Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi SMP Swasta di Banjarmasin Belajar Tatap Muka, Berikut Daftar Lengkapnya Menteri Edhy Ditangkap, Cita-Cita Prabowo Presiden Tamat! Sudah Beristri, Oknum Guru Olahraga di Banjarbaru Tega Cabuli Muridnya Sendiri Kasus Korupsi KONI Seret 2 Pejabat Pemkot Banjarmasin

Di Tengah Covid-19, Pemprov Kalsel Imbau Masyarakat Siaga Rayakan Lebaran

- Apahabar.com Sabtu, 23 Mei 2020 - 12:21 WIB

Di Tengah Covid-19, Pemprov Kalsel Imbau Masyarakat Siaga Rayakan Lebaran

Ilustrasi Idul Fitri. Foto-iStockphoto

apahabar.com, BANJARMASIN – Sehari menjelang hari raya Idul Fitri, potensi peningkatan kasus Covid-19 menjadi atensi utama pemerintah Kalimantan Selatan. Menurunnya tingkat kesadaran masyarakat terkait protokol kesehatan akan berdampak pada lonjakan kasus baru.

“Perlu diantisipasi bersama terjadinya potensi peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 terutama pasca-libur Idul Fitri,” kata Juru bicara Gugus Tugas percepatan dan penanganan Covid-19 Kalsel, HM Muslim dalam rilis terbarunya.

Kondisi ini menjadi bahan evaluasi yang akan dilakukan GTPP untuk mencegah penyebaran virus semakin meluas. Termasuk yang menjadi sorotan penting adalah persoalan mudik.

“Walaupun pemerintah sudah melarang mudik, tetapi potensi-potensi itu masih tetap ada karena ini dapat meningkatkan jumlah kasus,” ucapnya

Saat mudik, kemungkinan penularan antara satu sama lain menjadi semakin besar. Begitu pula dengan penggunaan transportasi umum yang masih dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk bepergian.

“Karena kesempatan bertemu lebih besar. Ini menjadi potensi terjadinya penularan,” ujarnya

Pemeriksaan kesehatan atau skrining di beberapa daerah juga dinilai masih rendah. Ini dapat menyebabkan tidak terdeteksinya kasus-kasus positif pada orang yang tidak memiliki gejala.

“Begitu pula bagi yang tidak menerapkan perilaku pencegahan seperti pakai masker, social distancing dan cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer,” imbuh Muslim.

Karena itu, GTPP menghimbau masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah untuk memutus rantai penularan Covid-19 di Kalsel. Seperti melaksanakan salat ID Fitri di rumah, mengurangi aktivitas di luar, menghindari kerumunan serta menerapkan protokol kesehatan lainnya.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

Tanggulangi Covid-19, Telkomsel Donasikan 600 APD ke Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Excavator Robohkan Bangunan Samping Jembatan Alalak
apahabar.com

Kalsel

Dugaan KDRT Dokter di Banjarbaru, Polisi Beber Motifnya
apahabar.com

Kalsel

Karena Kemiri Terbaik, Desa Ketapang Dilirik Investor  

Kalsel

Ketika Cinta Segitiga Berujung Maut di Sungai Tabuk
apahabar.com

Kalsel

Tingkat Pendidikan Profesi Bidan Rendah, Gubernur Kalsel Janjikan Beasiswa
apahabar.com

Kalsel

Menyalurkan Zakat ke Lembaga Lebih Bermanfaat, Benarkah?
apahabar.com

Kalsel

Mengandung Gas, Air Sumur Bor Badandan Batola Layak Konsumsi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com