Kasus Covid-19 Bertambah, Polda Kalsel Siagakan KBR Gegana Pelaku Ditangkap, Kronologi Penusukan Mahasiswa ULM di Lingkar Dalam Terungkap Kepergok Mesum, Dua Sejoli di Tapin Langsung Dinikahkan di Depan Warga Habib Banua Sedih Jokowi Legalkan Produksi Miras, Sentil Para Pembisik Presiden Kronologis Penangkapan Penusuk Wildan, Mahasiswa Tanbu yang Tewas Dikeroyok

Cegah Kecurigaan, Jokowi Minta Data Penerima Bansos Dibuka Transparan

- Apahabar.com Senin, 4 Mei 2020 - 12:31 WIB

Cegah Kecurigaan, Jokowi Minta Data Penerima Bansos Dibuka Transparan

Petugas RT setempat membawa paket bantuan sosial dari pemerintah untuk disalurkan ke warga di kawasan Koja, Jakarta, Sabtu (02/05). Foto-Antara/Hafidz Mubarak A/hp.

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun meminta jajaranya agar membuka data penerima bansos secara transparan. Dia tak ingin muncul kecurigaan dalam penyaluran bansos.

“Saya minta agar data penerima bantuan sosial dibuka secara transparan, siapa yang dapat, kriterianya apa, jenis bantuannya apa, sehingga jelas tidak menimbulkan kecurigaan-kecurigaan dan kita bisa segera membuat koreksi di lapangan,” kata kata Jokowi saat membuka rapat terbatas secara virtual mengenai laporan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Istana Bogor, Senin (04/05).

Kepala Negara menegaskan pentingnya ketepatan waktu dalam penyaluran bantuan sebab ada berbagai bantuan sosial yang digulirkan mulai dari pusat, daerah, hingga dari desa.

Jokowi pun meminta pembukaan jalur pengaduan sehingga jika ada penyimpangan distribusi bantuan di lapangan dapat ditindaklanjuti dengan cepat.

“Persoalan ‘timing’ betul-betul harus di-‘manage’ dengan baik karena ada bantuan dari pusat, dari daerah dan dari desa. Terakhir saya minta dibuat ‘hotline’ pengaduan sehingga apabila menemukan penyimpangan-penyimpangan bisa kita bisa ketahui secara cepat,” katanya.

Berkaitan dengan program jaring pengaman sosial, Jokowi mengaku sudah mendapat laporan dari Menko PMK mengenai PKH, paket sembako, bansos tunai, BLT, hingga dana desa yang sudah berjalan.

“Saya minta kecepatan agar bantuan sosial ini sampai di tangan keluarga penerima betul-betul semakin cepat diterima semakin baik,” katanya.

Jokowi menargetkan dalam pekan ini semua bantuan sudah didistribusikan dan diterimakan kepada masyarakat dengan tepat sasaran.

“Saya minta Mensos juga gubernur, bupati, walikota, camat, sampai kepala desa turun ke lapangan menyisir, saya juga minta diberi fleksibilitas kepada daerah agar warga miskin yang belum dapat segera dicari solusinya,” kata Jokowi.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Sandiaga Uno: Saya Merasa Terhormat Jika Diberi Kesempatan Jadi Oposisi
apahabar.com

Nasional

Akomodir Usulan Indonesia, Arab Saudi Bangun Toilet Bertingkat di Mina
apahabar.com

Nasional

Daftar Diskon dan Promo Ponsel Harbolnas 2018
apahabar.com

Nasional

Viral, Lip Sync Madu 3 Lora Fadil Bareng Semua Istri
apahabar.com

Nasional

Jubir: Jumlah Diduga Covid-19 Jadi 23 Orang
apahabar.com

Nasional

Indonesia Siap Produksi 16.000 APD Standar WHO Per Hari
apahabar.com

Nasional

BPBD Pacitan Siagakan Personel di Sejumlah Objek Wisata Pantai
apahabar.com

Nasional

Geger Temuan King Kobra Keluar dari Dalam Kulkas, Intip Videonya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com