Temui Pacar, Begal Sadis di Gunung Kayangan Pelaihari Ditembak Petugas Begal Sadis di Gunung Kayangan Ditembak Sebelum Beraksi di Bali Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos

Dewan Sebut Kemiskinan di Kalsel Terendah se Kalimantan  

- Apahabar.com Selasa, 19 Mei 2020 - 19:11 WIB

Dewan Sebut Kemiskinan di Kalsel Terendah se Kalimantan   

Wakil Ketua DPRD Kalsel M Syarifuddin membacakan rekomendasi 4 Pansus DPRD dalam rapat Paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Tahun 2019, Selasa (19/5) pagi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyambaikan angka miskin di Banua tahun 2019 terendah di pulau Kalimantan.

“Berbagai peningkatan kinerja SOPD Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, tampaknya berjalan seiring dengan keberhasilan menekan angka kemiskinan menjadi 4,47% pada tahun 2019,” kata Wakil Ketua DPRD Kalsel M Syarifuddin membacakan rekomendasi 4 Pansus DPRD dalam rapat Paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Tahun 2019, Selasa (19/5) pagi.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-I) itu juga menyampaikan angka miskin di Kalsel jauh di bawah angka miskin nasional yakni 9,22%. Bahkan pihaknya menyebut terendah di Kalimantan.

Di Kalbar misalnya, angka miskin tahun 2019 sebanyak  7,28%. Kalteng 4,81%. Kaltim 5,91% dan Kaltara 6,49%.

Selain itu, Dewan juga menyarankan supaya Pemprov Kalsel lebih harmonis dengan pemerintah tingkat kabupaten/kota. Tujuannya, supaya daya saing masyarakat Kalsel juga meningkat.

“Guna meningkatkan daya saing penduduk Kalimantan Selatan kedepan, DPRD merekomendasikan agar Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan meningkatkan harmonisasi dengan pemerintah kabupaten/kota,” sambungnya.

Poin pertama yang harus dilakukan, perubahan strategi pembangunan secara mendasar kepada pembangunan berbasis pedesaan yang terintegrasi antar daerah kabupaten/kota.

Pendekatan ini akan menggeser tumpuan ekonomi Kalimantan Selatan dari sektor pertambangan ke sektor lain di pedesaan yang dapat diperbaharui dan ramah lingkungan.

Ke dua menjadikan manusia (penduduk desa khususnya) sebagai inti pembangunan melalui berbagai pendidikan dan pelatihan formal dan non formal untuk mewujudkan misi pertama RPJMD 2016-2021, yaitu mengembangkan sumberdaya manusia yang agamis, sehat, cerdas, dan terampil; misi ketiga: memantapkan kondisi sosial-budaya daerah yang berbasiskan kearifan lokal; dan misi kelima: mengembangkan daya saing ekonomi daerah yang berbasis sumberdaya lokal, dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.

Dan tiga, kemudahan pembinaan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terhadap instansi pemerintah kabupaten/kota.

Dewan, memberikan masukan itu sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2016-2021.

Selain menyelesaikan isu-isu yang bersifat lokal, juga mempertimbangkan isu yang bersifat nasional dan global, seperti pertumbuhan dan pemerataan, kemiskinan, pengangguran, lingkungan hidup dan penataan ruang.

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kalsel

Alasan Pemprov Kalsel Didesak Bereskan Perkara Aset
apahabar.com

DPRD Kalsel

Legislator DPRD Kalsel Prihatin, Sebuku Minim Pemadam Kebakaran
apahabar.com

DPRD Kalsel

Tangkal Embargo Sawit Oleh UE, DPRD Kalsel: Kita Bisa Lakukan Hilirisasi
apahabar.com

DPRD Kalsel

Anggota DPRD Kalsel Dorong Perbankan Konsisten Terapkan Relaksasi Kredit
apahabar.com

DPRD Kalsel

Keterwakilan Perempuan di Rumah Banjar Mulai Naik
apahabar.com

DPRD Kalsel

Dewan Kalsel Tak Ingin Raperda Desa Wisata Sekadar Formalitas
apahabar.com

DPRD Kalsel

Potensi PAD, Kalsel Mesti Punya Lab Sampling CPO
apahabar.com

DPRD Kalsel

Komisi IV DPRD Kalsel Berjuang Benahi SMAN 9 Barabai HST
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com