Penyerang Polsek Daha Simpatisan ISIS, Legislator Kalsel: Agamanya Kurang Breaking News: PDP Kabur di Banjarbaru Akhirnya Ditemukan! Pertama, Kalsel Uji Terapi Pengobatan Pasien Covid-19 Pengganti Vaksin Toko Buah di Teweh Diserbu Pria Bersajam, Dua Perempuan Terluka Polisi Bongkar Makam Korban Pembunuhan Ibu Kandung di Teweh




Home Kalsel

Sabtu, 23 Mei 2020 - 12:21 WIB

Di Tengah Covid-19, Pemprov Kalsel Imbau Masyarakat Siaga Rayakan Lebaran

Uploader - Apahabar.com

Ilustrasi Idul Fitri. Foto-iStockphoto

Ilustrasi Idul Fitri. Foto-iStockphoto

apahabar.com, BANJARMASIN – Sehari menjelang hari raya Idul Fitri, potensi peningkatan kasus Covid-19 menjadi atensi utama pemerintah Kalimantan Selatan. Menurunnya tingkat kesadaran masyarakat terkait protokol kesehatan akan berdampak pada lonjakan kasus baru.

“Perlu diantisipasi bersama terjadinya potensi peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 terutama pasca-libur Idul Fitri,” kata Juru bicara Gugus Tugas percepatan dan penanganan Covid-19 Kalsel, HM Muslim dalam rilis terbarunya.

Kondisi ini menjadi bahan evaluasi yang akan dilakukan GTPP untuk mencegah penyebaran virus semakin meluas. Termasuk yang menjadi sorotan penting adalah persoalan mudik.

Baca juga :  SD IT Darul Fikri Balangan Gelar Warung Takjil Bertema Green Stall

“Walaupun pemerintah sudah melarang mudik, tetapi potensi-potensi itu masih tetap ada karena ini dapat meningkatkan jumlah kasus,” ucapnya

Saat mudik, kemungkinan penularan antara satu sama lain menjadi semakin besar. Begitu pula dengan penggunaan transportasi umum yang masih dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk bepergian.

“Karena kesempatan bertemu lebih besar. Ini menjadi potensi terjadinya penularan,” ujarnya

Pemeriksaan kesehatan atau skrining di beberapa daerah juga dinilai masih rendah. Ini dapat menyebabkan tidak terdeteksinya kasus-kasus positif pada orang yang tidak memiliki gejala.

Baca juga :  Bertambah 9, Positif Covid-19 di Tanbu Jadi 22 Orang

“Begitu pula bagi yang tidak menerapkan perilaku pencegahan seperti pakai masker, social distancing dan cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer,” imbuh Muslim.

Karena itu, GTPP menghimbau masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah untuk memutus rantai penularan Covid-19 di Kalsel. Seperti melaksanakan salat ID Fitri di rumah, mengurangi aktivitas di luar, menghindari kerumunan serta menerapkan protokol kesehatan lainnya.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Masih Dikaji, Dinas PUPR: Realisasi Jembatan HKSN Mungkin Tahun 2020
apahabar.com

Kalsel

Hari Ini, Hujan Guyur 6 Wilayah Kalimantan Selatan Siang-Malam

Kalsel

Laporan Puar Soal Ijazah Ketua DPRD Banjar ke Polisi Dipertanyakan
apahabar.com

Kalsel

Pleno di HST Selesai, Pasangan Prabowo-Sandi Superior
apahabar.com

Kalsel

MAN 1 HST Nyaris Terbakar Lagi, Sosok Misterius Muncul
apahabar.com

Kalsel

Janji Bertemu di Kuburan, Isyarat Kematian Korban Kecelakaan di Batola
apahabar.com

Kalsel

Bang Dhin Dorong Pemda Siapkan Psikolog Pasien Isolasi Mandiri Covid-19 di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

HUT ke-19 Sanggar Musik Antasari UIN Banjarmasin