Ibadah Ramadan di Banjarbaru Diperbolehkan dengan Prokes, Petasan Jangan! Bawaslu Kalsel Tanggapi Santai Aduan Denny Indrayana ke Pusat Kronologi Lengkap Penemuan Jasad Tak Utuh di Gang Jemaah II Banjarmasin Mudik Dilarang, Terminal Pal 6 Banjarmasin Tutup Rute Antarkabupaten-kota Mudik Ramadan Dilarang, Pertamina Kalimantan Tambah 3 Persen Pasokan Gas

Di Tengah Pandemi Covid-19, Apindo Kalsel Ingatkan Pengusaha Bayar THR

- Apahabar.com Kamis, 7 Mei 2020 - 11:18 WIB

Di Tengah Pandemi Covid-19, Apindo Kalsel Ingatkan Pengusaha Bayar THR

Ketua Apindo Kalsel Supriadi. Foto-Tribun

apahabar.com, BANJARMSIN – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ingatkan para pengusaha tetap membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) pada karyawannya.

Meski surat edaran Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) memberikan kelonggaran para pengusaha untuk menyicil, bahkan menunda THR. Apindo tetap menganjurkan pengusaha tetap membayar THR.

“Hal tersebut tentu dapat dilakukan dengan sebelumnya ada perundingan secara bipartite antara pengusaha dan pekerja dan dilandasi dengan laporan keuangan yang transfaran dan bisa dipertanggung jawabkan,” kata Ketua Apindo Kalsel Supriadi, Kamis (7/8).

Dia menjelaskan bagi para pengusaha yang mampu membayar, jangan memanfaatkan surat edaran itu sebagai alasan tak membayar THR.

Sesuai dengan Permenaker No 06 Tahun 2016, THR keagamaan wajib dibayarkan 7 hari sebelum lebaran.

Selain itu, berdasarkan ketentuan yang diatur dalam UU No 13 Tahun 2003 dan PP No 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, setiap pengusaha wajib membayar THR 100% bagi pekerja yang memiliki masa kerja di atas 1 tahun.

Sebelumnya Apindo Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendukung kebijakan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) melalui surat edarannya.

“Alhamdulillah, pengajuan rekomendasi DPP Apindo Kalsel melalui DPN Apindo tanggal 20 April lalu sudah disetujui presiden,” kata Ketua Apindo Kalsel Supriadi, Kamis (7/8).

Dia menyebut permintaan usulan yang bersumber dari para pengusaha itu di jawab Presiden Jokowi, lewat Surat Edaran dari permenaker RI No M/6/HI.00.01/V/2020 mengenai tentang pemberian THR tahun 2020 dalam masa pendemi Covid-19.

Surat edaran menker Fauziyah tentang ketentuan Tunjangan Hari Raya (THR), sempat di tunggu-tunggu oleh para pengusaha maupun buruh.

Di Kalsel para buruh sempat menggelar aksi unjuk rasa. Mereka menyuarakan pengusaha tetap mencairkan THR para buruh. Apalagi di tengah Pandemi virus Corona saat ini.

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Bikin Macet Parah, U-Turn Depan SMK 4 Pun Dibuka
apahabar.com

Kalsel

Sekolah Tatap Muka di Kalsel, Banyak Laporan Kekhawatiran Ortu
apahabar.com

Kalsel

Kecelakaan Xenia vs Truk di Kabupaten Banjar, Empat Korban Dilarikan ke IGD
apahabar.com

Kalsel

Heboh Gadis Muda di Kotabaru Digilir Pemuda Mabuk
apahabar.com

Kalsel

Jelang HUT RI, Polres Tabalong Salurkan Bantuan ke Panti Asuhan
apahabar.com

Kalsel

Optimistis, LAPOR! Banjarmasin Targetkan Masuk 2 Besar Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik
apahabar.com

Kalsel

Penurunan Harga Tiket Pesawat Picu Deflasi Kalsel!
apahabar.com

Kalsel

Disalahgunakan Anak Punk, Kios Kosong di Minggu Raya Dibongkar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com