3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa? PLTS Tak Berfungsi, Kades Panaan Mengadu ke Dinas ESDM Kalsel

Dewan Tanbu Terima Rombongan Pansus IV DPRD Provinsi

- Apahabar.com Selasa, 19 Mei 2020 - 14:11 WIB

Dewan Tanbu Terima Rombongan Pansus IV DPRD Provinsi

DPRD Tanah Bumbu terima kunjungan Pansus IV DPRD Provinsi Kalsel. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BATULICIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu menerima kunjungan rombongan Pansus IV DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (15/5) kemarin.

Kedatangan mereka dalam rangka penyerapan aspirasi terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun Anggaran 2019.

Dipimpin Ketua Pansus IV, M Lutfi Saifuddin, dan Wakil Ketua Pansus IV, H Hasbullah, rombongan disambut langsung Ketua DPRD Tanah Bumbu, H Supiansyah, didampingi Wakil Ketua Komisi II, I Wayan Sudarma, dan anggota Komisi II, Harmanudin.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Tanah Bumbu, H Supiansyah, menjelaskan bahwa di Kabupaten Tanah Bumbu sudah sekian tahun tidak pernah melaksanakan LKPJ untuk Pansus.

Setelah LKPJ disampaikan oleh pemerintah daerah, selanjutnya DPRD menyerahkan kepada tim ahli untuk membedahnya dan kepada perusahaan-perusahaan dilayangkan surat dari DPRD sebagai pemberitahuan.

Sedangkan kepada pemerintah daerah menindaklanjuti untuk melaksanakan perbaikan jika ada koreksi dalam jangka waktu paling lama satu minggu.

“Alhamdulillah, di sini mulai dahulu tahu bahwa yang tidak pernah bermasalah antara eksekutif dan legislatif adalah Tanah Bumbu, karena disini satu kata beda rasa, satu rumah beda kamar, namun tujuannya tetap sama. Jadi setelah sudah diperbaiki lalu setiap fraksi mengajukan kepada tim ahli untuk menyusun apa yang dikritisi di sana untuk rekomendasi,” beber H Upi sapaan akrab Ketua DPRD Tanah Bumbu.

H Upi mengatakan tidak ada pembentukan pansus di Tanah Bumbu. Sementara untuk permasalahan peraturan daerah adalah Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) yang menyelesaikannya.

Dalam pembahasan LKPJ adalah wewenang staf ahli yang berjumlah 3 orang. Setelah itu diserahkan kepada pimpinan untuk selanjutnya diserahkan ke eksekutif untuk memperbaiki.

Salah satu Tim Ahli DPRD Tanah Bumbu bidang Anggaran dan Keuangan, Zulkifli, mengatakan terkait mekanisme pembahasan LKPJ khusus di Legislatif DPRD Tanah Bumbu tidak membentuk pansus, karena DPRD Tanah Bumbu mempercayakan untuk penelaahan dokumen materi berkas dari LKPJ kepada tim ahli.

“Kami menelaah setelah penyampaian paripurna LKPJ,” jelasnya.

Terhadap temuan-temuan akan disampaikan kepada pimpinan, kemudian pimpinan mengundang pihak eksekutif untuk sinkronisasi temuan dari DPRD yang bersumber dari tim pakar untuk disampaikan dan selanjutnya akan dibahas.

Ditemui terpisah usai pertemuan, Wakil Ketua Pansus IV, H Hasbullah, mengatakan ada hal menarik terkait yang disampaikan Ketua DPRD Tanah Bumbu bahwa di Kabupaten Tanah Bumbu LKPJ tidak dibahas oleh Pansus.

“DPRD Tanah Bumbu membahas LKPJ tidak menggunakan Pansus seperti di DPRD Provinsi Kalsel, melainkan dibantu oleh Tenaga Ahli. Itu merupakan suatu informasi dan pengalaman yang menjadi bahan di DPRD provinsi,” ungkap Hasbullah.

Terkait yang disampaikan ketua DPRD Tanah Bumbu menyangkut RPW dan Perda-perda, yang perlu disiapkan DPRD provinsi bersama gubernur ke depan itu merupakan masukan dari Ketua DPRD Tanah Bumbu.

Kedatangan Pansus IV, selain bersilaturrahmi juga untuk menyerap aspirasi dari Kabupaten Tanah Bumbu terkait dengan program pembangunan di Provinsi Kalsel.

Reporter: Syahriadi
Editor: Puja Mandela

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Fraksi Dewan Tanbu Setujui Raperda LPJ APBD 2019
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Dewan Apresiasi Kinerja Muhammad Alpiya Rakhman Saat Menjabat di DPRD Tanbu
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Reses DPRD Tanbu Gunakan Sistem Door To Door
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Bapemperda DPRD Tanbu Gelar Rapat Kerja Terkait Retribusi Jasa Usaha
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Reses di Sungai Dua, Andre Berjanji Akan Perjuangkan Aspirasi Warganya
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Bapemperda DPRD Tanbu Gelar Raker Raperda Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Dewan Harapkan Pasar Niaga Bersujud Berkembang Pesat
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Gabungan Komisi DPRD Tanah Bumbu Gelar RDP Terkait Bansos
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com