Usai Sahur, 9 Rumah di Pelambuan Banjarmasin Hangus Terbakar! POPULER SEPEKAN: Jasad Dipocong Karung di HST hingga Rapid Tes Penumpang Feri Tanjung Serdang Waspada! Kalsel Bakal Diguyur Hujan Disertai Angin Kencang  Pakai Knalpot Brong, Puluhan Unit Sepeda Motor di Banjarmasin Ditilang Kampung Ambon Digerebek Lagi! Pistol-Narkoba hingga Pesawat Nirawak Diamankan

Di Tengah Covid-19, Pemprov Kalsel Imbau Masyarakat Siaga Rayakan Lebaran

- Apahabar.com Sabtu, 23 Mei 2020 - 12:21 WIB

Di Tengah Covid-19, Pemprov Kalsel Imbau Masyarakat Siaga Rayakan Lebaran

Ilustrasi Idul Fitri. Foto-iStockphoto

apahabar.com, BANJARMASIN – Sehari menjelang hari raya Idul Fitri, potensi peningkatan kasus Covid-19 menjadi atensi utama pemerintah Kalimantan Selatan. Menurunnya tingkat kesadaran masyarakat terkait protokol kesehatan akan berdampak pada lonjakan kasus baru.

“Perlu diantisipasi bersama terjadinya potensi peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 terutama pasca-libur Idul Fitri,” kata Juru bicara Gugus Tugas percepatan dan penanganan Covid-19 Kalsel, HM Muslim dalam rilis terbarunya.

Kondisi ini menjadi bahan evaluasi yang akan dilakukan GTPP untuk mencegah penyebaran virus semakin meluas. Termasuk yang menjadi sorotan penting adalah persoalan mudik.

“Walaupun pemerintah sudah melarang mudik, tetapi potensi-potensi itu masih tetap ada karena ini dapat meningkatkan jumlah kasus,” ucapnya

Saat mudik, kemungkinan penularan antara satu sama lain menjadi semakin besar. Begitu pula dengan penggunaan transportasi umum yang masih dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk bepergian.

“Karena kesempatan bertemu lebih besar. Ini menjadi potensi terjadinya penularan,” ujarnya

Pemeriksaan kesehatan atau skrining di beberapa daerah juga dinilai masih rendah. Ini dapat menyebabkan tidak terdeteksinya kasus-kasus positif pada orang yang tidak memiliki gejala.

“Begitu pula bagi yang tidak menerapkan perilaku pencegahan seperti pakai masker, social distancing dan cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer,” imbuh Muslim.

Karena itu, GTPP menghimbau masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah untuk memutus rantai penularan Covid-19 di Kalsel. Seperti melaksanakan salat ID Fitri di rumah, mengurangi aktivitas di luar, menghindari kerumunan serta menerapkan protokol kesehatan lainnya.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Biddokkes Polda Kalsel Tasyakur Masjid Sekaligus Bakti Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Bahaya! Kabel Bertegangan Tinggi di Desa Guntung Besar Menjuntai ke Tanah
apahabar.com

Kalsel

Pakaian Tenaga Honorer Belum Ditentukan, Pemkot Banjarmasin: Kemungkinan Sasirangan

Kalsel

Kuras Barang Berharga, Maling Bertato di Rumah Kosong Banjarbaru Ditangkap
apahabar.com

Kalsel

Pengendara Sepeda Motor Tewas Dihantam Truk di Batola
apahabar.com

Kalsel

Pramuka Balangan Gelar Jambore Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Diserang Medsos, PWI Kalsel Ingatkan Bawaslu Jangan Baperan

Kalsel

Pemprov Kalsel Lakukan Pengambilan Sumpah Janji 601 ASN
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com