Cerita Sukses Trader Forex Banjarmasin, Modal Rp 15 Juta Berangkatkan Umrah Keluarga 3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa?

4 Trik agar Anak Mudah Bangun untuk Sahur

- Apahabar.com Selasa, 19 Mei 2020 - 05:15 WIB

4 Trik agar Anak Mudah Bangun untuk Sahur

Ilustrasi. Foto-iStockphoto

apahabar.com, JAKARTA – Tak salah bila anak berusia 7 tahun dilatih untuk menjalani puasa Ramadan. Sebab di usia itu, anak mampu menahan lapar dan haus selama setengah hari.

Tantangan berat dalam melatih anak berpuasa adalah membangunkan untuk makan sahur. Orangtua harus punya trik jitu agar kesadaran buah hati bangun di pertengahan malam untuk makan sahur terbentuk.

Dokter Reza Fahlevi menjelaskan, melatih anak puasa harus dimulai dengan mengajarkan kepada mereka pentingnya makan di waktu sahur.
Bagaimana pun caranya, Reza menyarankan, ajarkan dengan bahasa dan logika sederhana tentang keuntungan sahur yang mudah anak mengerti.

Berikut saran dari Reza Fahlevi agar orangtua lebih mudah membangunkan si Kecil untuk sahur, seperti dikutip Health Liputan6.com.
Tidur Lebih Cepat

1. Anak tidur lebih cepat

Ajaklah anak untuk tidur lebih awal di malam hari. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan tidur berkualitas meskipun harus bangun dulu untuk makan sahur.

2. Siapkan makanan kesukaan anak saat sahur

Anak akan menunjukkan rasa tidak nyaman jika sahur dalam keadaan masih mengantuk. Agar anak melek dan bersemangat, ibu bisa menyiasatinya dengan memasak makanan kesukaan si Kecil.

Selain itu, makanan kesukaan tersebut membantu meningkatkan selera makan anak, dan si Kecil akan bersemangat untuk sahur.Carilah menu favorit kaya nutrisi dan vitamin, supaya anak punya cukup stamina untuk menjalankan ibadah puasa.
Sahur di Akhir Waktu

3. Sahur di akhir waktu

Pilihlah makan di akhir waktu jika menginginkan anak ikutan sahur bersama. Sahur terlalu cepat, kata Reza, dapat membuat anak lebih cepat lapar di siang hari.

Maka itu, biarkan anak tidur sembari ibu menyiapkan makanan. Kemudian, satu atau setengah jam sebelum imsak, bangunkan mereka untuk segera sahur.

4. Beri penghargaan

“Memberikan penghargaan untuk anak yang mau bangun sahur merupakan salah satu cara agar anak bersemangat untuk sahur,” kata Reza.

Adapun penghargaan yang bisa orangtua berikan antara lain pujian, atau hadiah kecil agar anak lebih tergugah untuk bangun sahur. (lip6)

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Lebanon Legalisasi Tanaman Ganja untuk Kebutuhan Medis
apahabar.com

Gaya

Lebaran dan Nuansa Serba Baru
apahabar.com

Gaya

Serie Terbaru Toyota Hilux dan Corolla Mejeng di Wira Toyota Banjarmasin, Bikin Ngiler
apahabar.com

Gaya

Rahasia Mooryati Soedibyo Tetap Cantik dan Bugar di Usia 92 Tahun
apahabar.com

Gaya

Pahit Daun Pepaya Mampu Melawan Demam Berdarah
apahabar.com

Gaya

Musim Rambutan Datang Nih, Yuk Intip Manfaat Buah Ini
apahabar.com

Gaya

Intip Pertolongan Pertama yang Benar untuk Korban Patukan King Kobra
apahabar.com

Gaya

Amankah Penderita Asam Urat Konsumsi Minyak Ikan?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com