Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah

Belasan Jurnalis Banjarbaru Di-Rapid Test, 3 Reaktif !

- Apahabar.com Jumat, 8 Mei 2020 - 20:53 WIB

Belasan Jurnalis Banjarbaru Di-Rapid Test, 3 Reaktif !

Salah seorang jurnalis di Banjarbaru saat dirapid test oleh petugas Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, Jumat (8/5) sore. Foto-apahabar.com/ Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Belasan jurnalis lintas media massa menjalani rapid test atau tes cepat, Jumat (6/5) sore tadi. Hasilnya, tiga orang dinyatakan reaktif.

Rapid tes sengaja dilakukan Dinas Kesehatan Banjarbaru. Mengingat jurnalis salah satu garda terdepan penyedia informasi ke publik. Artinya, mereka termasuk kelompok yang rentan terpapar Covid-19.

Pantauan apahabar.com, tes cepat dilakukan secara bergantian. Satu per satu jurnalis baik media online maupun cetak di-rapid test.

Usai diambil sampel, darah mereka kemudian diuji pada alat rapid test untuk mengetahui reaksinya.

“Ini untuk mencegah penyebaran virus sal Wuhan tersebut di beberapa kalangan. Termasuk insan pers yang memang aktivitasnya juga harus di lapangan,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Banjarbaru, Rizana Mirza.

Menurutnya, jika hasil rapid test menunjukan reaktif, tak serta merta dijadikan kesimpulan mereka terinfeksi Covid-19.

Rapid test sejatinya alat untuk medeteksi dini virus di tubuh manusia. Perlu swab tes lagi untuk memastikan ada tidaknya Covid-19.

“Ini adalah bagian dari screening kita, jadi semisal ada yang ditemukan hasilnya reaktif, itu akan kita lakukan tes swab lagi untuk memastikannya,” kata Mirza.

Terkait temuan reaktif, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan yang bersangkutan. Mereka diminta untuk isolasi mandiri.

“Sembari kita akan berkoordinasi juga dengan pihak BBTKLPP Banjarbaru untuk dilakukan tes swab,” pungkasnya.

Salah seorang awak media yang bertugas di Banjarbaru, Fahmi menyambut baik inisiatif dari Dinkes Banjarbaru itu.

Rekan-rekan pers tentu punya kekuatiran tertular Covid-19 karena tuntutan profesinya dalam mencari dan menyebarkan berita yang berkaitan erat dengan Covid-19.

“Tentu kita termasuk yang bertugas di lapangan, jadi ada kesempatan rapid test sangat disambut baik, jadi kita bisa mengetahui ada terindikasi terpapar atau tidak, yang mana ini jadi acuan kami untuk menjaga dan menbatasi diri,” katanya.

Kemudian, hasil rapid test ini katanya juga dapat menjawab kegelisahan para jurnalis selama bertugas dan ketika pulang ke rumah.

“Soalnya kan kami juga ada keluarga di rumah, ditakutkan kami berpotensi menularkan,” tambahnya.

Terakhir, ia berharap semoga insan pers di Banjarbaru terhindar dari paparan Covid-19.

“Sekali lagi, terima kasih untuk Dinkes yang sudau memfasilitasi rapid test ini kepada kawan-kawan wartawan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, setelah belasan awak media diambil sampel darahnya dan diuji ke alat uji cepat itu. Tiga di antaranya diketahui menunjukkan hasil reaktif.

Hingga saat ini, Dinkes sendiri belum memberikan informasi detail terkait hasil yang menunjukkan reaktif tersebut.

Mereka hanya meminta para jurnalis agar menjaga pola hidup sehat dan sabar untuk informasi lebih lanjut guna tindakan selanjutnya.

Sekalipun terdapat 3 reaktif dari belasan sampel darah yang diuji, namun masih ada sejumlah wartawan di Banjarbaru yang belum menjalani rapid test. Mereka dijadwalkan mengikuti tes cepat susulan.

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Elektronifikasi Menuju Transparansi Keuangan Daerah
apahabar.com

Kalsel

Tekan Angka Penularan Covid-19, PMI Mohon Masyarakat Sadar Protokol Kesehatan
apahabar.com

Hukum

Budak Narkoba Pemilik Ratusan Gram Sabu di Banjarmasin Berhasil Ditangkap
apahabar.com

Kalsel

Giliran Lahan di Desa Cindai Alus Martapura Diamuk Api
apahabar.com

Kalsel

Peringati HAN, Turun Tangan Banjarmasin Hibur Anak-Anak Penyintas Kanker
apahabar.com

Kalsel

RSJ Sambang Lihum Terapkan Self Monitoring Covid-19, Berikut Pola Kerjanya
apahabar.com

Kalsel

Haji 2019; ‘Tak Bisa Bayar’, 19 Calon Jemaah Haji Kalsel Batal Berangkat
apahabar.com

Kalsel

Duh, Ratusan Aset Pemprov Kalsel Jadi Temuan BPK RI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com