BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen Waspada Penularan Covid-19 di Libur Panjang, Disdik Banjarmasin Imbau Pelajari Patuhi Prokes Bikin Haru, Simak Curahan Mama Lita MasterChef Indonesia Pasca-ditinggal Suami Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah

38 Andikpas LPKA Martapura Dapat Remisi Idul Fitri

- Apahabar.com Minggu, 24 Mei 2020 - 12:04 WIB

38 Andikpas LPKA Martapura Dapat Remisi Idul Fitri

Prosesi penyerahan remisi khusus Idul Fitri bagi 38 Andikpas LPKA Kelas I Martapura. Foto-apahabar.com/hendra.

apahabar.com, MARTAPURA – Sebanyak 38 anak didik pemasyarakatan (Andikpas) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura, mendapatkan remisi di Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Prosesi pemberian remisi digelar di Masjid At-Taubah LPKA Kelas 1 Martapura di Jl. Pintu Air, Tanjung Rema Darat, Martapura, Kabupaten Banjar, Minggu (24/5).

Pemberian remisi di masa pandemi covid19 ini dilaksanakan sederhana, dan menerapkan protokol Civid-19 physical distancing.

Remisi berdasarkan surat keputusan (SK) Kemenkumham tentang pemberian remisi khusus hari raya Idul Fitri tahun 2020, terkait Peraturan Menkumham RI Nomor 3 Tahun 2018.

Kepala LPKA Kelas I Martapura Rudi Sarjono mengatakan, anak binaan yg mendapatkan remisi khusus Idul Fitri 1441 H ada 38 orang, dari total 40 anak binaan.

“Kategori anak itu jika masih berumur, di bawah 17 tahun, itu totalnya 40 orang dan yang mendapatkan remisi 38 orang, ” tutur Rudi.

Pemberian remisi bervariasi, mulai 15 hari hingga 2 bulan. Ia menyebut, kriteria anak binaan yang diberi remisi minimal berkelakuan baik.

“Minimal berkelakuan baik. Jadi yang mendapat remisi hanya anak saja. Nanti ada lagi remisi umum pada 17 agustus 2020,” katanya.

Pada kesempatan ini, pesan Kepala LPKA, melalui Humas LPKA Martapura Robby, kepada anak binaan agar menyongsong ke depan menjadi orang yang lebih baik dan bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat.

“Semoga menjadi insan yang berakhlak yang bisa membanggakan keluarga, masyarakat, dan bangsa. Mari kita doakan mereka agar tidak kembali lagi ke sini, dan di luar sana menjadi orang yang berguna,” tutupnya.

Salah satu orangtua dari anak binaan yang diberi remisi, JN (36), mengaku dirinya sangat bahagia karena putranya sudah mendapatkan remisi hari ini. Ia mengungkapkan putranya terjerat kasus pencurian dan menjalani masa pembinaan selama 9 bulan.

“Alhamdulillah, senang bahagia terhari hari ini anak saya sudah mendapatkan remisi,” ucap warga Kecamatan Astambul ini.

Di LPKA sendiri yaitu berbasis pesantren, dan pembinaan aktif dilakukan oleh pemerintah/Kementerian terkait serta pihak LPKA sendiri, seperti pendidikan, ketrampilan, dan siraman rohani yang aktif tiap hari. Bahkan salat 5 waktu dilakukan rutin, serta kegiatan positif lainnya.

Untuk diketahui, LPKA Kelas I Martapura merupakan Lapas Anak satu-satunya di Kalsel, dan menampung kiriman anak yang bermasalah dari Pengadilan se-Kalsel.

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Bupati Kotabaru Sanksi Kepala BKPPD Jika Terbukti Salah
apahabar.com

Kalsel

Bantu Korban Banjir Tabalong, XL Axiata Pastikan Layanan Aman

Kalsel

PSBB Berakhir, 35 Pasar Banjarmasin Diklaim Sudah Patuh
apahabar.com

Kalsel

Vierratale Meriahkan Malam Puncak Communication Week 2019
apahabar.com

Kalsel

Rutan Marabahan Terpapar Covid-19, Satu WBP dan Petugas Positif
apahabar.com

Kalsel

Jemaah Rela Jalan Kaki
apahabar.com

Kalsel

Dinkes Banjarbaru Gencar Tekan Penularan Hepatitis A
apahabar.com

Kalsel

Hujan Lokal Dominasi Cuaca di Kalsel Hari Ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com