Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Cara Jitu Jaga Kesehatan Selama Berpuasa

- Apahabar.com Sabtu, 9 Mei 2020 - 06:30 WIB

Cara Jitu Jaga Kesehatan Selama Berpuasa

Ilustrasi. Foto-Shutterstock

apahabar.com, JAKARTA – Pada bulan Ramadan setiap Muslim diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh. Tentu hal ini tidak mudah, apalagi di tengah pademi virus yang masih melanda di seluruh negara di dunia.

Selama berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan atau cairan sekitar 14 jam. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda memperhatikan dan menjaga kesehatan selama Ramadan. Berikut tips menjaga kesehatan selama berpuasa:

Sahur Tidak Mepet Menjelang Imsak Sahur saat menjelang berakhirnya waktu sahur memiliki manfaat yang baik bagi tubuh untuk membakar makanan menjadi energi dengan jarak waktu yang pas. Tapi ingat, jangan sahur terlalu mepet dengan waktu imsak tentunya.

Selain itu, dengan mengakhiri waktu sahur, maka akan memberikan Anda kelancaran melakukan aktivitas lain sebelum subuh. Perlu diingat, sebelum menyantap hidangan sahur bersama keluarga, pastikan Anda dan seluruh anggota keluarga terlebih dahulu mencuci tangan dengan sabun cuci tangan. Rutin mencuci tangan merupakan salah satu cara untuk mencegah virus.

Lakukan Aktivitas Ringan Setelah sahur, usahakan melakukan aktivitas ringan dan hindari melanjutkan tidur kembali. Ini bukan tanpa alasan karena dampaknya buruk bagi tubuh. Larangan tidur setelah makan sahur ternyata disebabkan oleh akan timbulnya beragam penyakit, seperti memicu obesitas, pertumbuhan bakteri anaerob, stroke dan yang lebih parah lagi bisa menyebabkan serangan jantung.

Untuk itu, hindarilah tidur setelah sahur. Anda bisa mengisi waktu ini dengan melakukan kegiatan ibadah seperti membaca kitab suci Alquran sampai waktu subuh datang.
Olahraga Ringan Sifat malas merupakan sifat yang harus dibuang jauh-jauh. Nah, karena bangun lebih dini untuk sahur, maka rasa malas pun tak terbendung setelah salat subuh. Bila diikuti rasa malas, potensi bermalas-malasan hingga seharian penuh nantinya cukup besar.

Untuk itu, hindari kebiasaan bermalas-malasan dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Sama seperti di luar bulan Ramadhan, jika Anda tidak beraktivitas, malah bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

Bahkan, dengan melakukan aktivitas rutin setiap hari bisa membantu kerja organ di dalam tubuh secara maksimal. Jadi, biasakanlah melakukan olahraga ringan, seperti jalan santai, bersepeda, yoga, senam dan sebagainya pada pagi hari.

Saat berolahraga ringan di luar rumah, pastikan Anda memakai Masker. Pemerintah sudah menganjurkan masyarakat wajib memakai alat pelindung hidung dan mulut setiap kali beraktivitas di luar rumah untuk mencegah penularan virus dan polusi udara.

Beragam produk pelindung diri, seperti Masker Sensi 50 dapat Anda temukan dengan mudah di Tokopedia. Sebagai marketplace terbesar di Indonesia yang memiliki pilihan terlengkap dari beragam kategori, pembeli dapat berbelanja dan merasakan keuntungan, seperti bebas ongkir sepuasnya dan kemudahan transaksi pembayaran.

Jangan Begadang Selama puasa, cobalah mengatur jadwal tidur yang teratur. Contohnya, jika Anda sering tidur di atas pukul 11 malam, tubuhmu akan mudah capai karena harus bangun sahur. Ditambah lagi Anda harus bangun di pagi harinya untuk melakukan aktivitas seperti biasa.

Untuk itu, aturlah waktu tidur Anda sebaik mungkin. Kalau bisa sebelum pukul 11 malam Anda sudah harus tidur. Hal ini penting agar keesokan harinya Anda tetap kuat dan tidak ngantuk saat menjalani aktivitas seharian.

Segeralah Berbuka Puasa saat Waktunya Tiba Saat waktu berbuka puasa tiba, usahakan langsung berbuka. Apalagi jika Anda adalah penderita maag, segerakanlah berbuka karena jika menunda akan berakibat fatal bagi lambung.

Penting diperhatikan, sebelum Anda menyantap menu berbuka puasa, pastikan mencuci tangan dengan sabun. Namun, apabila Anda tidak sempat melakukannya, gunakanlah Hand Sanitizer. Penyanitasi tangan yang mengandung alkohol ini umumnya digunakan untuk mengurangi patogen pada tangan.

Penuhi semua kebutuhan Ramadan di Tokopedia. Serta nikmati berbagai promo Ramadan, hadiah dan penawaran menarik lainnya mulai 1 April-13 Mei 2020. (okz)

Editor: Syarif

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Begini Akibatnya Jika Presiden Brasil Posting Video Cabul di Twitter
apahabar.com

Gaya

5 Tips Penting yang Harus Dilakukan Hadapi Era New Normal
apahabar.com

Gaya

Penyajian Nasi Astakona Bakal Catat Rekor Muri
Oppo Reno5

Gaya

Oppo Reno5 Segera Dirilis di Indonesia, Berikut Bocoran Spesifikasinya
Sederet Ide Menarik Saat di Rumah Aja

Gaya

Sederet Ide Menarik Saat di Rumah Aja
apahabar.com

Gaya

5 Penyakit Ini Rentan Menyerang di Musim Kemarau
apahabar.com

Gaya

Ratu Elizabeth II Selalu Bawa Tas, Apa Isinya?
apahabar.com

Gaya

Moge BMW Pesaing Harley-Davidson Siap Meluncur di RI, Tapi…
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com