Kronologi Pria Kelumpang Tengah Tewas Disengat Ribuan Lebah Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Hari Ini Kuota Internet Belajar Siswa dan Guru Dikirim Langsung ke Nomor Peserta, Berikut Besar Subsidinya Tolak Omnibus Law, Ketua DPRD Kalsel Digelari Juara Stand Up Komedi SHM-MAR Kampanye, Pedagang Keliling Ketiban Berkah

Bisakah Virus Corona Bertahan di Paket Belanja Online?

- Apahabar.com Senin, 4 Mei 2020 - 10:30 WIB

Bisakah Virus Corona Bertahan di Paket Belanja Online?

Petugas memilah paket kiriman barang di Kantor Pos, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/04). Foto-Antara/Yulius Satria Wijaya/aww

apahabar.com, JAKARTA – Masyarakat mengandalkan belanja online dan layanan pesan antar sejak pembatasan sosial berskala besar (PSBB), baik untuk barang kebutuhan sehari-hari maupun membeli makanan.

Virus corona dapat bertahan di beberapa jenis permukaan selama sembilan hari atau lebih sehingga menimbulkan kekhawatiran untuk menyentuh paket belanja online.

Para pelaku dagang online maupun perusahaan pengantaran memastikan mereka sudah menjalankan prosedur kebersihan untuk paket kiriman, mulai dari menyemprotkan disinfektan pada paket sampai membekali kurir mereka dengan masker dan cairan pembersih tangan.

Selain itu, kurir juga menerapkan contactless delivery atau pengantaran tanpa kontak dengan menaruh paket di tempat yang telah disetujui. Meski pun begitu, konsumen tetap merasa khawatir ketika akan membuka paket sehingga mereka merasa perlu menggunakan sarung tangan atau masker.

The Center for Disease Control and Prevention, dikutip dari laman Cnet hari ini, menyatakan risiko virus corona menyebar lewat paket belanja online sangat kecil karena barang sudah berpindah-pindah selama berhari-hari.

WHO juga berpendapat, kecil kemungkinannya paket belanja online dihinggapi virus setelah mengalami berbagai kondisi. Risiko orang terkena virus dari paket belanja online tergolong kecil.

Sementara itu, untuk layanan pesan antar makanan, Food and Drug Administration (FDA) AS mengatakan belum ada bukti virus bisa menular dari makanan atau paket.

Meski risiko tertular virus corona dari paket belanja online kecil, masyarakat tetap harus waspada dan menjaga kebersihan saat menerima paket. Disarankan segera mencuci tangan selama 20 detik begitu menerima atau membuka paket belanja.

Setelah itu, segera buang pembungkus dan cuci tangan lagi.(Ant)

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Eijkman: Waspadai Flu Babi G4 Jadi Pandemi
apahabar.com

Gaya

Hari Batik Nasional, Begini Cara Mengetahui Batik Asli
apahabar.com

Gaya

Benarkah Anak Terlahir Caesar Sistem Imunnya Terganggu?
apahabar.com

Gaya

Jaga Daya Tahan Tubuh, Perlukah Minum Vitamin C 1000 Mg?
apahabar.com

Gaya

Ternyata Bayi dan Anak Bisa Terserang Stroke, Kenali Penyebab dan Solusinya
apahabar.com

Gaya

Ketika Reza Arap Podcast Bareng Atta Halilintar
apahabar.com

Gaya

Pahit Daun Pepaya Mampu Melawan Demam Berdarah
apahabar.com

Gaya

Suka Duka Nor Kader JKN di Barabai, Beratnya Ditinggal Pergi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com