Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Bupati HST Minta Perangkat Daerah Buat Instrumen Tentang Perda BPHT

- Apahabar.com Selasa, 12 Mei 2020 - 17:54 WIB

Bupati HST Minta Perangkat Daerah Buat Instrumen Tentang Perda BPHT

Pengesahan Raperda BPHT ditandatangani oleh Ketua DPRD HST, H Rachmadi. Foto-Prokom HST for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), HA Chairansyah menginstruksikan untuk membuat instrumen petunjuk pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda).

Instrumen petunjuk pelaksanaan itu tentang Raperda Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan yang disahkan menjadi Perda pada saat Rapat Paripurna Terbuka di gedung DPRD HST, Senin (11/5) tadi.

Chairansyah mengatakan Raperda yang dibuat dan disahkan itu guna menyesuaikan aturan yang baru. Terlebih untuk mengakomodir tuntutan perkembangan zaman yaitu, perkembangan sistem elektronik.

“Dalam rangka menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak dan dalam Raperda ini lebih memperinci aturan yang dalam Raperda sebelumnya masih belum jelas dan bersifat umum,” kata Chairansyah saat Rapat Paripurna di gedung dewan.

Karena itu, Chairansyah meminta perangkat daerah yang terkait untuk mempersiapkan instrumen petunjuk pelaksanaan yang dirasa perlu.

Tujuannya agar Perda yang sudah ditetapkan ini dapat berlaku efektif dan memberikan dampak positif bagi masyarakat HST.

Dalam laporan Pansus II DPRD HST, Tosim merekomendasikan beberapa hal dalam penerapan Perda tersebut. Yakni, melakukan penyesuaian Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) agar pendapatan daerah yang bersumber dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah (BPHT) bisa optimal.

Untuk itu, lanjut Tosim, diperlukan strategi dalam penerapannya seperti peningkatan bertahap. Supaya masyarakat tidak terbebani.

“Pemberian insentif kepada pengelola BPHTB agar disesuaikan dengan tindak kesulitan dan perjuangkan yang bersangkutan dalam mengejar target yang ditetapkan,” ujar Tosim.

Rekomendasi Tosim lainnya, agar dilakukan pemutakhiran data objek pajak berdasarkan persil tanah yang ada. Sebab perlu diprogramkan upaya penggunaan teknologi dalam pengelolaan dan pemutakhiran data objek pajak tersebut.

Berdasarkan hasil work load analisis terhadap jumlah SDM pada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah, kata Tosim, diketahui jumlah SDM yang ada kurang dari 50 persen. Sehingga perlu dilakukan penambahan, agar upaya peningkatan PAD dari sektor pajak dan retibusi dapat terwujud secara signifikan.

Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah juga perlu menjalin kerjasama antar SKPD antar pihak lain, seperti Dinas Pendidikan, sekolah dan perguruan tinggi. Di mana saat pendaftaran siswa atau mahasiswa baru, salah satu syaratnya adalah melampirkan copy lunas PBB.

Demikian pula dengan Dinas Dukcapil, sebagai syarat mengurus KTP, juga melampirkan cetak lunas PBB.

“Penegasan ketika Perda ini diundangkan, peraturan pelaksanaan akan diterbitkan paling lambat satu tahun setelahnya,” tutup Tosim.

Saat Rapat Paripurna Pengesahan Raperda itu dipimpin dan ditanda tangani oleh Ketua DPRD HST, H Rachmadi didampingi Wakilnya H Saban Effendi, dan anggota dewan lainnya.

Turut hadir Wabup HST Berry Nahdian Forqan serta Asisten Bidang Pemerintahan, Kepala SOPD serta undangan lainnya.

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Puja Mandela

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Harlah PMII HST, Berry: Berikan Kontribusi Bermanfaat
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Penyaluran BLT di HST Diminta Tertib Administrasi
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Wabup Berry Serahkan BLT ke Warga Hantakan

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Desainer Madinah Syari Bantu HST Tanggulangi Covid-19
Jaga Stabilitas Perekonomian, Chairansyah Keluarkan Surat Edaran

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Jaga Stabilitas Perekonomian, Chairansyah Keluarkan Surat Edaran

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Baksos Pemuda Muhammadiyah Sasar Pegunungan Meratus HST
Sosialisasi dan Penyusunan Rencana Kerja TP KJM HST 2020 di Aula Bakti Husada Dinas Kesehatan Barabai, Kamis (23/01).

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Rencana Kerja Tanggulangi Prevalensi ODGJ Disosialisasikan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Segera Terapkan Sanksi, Pemkab HST Gencar Sosialisasikan Perbup Nomor 34
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com