Video Viral Rombongan Klub Harley Keroyok 2 Anggota TNI, Polisi Melerai Dicuekin, Ini Gara-garanya Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru

Di Tengah Pandemi Covid-19, Apindo Kalsel Ingatkan Pengusaha Bayar THR

- Apahabar.com Kamis, 7 Mei 2020 - 11:18 WIB

Di Tengah Pandemi Covid-19, Apindo Kalsel Ingatkan Pengusaha Bayar THR

Ketua Apindo Kalsel Supriadi. Foto-Tribun

apahabar.com, BANJARMSIN – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ingatkan para pengusaha tetap membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) pada karyawannya.

Meski surat edaran Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) memberikan kelonggaran para pengusaha untuk menyicil, bahkan menunda THR. Apindo tetap menganjurkan pengusaha tetap membayar THR.

“Hal tersebut tentu dapat dilakukan dengan sebelumnya ada perundingan secara bipartite antara pengusaha dan pekerja dan dilandasi dengan laporan keuangan yang transfaran dan bisa dipertanggung jawabkan,” kata Ketua Apindo Kalsel Supriadi, Kamis (7/8).

Dia menjelaskan bagi para pengusaha yang mampu membayar, jangan memanfaatkan surat edaran itu sebagai alasan tak membayar THR.

Sesuai dengan Permenaker No 06 Tahun 2016, THR keagamaan wajib dibayarkan 7 hari sebelum lebaran.

Selain itu, berdasarkan ketentuan yang diatur dalam UU No 13 Tahun 2003 dan PP No 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, setiap pengusaha wajib membayar THR 100% bagi pekerja yang memiliki masa kerja di atas 1 tahun.

Sebelumnya Apindo Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendukung kebijakan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) melalui surat edarannya.

“Alhamdulillah, pengajuan rekomendasi DPP Apindo Kalsel melalui DPN Apindo tanggal 20 April lalu sudah disetujui presiden,” kata Ketua Apindo Kalsel Supriadi, Kamis (7/8).

Dia menyebut permintaan usulan yang bersumber dari para pengusaha itu di jawab Presiden Jokowi, lewat Surat Edaran dari permenaker RI No M/6/HI.00.01/V/2020 mengenai tentang pemberian THR tahun 2020 dalam masa pendemi Covid-19.

Surat edaran menker Fauziyah tentang ketentuan Tunjangan Hari Raya (THR), sempat di tunggu-tunggu oleh para pengusaha maupun buruh.

Di Kalsel para buruh sempat menggelar aksi unjuk rasa. Mereka menyuarakan pengusaha tetap mencairkan THR para buruh. Apalagi di tengah Pandemi virus Corona saat ini.

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Diksi New Normal Salah, Pakar ULM Beri Penjelasan

Kalsel

Siang Bolong, Pedagang Mabuk Bikin Onar di Pasar CBS Martapura
apahabar.com

Kalsel

Polsek Tambang Ulang Patroli ke Posko KTB Desa Bingkulu
apahabar.com

Kalsel

Digoyang Isu Penonaktifan, Akbid Martapura Tetap Rekrut Mahasiswa Baru
Begini Cara Kemenkumham Kalsel Tingkatkan Sinergitas MPWN dan MPDN

Kalsel

Begini Cara Kemenkumham Kalsel Tingkatkan Sinergitas MPWN dan MPDN  
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kalsel 20 Oktober: Tambah 42 Positif, 37 Pasien Sembuh
apahabar.com

Kalsel

Sah! Berry Resmi Jabat Wabup HST
apahabar.com

Kalsel

Kecewa, Pelancong Asal Bandung Tak Bisa Susur Sungai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com