Tambah 103 Kasus, Semua Kelurahan di Banjarmasin Kini Zona Merah! Kalsel Jadi Atensi Presiden, Cuncung Minta GTPP Proaktif Eks Pacar Bidan Pembunuh Anak di Barito Utara Diperiksa Banjarmasin Buka Rumah Ibadah, Kemenag: Wajib Kantongi Suket Kalsel Diatensi Presiden, Warga Banjarbaru Sabar Dulu




Home Gaya

Selasa, 19 Mei 2020 - 05:15 WIB

4 Trik agar Anak Mudah Bangun untuk Sahur

Aam - Apahabar.com

Ilustrasi. Foto-iStockphoto

Ilustrasi. Foto-iStockphoto

apahabar.com, JAKARTA – Tak salah bila anak berusia 7 tahun dilatih untuk menjalani puasa Ramadan. Sebab di usia itu, anak mampu menahan lapar dan haus selama setengah hari.

Tantangan berat dalam melatih anak berpuasa adalah membangunkan untuk makan sahur. Orangtua harus punya trik jitu agar kesadaran buah hati bangun di pertengahan malam untuk makan sahur terbentuk.

Dokter Reza Fahlevi menjelaskan, melatih anak puasa harus dimulai dengan mengajarkan kepada mereka pentingnya makan di waktu sahur.
Bagaimana pun caranya, Reza menyarankan, ajarkan dengan bahasa dan logika sederhana tentang keuntungan sahur yang mudah anak mengerti.

Berikut saran dari Reza Fahlevi agar orangtua lebih mudah membangunkan si Kecil untuk sahur, seperti dikutip Health Liputan6.com.
Tidur Lebih Cepat

Baca juga :  Amankah Berhubungan Intim Saat Covid-19?

1. Anak tidur lebih cepat

Ajaklah anak untuk tidur lebih awal di malam hari. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan tidur berkualitas meskipun harus bangun dulu untuk makan sahur.

2. Siapkan makanan kesukaan anak saat sahur

Anak akan menunjukkan rasa tidak nyaman jika sahur dalam keadaan masih mengantuk. Agar anak melek dan bersemangat, ibu bisa menyiasatinya dengan memasak makanan kesukaan si Kecil.

Selain itu, makanan kesukaan tersebut membantu meningkatkan selera makan anak, dan si Kecil akan bersemangat untuk sahur.Carilah menu favorit kaya nutrisi dan vitamin, supaya anak punya cukup stamina untuk menjalankan ibadah puasa.
Sahur di Akhir Waktu

Baca juga :  Apa Kabar Kota Tua Kampung Sungai Jingah Banjarmasin?

3. Sahur di akhir waktu

Pilihlah makan di akhir waktu jika menginginkan anak ikutan sahur bersama. Sahur terlalu cepat, kata Reza, dapat membuat anak lebih cepat lapar di siang hari.

Maka itu, biarkan anak tidur sembari ibu menyiapkan makanan. Kemudian, satu atau setengah jam sebelum imsak, bangunkan mereka untuk segera sahur.

4. Beri penghargaan

“Memberikan penghargaan untuk anak yang mau bangun sahur merupakan salah satu cara agar anak bersemangat untuk sahur,” kata Reza.

Adapun penghargaan yang bisa orangtua berikan antara lain pujian, atau hadiah kecil agar anak lebih tergugah untuk bangun sahur. (lip6)

Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Psikolog: Anak Korban Penculikan Rentan Depresi
apahabar.com

Gaya

Wow!! Solchic Banjarmasin Tebar Aneka Promo Guys!
apahabar.com

Gaya

Berat Badan Ricky Cuaca Turun 38 Kilogram, Ternyata Ini yang Dia Lakukan
apahabar.com

Gaya

5 Kedai Ngopi Asyik di Banjarmasin
apahabar.com

Gaya

Benarkah Jenis Kelamin Bayi Bisa Ditentukan, Begini Penjelasan Dokter Boy
Performa HP Melambat? Lakukan 6 Cara Ini!

Gaya

Performa HP Melambat? Lakukan 6 Cara Ini!
apahabar.com

Gaya

Jamur Tiram Ramaikan Festival Kuliner Banjar
apahabar.com

Gaya

Diversifikasi Pangan Ubi Kayu dan Kelor Menjadi Mie Mocaf