Ketuanya Buron, Joko Pitoyo Ambil Alih Nasdem Tanah Laut Laporan Denny Rontok di Bawaslu Pusat, Tim BirinMu Endus Motif Lain Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Alasan Mencengangkan Disdik Mengapa Anak SMP di Banjarmasin Harus Sekolah Tatap Muka

Arus Balik Lebaran, Bamsoet: Perbanyak Titik Penyekatan Masuk ke Jabodetabek

- Apahabar.com Selasa, 26 Mei 2020 - 16:12 WIB

Arus Balik Lebaran, Bamsoet: Perbanyak Titik Penyekatan Masuk ke Jabodetabek

Petugas gabungan berjaga di check point pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jalan Raya Bogor, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/04). Foto-Antara/Yulius Satria Wijaya

apahabar.com, JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah mengantisipasi arus balik warga ke Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Caranya dengan memperbanyak titik-titik penyekatan atau check point masuk wilayah tersebut untuk mengantisipasi ancaman baru penyebaran Covid-19 setelah hari raya Idulfitri 1441 H.

“Satgas Percepatan Penanggulangan Covid-19 dan aparat keamanan harus mengantisipasi arus balik ke Jakarta dengan memperbanyak titik-titik penyekatan masuk wilayah Jakarta khususnya dan wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi,” kata Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Hal itu dikatakan Bamsoet terkait adanya potensi ancaman baru penularan Covid-19 di wilayah Jabodetabek setelah Lebaran yaitu kembalinya sebagian warga Jakarta dari kampung halaman, yang mudik sebelum adanya larangan mudik maupun yang sesudah, atau pemudik yang lolos dari pemeriksaan.

Dia meminta Satgas dan aparat keamanan yang bertugas di titik penyekatan untuk melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Selain itu, memberlakukan karantina pribadi bagi pemudik yang masuk ke wilayah Jakarta untuk menghindari kluster baru penyebaran Covid-19.

“Aparat yang bertugas harus secara konsekuen melaksanakan peraturan Gubernur DKI Jakarta yaitu Pergub Nomor 47 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk membantu Pemerintah Daerah DKI Jakarta dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Politisi Partai Golkar itu menghimbau masyarakat, khususnya pemudik di seluruh daerah untuk tidak kembali ke Jakarta dalam waktu dekat. Tujuannya untuk mencegah munculnya episentrum baru penyebaran virus Covid-19.

Dia juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang mematuhi kebijakan pemerintah dengan tidak mudik ke kampung halaman demi mencegah penyebaran Covid-19.

“Saya memberikan apresiasi kepada warga yang berlebaran di rumah saja dalam rangka menekan penularan Covid-19,” katanya.

Bamsoet juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada para petugas kesehatan yang terus bekerja keras dan penuh dedikasi. Mereka melayani dan merawat para pasien yang terinfeksi Covid-19 tanpa kenal lelah.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Polisi: Korban Jadi Saksi Utama Ledakan di Monas
apahabar.com

Nasional

Bertemu Presiden FIFA, Jokowi: Kami Siapkan 10 Stadion untuk Piala Dunia U-20
apahabar.com

Nasional

Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2019 Sudah Bisa Dilihat
apahabar.com

Nasional

Masa Pandemi, Satgas Covid-19 Setuju Bioskop Dibuka
apahabar.com

Nasional

Total Korban Kapal BBM Meledak di Bawah Jembatan Ampera 11 Orang
apahabar.com

Nasional

Jokowi Beri Insentif untuk Tenaga Medis yang Menangani Covid-19
apahabar.com

Nasional

Polisi Tetapkan Enam Provokator dalam Kerusuhan di Lapas Lambaro
apahabar.com

Nasional

Polisi Gantung Diri di Batola, Dirkrimum Polda Kalsel: Anggota Kami
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com