihkan Ekonomi Nasional, Pemerintah Gelontorkan Puluhan Triliun ke 12 BUMN
apahabar.com

Nasional

BNPB: Kalteng dan Kalbar Penyumbang Hotspot Terbesar
apahabar.com

Nasional

Stafsus: Jokowi Kritik KPK Bekerja Sporadis
apahabar.com

Nasional

Jokowi: Masyarakat Semakin Khawatir Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com