Belasan Mahasiswa-Polisi Luka-Luka, Polres Ungkap Biang Ricuh #SaveKPK II di Banjarmasin #SAVEKPK Bergaung di Banjarmasin: Ratusan Mahasiswa Ultimatum Ketua DPRD Kalsel di Tengah Guyuran Hujan Tagih Janji Reklamasi, Dewan Tabalong Ngotot Panggil Bos Adaro UPDATE! Tunggu Supian HK, Massa #SaveKPK di Banjarmasin Ngotot Bertahan Jenderal Lapangan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Terluka, Tangan-Kepala Berdarah

Akal-akalan Warga Cari Celah untuk Mudik, Begini Upaya Pemerintah Palangka Raya

- Apahabar.com Rabu, 20 Mei 2020 - 21:36 WIB

Akal-akalan Warga Cari Celah untuk Mudik, Begini Upaya Pemerintah Palangka Raya

Warga berupaya mudik ke Banjarmasin, dengan naik kelotok turun di Bereng Bengkel dan naik lagi ke Kalampangan dan dijemput mobil ke Banjarmasin. Foto-Facebook Karyanto Bereng

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Kendati pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik di tengah pandemik Covid-19, namun imbauan ini seolah dianggap angin lalu oleh sejumlah warga.

Berbagai modus dilakukan agar bisa merayakan Idul Fitri di kampung halaman dengan sanak keluarga.

Dari akun Facebook Karyanto Bereng, yang menulis postingan, laporan untuk Tim Gugus Tugas Covid-19 kalau depan Kantor Kecamatan Sabangau, Palangka Raya, warga dari Palangka Raya mau ke Banjarmasin.

Kemudian naik kelotok turun di Bereng Bengkel dan naik lagi ke Kalampangan dan dijemput oleh mobil ke Banjarmasin.

“Kami mohon tim gugus tugas agar membagi petugasnya untuk posko gugus tugas di Bereng Bengkel, yang melaporkan Mantir Adat Kecamatan Sabangau, mohon kerja samanya terimakasih,” ujarnya Rabu (20/5).

Menanggapi postingan tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Alman Pakpahan yang dihubungi melalui WhatsApp (WA) mengatakan, akan mengecek kebenaran hal tersebut.

“Kami akan ke TKP besok. Untuk mencegah masyarakat yang dungil (bandel) mudik,” katanya.

Diakuinya memang sejak Kota Palangka Raya menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), telah beberapa kali menggagalkan upaya masyarakat mudik.

Untuk itu petugas harus ‘kucing-kucingan’ menutup berbagai aksi modus warga agar tidak lolos dari pengawasan di pos lintas batas.

Seperti aksi nekat sopir travel yang ingin meloloskan penumpangnya dari pemeriksaan petugas. Dengan meminta penumpang jalan kaki untuk menghindari razia di perbatasan.

Selain itu, pernah juga menggagalkan, pemudik dariĀ  Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang bersembunyi di bak belakang mobil pikap dengan ditutupi terpal.

Sementara itu Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin menyatakan akan lebih memperketat pengawasan di berbagai lini yang bisa dijadikan celah mudik bagi masyarakat.

Bahkan ia berencana akan membahas aturan dengan tim gugus tugas untuk melakukan karantina bagi masyarakat yang nekat mudik.

Untuk itu ia kembali mengingatkan agar warga mematuhi larangan mudik yang telah dikeluarkan pemerintah.

“Bersabarlah demi kebaikan kita bersama. Masih banyak yang bisa kita lakukan untuk melepas kangen dengan keluarga,” imbuhnya.

Reporter: Ahc23
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Kalteng Lacak Komunitas 2 Pasien Positif Corona
apahabar.com

Kalteng

Rapid Test Massal di Barut, Ratusan Warga Non Reaktif
apahabar.com

Kalteng

Update Covid-19 di Kapuas: Positif Corona Bertambah 27 Orang, Terbanyak di Kapuas Tengah
apahabar.com

Kalteng

Waspada Covid-19! Teweh Tengah di Barito Utara Masuk Zona Merah Tua

Kalteng

Nafiah Ibnor Serahkan Upah Tukang Program BSPS di Selat Utara Kapuas
Galang Dana

Kalteng

Demi Ikut Uji Coba di Tangerang, Dua Atlet Sepak Bola Putri Kalteng Galang Dana di Jalanan
apahabar.com

Kalteng

Akhirnya Warga di Wilayah Hulu Kapuas Kalteng Terima BLT APBD
apahabar.com

Kalteng

Sempat Ditahan di Palangka Raya, Jurnalis AS Akhirnya Bebas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com