Malam Ini, Mata Najwa Kupas Biang Kerok Banjir Kalsel Banjir Kalsel Makan Korban Lagi, Bocah Hilang di Siring Banjarmasin Di Balikpapan, Ayah Ditangkap Gegara Anak Jual Tisu Link Live Streaming Mata Najwa Malam Ini, Kupas Tuntas Banjir Kalsel Menteri Siti Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel, Bukan Tambang dan Sawit

Ayo Donorkan Darah, Dapatkan Souvenir dan Sembako Gratis dari PMI Tanbu

- Apahabar.com Jumat, 29 Mei 2020 - 17:39 WIB

Ayo Donorkan Darah, Dapatkan Souvenir dan Sembako Gratis dari PMI Tanbu

Ayo donor darah di PMI Tanbu. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Bumbu akan memberikan souvenir dan sembako gratis bagi para pendonor darah.

Langkah ini mereka lakukan sebagai upaya atau terobosan untuk memenuhi kebutuhan stok darah dan apresiasi bagi para pendonor.

Pelaksanaan donor dilaksanakan setiap Senin sampai Sabtu pukul 09.00-15.00 di Gedung Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Tanah Bumbu yang berdekatan dengan Masjid Agung Nurussalam, Gunung Tinggi.

“Untuk penyediaan darah saat ini dilakukan dengan metode donor darah yang dilaksanakan setiap hari Senin hingga Sabtu di Gedung PMI dengan memberikan souvenir dan sembako gratis bagi pendonor. Ini menjadi salah satu terobosan yang dilakukan oleh Pak Ketua PMI Tanah Bumbu untuk memenuhi kebutuhan darah,” beber Sekretaris PMI Tanah Bumbu, M Untung RLU, Jumat (29/5) sore.

Saat pandemi Covid-19, PMI Tanah Bumbu juga melakukan kegiatan donor darah melalui sistem jemput bola.

“Selama pandemi ini kami juga jemput bola bagi pendonor dengan cara mengantar jemput pendonor ke UTD,” terangnya.

Program jemput bola ini merupakan inisiatif program tetap dari Ketua PMI Tanah Bumbu, H Rooswandi Salem.

Untung menambahkan saat ini stok ketersedian darah di RSUD dan UTD PMI Tanah Bumbu sedang menipis.

Menipisnya stok darah disebabkan pihak ketiga dan pendonor banyak yang merasa takut untuk melaksanakan kegiatan donor masa pandemi Covid-19 ini.

Padahal walaupun masa pandemi Covid-19 kegiatan donor darah tidak berbahaya bagi pendonornya dan dapat dipastikan aman.

Sementara Ketua PMI Tanah Bumbu, H. Rooswandi Salem memastikan bahwa donor darah di PMI aman, karena menerapkan physical distancing. Sehingga kegiatan donor darah tetap dapat dilakukan.

Selain itu, kata Rooswandi, donor darah yang diadakan oleh PMI juga memberlakukan standar operasional prosedur di tengah situasi wabah Covid-19 saat ini.

Kebutuhan darah tentu tidak bisa ditunda, pasien di rumah sakit yang membutuhkan transfusi tentu harus tetap menjadi perhatian.

“Kegiatan donor darah di UTD maupun di luar UTD dengan mobile unit tetap kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan stok darah yang ada di PMI,” ujarnya.

Rooswandi menyatakan pihaknya senantiasa berusaha untuk menambah stok darah dengan berbagai cara, di antaranya menyampaikan edukasi tentang manfaat donor darah dan amannya donor darah walau disaat wabah Covid-19. Karena Covid-19 tidak ditularkan lewat darah donor.

Selain itu, kata Rooswandi, PMI Tanah Bumbu juga melakukan jemput bola dengan pendonor dengan meminta dukungan para komunitas dan masyarakat untuk didatangi ke rumah-rumah atau kantor-kantor yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Atas nama PMI Tanah Bumbu, Rooswandi mengajak masyarakat untuk mendonorkan darahnya dengan mendatangi unit donor darah PMI terdekat. Karena saat ini penderita thalasemia, kanker darah dan DBD sangat membutuhkan darah dari para relawan kemanusiaan.

“Mari donorkan darah kita untuk kemanusiaan, karena setetes darah kita bisa menjadi sebuah kehidupan bagi saudara kita yang membutuhkan,” tandasnya.

Reporter: Syahriadi
Editor: Syarif

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Natal dan Tahun Baru Kalsel 2018: Polisi Bakal Libatkan Tim Gabungan
apahabar.com

Kalsel

Suka Duka Pengemudi Ojol Banjarmasin di Tengah Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Cerita Idul Adha Roxana di Banua, Pegulat Naturalisasi Cantik Asal Rumania
apahabar.com

Kalsel

Jelang UNBK, Ratusan Komputer Dicek
apahabar.com

Kalsel

Sempat Meracau, Radi Tewas di Hotel Tokyo Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Geger, Bayi ‘Langkar’ Ditemukan Tak Bernyawa di Sungkai
apahabar.com

Kalsel

Anggota DPRD Kalsel Dor To Dor Bagikan Sembako dan Masker
apahabar.com

Kalsel

Pemerintah Perlu Perhatikan Teknologi Pengrajin Sasirangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com