Tagihan Listrik di Kalsel-Teng Membengkak? PLN Ungkap Penyebabnya Jumatan Perdana di Banjar, 4 Masjid Dijaga Ketat TNI-Polri PSBB Berakhir, Duta Mall Segera Buka Bioskop dan Amazon? Jadi Contoh, Jemaah Masjid Miftahul Ihsan Malah Tak Disiplin Keseringan di Lapangan, Dua ASN di Banjarmasin Positif Covid-19




Home Religi

Kamis, 21 Mei 2020 - 06:30 WIB

Di Sini Rasulullah Salat Idul Fitri

rifad - Apahabar.com

Di Tempat Ini, Rasulullah Melaksanakan Sholat Idul Fitri. Foto: Masjid Ghamamah di Madinah, Arab Saudi. Foto-Istimewa

Di Tempat Ini, Rasulullah Melaksanakan Sholat Idul Fitri. Foto: Masjid Ghamamah di Madinah, Arab Saudi. Foto-Istimewa

apahabar.com, MADINAH – Islam mempunyai dua hari raya, yakni Idul Fitri dan Idul Adha. Idul Fitri dilaksanakan setiap 1 Syawal setelah sebulan melaksanakan puasa di bulan Ramadan. Sedangkan, Idul Adha diperingati setiap 10 Dzulhijjah, yakni sehari setelah jamaah haji melaksanakan wukuf di Padang Arafah pada 9 Dzulhijjah.

Idul Fitri merupakan hari kebahagiaan umat Islam sebagai hari raya atau hari kemenangan. Sebab, hari itu diraih setelah umat Islam mengerjakan puasa selama sebulan penuh.
Rasul SAW pernah bersabda yang artinya, “Kita baru saja kembali dari perang yang kecil. Sekarang, kita akan menuju perang yang lebih besar, yakni perang melawan (mengendalikan) hawa nafsu.”

Orang yang berhasil melewati atau mengendalikan diri dari hawa nafsu itulah yang memperoleh kemenangan. Rasul SAW mengumpamakan orang yang mampu mengendalikan dirinya dari godaan hawa nafsu sebagai orang yang suci, yakni fitrah. Dan, mereka yang mendapatkan kefitrahan inilah yang mendapatkan dirinya seperti bayi yang baru dilahirkan, seakan tak punya dosa.

Idul Adha diperingati sebagai bentuk kebahagiaan setelah dan wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan. Dalam surah Al-Kautsar Allah berfirman, Sesungguhnya, Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Dirikanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah. Sesungguhnya, orang yang membenci kamu adalah orang yang terputus. (QS Al-Kautsar [108]: 1-3).

Baca juga :  Habib Ali Masyhur Meninggal Dunia, Medsos Bertabur Pesan Duka

Kedua shalat hari raya (Id) ini disunnahkan untuk dilaksanakan di lapangan terbuka atau di masjid. Sebab, yang demikian itulah dilakukan Rasul SAW setiap tiba hari raya. Dan, salah satu tempat yang biasa digunakan oleh Rasulullah SAW mendirikan sholat Id adalah di lapangan yang terletak di kawasan al-Manakha.

Lokasi ini terletak sekitar 300 meter dari Masjid Nabawi. Sebagai bentuk penghormatan atas kebiasaan Rasul SAW mendirikan salat di tempat tersebut, didirikanlah sebuah masjid yang diberi nama Masjid Al-Mushalla, yakni masjid tempat salat.
Di Masjid inilah Rasul mendirikan salat Idul Fitri atau Idul Adha. Abu Hurairah berkata, Setiap kali Rasulullah melalui Al-Mushalla, Baginda akan menghadap ke arah kiblat dan berdoa.

Baca juga :  Rasululullah SAW Khawatir Umat Islam Memiliki 4 Penyakit Ini

Masjid Al-Musalla yang sekarang dikenal sebagai Masjid Al-Ghamamah terletak di sebelah timur Madinah, yaitu berhadapan dengan Pasar Tamar sekarang.
Letak masjid ini berdampingan dengan Masjid Nabawi di sebelah barat. Dari arah Babus Salam, bila kita melihat ke arah barat akan terlihat masjid yang memiliki kubah-kubah kecil. Warnanya kelabu dan berkubah putih.

Disebut dengan Al-Mushalla yang berarti tempat salat karena Rasulullah mengerjakan sholat hari raya di sekitar kawasan terbuka, yang menjadikan kawasan ini sebagai tempat khas shalat hari raya.
Konon, peristiwa itu terjadi pada tahun kedua Hijriyah. Karena itu, masjid ini memiliki sejarah penting dalam kehidupan umat Islam.

Menurut riwayat, Khalifah Umar bin Khattab adalah orang yang membangun masjid ini persis di tempat salat Nabi SAW. Adapun bangunan masjid yang ada sekarang ini adalah peninggalan pembangunan Sultan Abdul Majid al-Utsmani. Masjid ini pernah direnovasi kembali pada masa Raja Fahd (1411H). (rep)

Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Ribuan Jemaah Hadiri 7 Hari Wafaftnya Gus Sholah
Masjid di India Fasilitasi Pernikahan Pasutri Hindu

Religi

Masjid di India Fasilitasi Pernikahan Pasutri Hindu
apahabar.com

Religi

Tarawih Ala Haramain akan Digelar di Masjid Al Markaz Makassar
apahabar.com

Religi

SAPUHI Tawarkan Solusi Soal Rekam Biometrik
apahabar.com

Hikmah

Cerita Angel Lelga yang Diterima Keluarga Setelah 10 Tahun Mualaf
apahabar.com

Habar

Lebaran di Tengah Pandemi, MUI Imbau Halal Bihalal Via Online
apahabar.com

Hikmah

Hikmah Wafatnya Putra Rasulullah SAW di Usia Muda
apahabar.com

Habar

Ribuan Jamaah Hadiri Peringatan Haul Guru Cantung ke 16