KH Miftachul Achyar Terpilih Jadi Ketua Umum MUI, Gantikan Ma’ruf Amin Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Oknum Simpatisan Terjerat Sabu di Kotabaru, FPI Bantah Anggotanya Cabuli Murid, Oknum Guru Olahraga di SD Banjarbaru Langsung Dipecat! Ketuanya Buron, Joko Pitoyo Ambil Alih Nasdem Tanah Laut

Catet, Wisata di Togean Belum Dibuka Imbas Covid-19

- Apahabar.com Selasa, 26 Mei 2020 - 12:10 WIB

Catet, Wisata di Togean Belum Dibuka Imbas Covid-19

Pulau Papan salah satu destinasi wisata andalan Pemerintah Kabupaten Tojo Una-una yang berada di Taman Nasional Kepulauan Togean. Foto: Antara

apahabar.com, PALU – Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT) belum membuka akses wisata di Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah di momen Lebaran Idulfitri mengingat pendemi Covid-19.

“Hingga dua bulan terakhir kami bersama pemerintah setempat belum membuka objek wisata ini sehingga di momen lebaran kali ini kegiatan pariwisata tidak dilakukan,” kata Kepala Balai TNKT Bustang, Selasa (26/5).

Objek wisata yang menjadi kawasan strategis nasional itu merupakan salah satu destinasi populer di Sulteng.

Tidak jarang destinasi wisata tersebut dikunjungi wisatawan mancanegara, wisatawan nusantara maupun wisatawan lokal.

Bustang menjelaskan, penutupan salah satu kawasan wisata unggulan Sulteng ini berdasarkan surat BTNKT nomor: PG. 01/T.23/Tu/Um/3/2020 tentang penutupan sementara kunjungan wisata taman nasional Kepulauan Togean.

Selain itu menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor: SE.1/MENLHK/SETJEN/SET.1/3/2020 tentang pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkup KLHK, termasuk edaran Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una tentang penutupan sementara kawasan destinasi wisata dan antisipasi penyebaran virus corona di kabupaten itu.

“Biasanya momen Lebaran tidak sedikit masyarakat Sulteng berkunjung ke objek wisata ini hanya untuk menghabiskan waktu liburan sambil menikmati keindahan laut Kepulauan Togean,” ujar Bustang.

Destinasi Kepulauan Togean merupakan wilayah masuk dalam kawasan lindung yang berada di bawah pengawasan BTNKT.

Bahkan saat ini UNESCO menetapkan kawasan tersebut menjadi cagar biosfer yang peruntukannya tidak hanya menjadi destinasi wisata melainkan juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat penelitian bagi perguruan tinggi maupun ilmuwan.

Dia memastikan di momen Lebaran tidak ada pelaku industri pariwisata melakukan kegiatan kepariwisataan yang dapat mengundang perhatian publik.

“Hingga saat ini kami masih tetap konsisten menjaga aktivitas masyarakat. Kita tidak ingin adanya kegiatan pariwisata justru dapat memicu penyebaran Covid-19 di daerah ini,” ucap Bustang.

Meski akses pariwisata ditutup sementara, namun kegiatan pengawasan perairan kawasan lindung di Kepulauan Togean terus dilakukan guna mencegah kegiatan-kegiatan yang dapat merusak lingkungan baik di perairan maupun darat. (Ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Militer AS yang Baru Pulang dari China akan Dikarantina
apahabar.com

Nasional

Setahun Jokowi-Ma’ruf, Produksi APD dalam Negeri Terus Digenjot
apahabar.com

Nasional

Menkeu Tegaskan Rapel Kenaikan Gaji PNS Cair Tengah April 2019
apahabar.com

Nasional

Peringati Hari Anti Korupsi, KPK Minta Pemkot Bekasi Transparan
apahabar.com

Nasional

Irjen Napoleon Bonaparte Minta Penyidikan Kasusnya Dihentikan
apahabar.com

Nasional

Kematian karena Covid-19 di AS Tembus 23 Ribu Jiwa
apahabar.com

Nasional

Ani Yudhoyono Tutup Usia
apahabar.com

Nasional

Pangdam I/BB: Jurnalis Profesi Luar Biasa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com