Ibnu Sina Soal PPKM Banjarmasin Turun ke Level 2: Hasil Jerih Payah! Komandan Macan Kalsel ke Pembunuh Brutal Gambah HST: Serahkan Diri! Keselamatan Dijamin Cek ke Lokasi, Ketum BPP HIPMI Mardani H Maming Ingin Vaksinasi di Tanbu Percepat Herd Immunity Kalsel Kebut Herd Immunity Banua, Kadinkes Kalsel Apresiasi Vaksinasi Massal BPP HIPMI Fantastik! Pemkot Banjarmasin Bekali 52 Lurah Motor Listrik Total Rp 1,79 M di Tengah Pandemi

4 Trik agar Anak Mudah Bangun untuk Sahur

- Apahabar.com     Selasa, 19 Mei 2020 - 05:15 WITA

4 Trik agar Anak Mudah Bangun untuk Sahur

Ilustrasi. Foto-iStockphoto

apahabar.com, JAKARTA – Tak salah bila anak berusia 7 tahun dilatih untuk menjalani puasa Ramadan. Sebab di usia itu, anak mampu menahan lapar dan haus selama setengah hari.

Tantangan berat dalam melatih anak berpuasa adalah membangunkan untuk makan sahur. Orangtua harus punya trik jitu agar kesadaran buah hati bangun di pertengahan malam untuk makan sahur terbentuk.

Dokter Reza Fahlevi menjelaskan, melatih anak puasa harus dimulai dengan mengajarkan kepada mereka pentingnya makan di waktu sahur.
Bagaimana pun caranya, Reza menyarankan, ajarkan dengan bahasa dan logika sederhana tentang keuntungan sahur yang mudah anak mengerti.

Berikut saran dari Reza Fahlevi agar orangtua lebih mudah membangunkan si Kecil untuk sahur, seperti dikutip Health Liputan6.com.
Tidur Lebih Cepat

1. Anak tidur lebih cepat

Ajaklah anak untuk tidur lebih awal di malam hari. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan tidur berkualitas meskipun harus bangun dulu untuk makan sahur.

2. Siapkan makanan kesukaan anak saat sahur

Anak akan menunjukkan rasa tidak nyaman jika sahur dalam keadaan masih mengantuk. Agar anak melek dan bersemangat, ibu bisa menyiasatinya dengan memasak makanan kesukaan si Kecil.

Selain itu, makanan kesukaan tersebut membantu meningkatkan selera makan anak, dan si Kecil akan bersemangat untuk sahur.Carilah menu favorit kaya nutrisi dan vitamin, supaya anak punya cukup stamina untuk menjalankan ibadah puasa.
Sahur di Akhir Waktu

3. Sahur di akhir waktu

Pilihlah makan di akhir waktu jika menginginkan anak ikutan sahur bersama. Sahur terlalu cepat, kata Reza, dapat membuat anak lebih cepat lapar di siang hari.

Maka itu, biarkan anak tidur sembari ibu menyiapkan makanan. Kemudian, satu atau setengah jam sebelum imsak, bangunkan mereka untuk segera sahur.

4. Beri penghargaan

“Memberikan penghargaan untuk anak yang mau bangun sahur merupakan salah satu cara agar anak bersemangat untuk sahur,” kata Reza.

Adapun penghargaan yang bisa orangtua berikan antara lain pujian, atau hadiah kecil agar anak lebih tergugah untuk bangun sahur. (lip6)

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Bulan Biru

Gaya

Jangan Lewatkan, Fenomena Langka Bulan Biru Malam Ini
apahabar.com

Gaya

Jaga Kesehatan Jantung, Olahraga Saja tidak Cukup
apahabar.com

Gaya

Ini Honda CBR600RR Versi Balap
apahabar.com

Gaya

Tips Bugar dan Tetap Cantik Saat Puasa
apahabar.com

Gaya

Grab Telah Operasikan 5.000 Kendaraan Listrik di Indonesia
apahabar.com

Gaya

Harga dan Spesifikasi Realme C17, Tipe Tertinggi Seri C Pesaing Xiaomi Redmi Note 9
apahabar.com

Gaya

Besok, Festival Kuliner Banjar Digelar

Gaya

Begini Cara Membedakan Gejala Covid-19 dengan Flu Biasa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com