Mubadala Petrolium Sosialisasi Pemboran Sumur Eksplorasi Yaqut-1 Upah Minimum Naik Rp 10 Ribu, Buruh Kalsel Meradang Buntut Demo, Koordinator BEM Kalsel Ahdiat Zairullah Resmi Tersangka Koordinator BEM Kalsel Tersangka, Kuasa Hukum Siap Melawan BREAKING NEWS: Wakil Rektor ULM Penuhi Panggilan Polda Kalsel

Banjarbaru Mantap PSBB, Iring-iringan Sosialisasi Disiapkan

- Apahabar.com Rabu, 13 Mei 2020 - 12:45 WIB

Banjarbaru Mantap PSBB, Iring-iringan Sosialisasi Disiapkan

Kawasan Strategis Provinsi (KSP) Banjar Bakula bakal menyusul Banjarmasin melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) guna memutus rantai penularan Covid-19 di Kalimantan Selatan. Tiga daerah tersebut adalah Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Barito Kuala. Foto sebagai ilustrasi-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai diterapkan Sabtu (16/5) dini hari di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

“Iya benar, hasil kesepakatan rapat tadi malam rencananya PSBB di Banjarbaru dilaksanakan Jumat pukul 00.00 atau Sabtu dini hari,” ucap Kalakhar BPBD Kota Banjarbaru yang juga Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banjarbaru, Zaini Syahrani kepada apahabar.com, Rabu (13/5) siang.

Namun guna memastikan pelaksanaan rencana PSBB, Gugus Tugas akan menggelar rapat pemantapan Kamis (14/5) esok.

“Ada iring iringan seperti sosialisasi pemberlakuan PSBB. Kamis pemantapannya, tapi dalam pemantapan itu kita sudah menyiapkan tenda atau posko posko yang digunakan untuk cek poin,” bebernya.

Kemudian, tim kesekretariatan gugus tugas sendiri akan menyiapkan sarana prasarana posko-posko di titik cek poin.

“Dari beberapa titik cek poin itu, 5 titik cek poin Jota Banjarbaru, dan sisanya titik cek poin personel terpadu,” ujar Zaini.

“Untuk tenda posko hari ini sudah disiapkan. Saat ini sudah ada 1 posko berdiri di titik cek poin Simpang tiga Bangkal Cempaka perbatasan Pelaihari sambil menyisir mungkin sore semua sudah selesai,” sambungnya.

Sedangkan untuk pendirian tenda posko gabungan atau personel terpadu menjadi tugas Kabupaten Banjar.

“Ini rencananya akan berbarengan dengan 2 kabupaten lainnya, kalau Banjarbaru merencanakan Jumat, tapi apakah di kabupaten Banjar sudah siap? Jika belum, tentunya akan kita pending. Supaya berkesinambungan, berbarengan,” terangnya.

Karena menurutnya, pelaksanaan PSBB di tiga daerah yakni Banjarbaru, Barito Kuala dan Kabupaten Banjar harus berbarengan agar pelaksanaan PSBB dapat maksimal.

“Yang penting Banjarbaru sudah Oke, sudah siap, tidak ada kendala,” pungkasnya.

Ketua Satgas Pengamanan PSBB Banjarbaru dan Kabupaten Banjar, Letkol Arm Siswo Budiarto mengatakan pelaksanaan pengamanan perbatasan (Pamtas) gabungan Kabupaten Banjar dan Banjarbaru akan disebar di beberapa titik.

Mulai SPBU Gubernur Soebardjo, batas kota dan Q-Mall, serta Indomaret di Sungai Ulin.

“Sementara untuk wilayah khusus Kabupaten Banjar ada empat titik yaitu wilayah Sungai Lulut di simpang empat Sungai Tabuk, Pal 7 depan Giant, Basirih dan Jalan A Yani Pasar Astambul,” rincinya.

Sedangkan, lanjutnya untuk wilayah Banjarbaru juga terdiri dari lima titik yakni SPBU Kilometer 17, U-turn Kompleks Citra Graha, SPBU Landasan Ulin Selatan jurusan Pelaihari, Simpang tiga Bangkal Cempaka, dan Karang Anyar Amaco.

Bagi warga Banjarbaru yang bekerja di Kabupaten Banjar ataupun sebaliknya harus membawa surat pengantar RT atau dari surat tugas dari kantor.

“Warga tak bisa keluar masuk antara Banjarbaru dan Kabupaten Banjar semaunya harus melalui pemeriksaan, kalau alasannya jelas diperbolehkan masuk tapi kalau tidak jelas akan kita suruh kembali,” jelas Dandim.

Terkait banyaknya jalan kecil atau jalan tikus menuju Kabupaten Banjar dan Banjarbaru pihaknya sudah berkoordinasi dengan gugus tugas Kecamatan dan Kelurahan serta RT/RW agar bisa menjaga wilayahnya masing-masing didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang ada di wilayah tersebut.

“Tentunya dengan kebersamaan kita pasti bisa melalui pandemi Covid-19 khususnya di Kota Banjarbaru,” tutupnya.

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Bentuk Kampung KB, Pemkot Banjarbaru Komitmen Berikan Pelayanan Terbaik
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Wawali Minta Pelajar Miliki Etika Berlalu Lintas
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Tes SKD CPNS Banjarbaru Segera Dimulai, Catat Tanggalnya!
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Pemkot Banjarbaru Lakukan Penyemprotan Disinfektan, Said Abdullah: Jangan Panik
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Wawali Buka Sosialisasi Permendagri 57/2017 Tentang Ormas
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Parenting Nasional di Banjarbaru Resmi Dibuka
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Bahas APBD, Pemkot Banjarbaru Fokus Pemulihan Ekonomi 2021
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Pemkot Banjarbaru Sepakati Jadwal Penerbangan di Bandara Syamsudin Noor
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com