Penyerang Polsek Daha Simpatisan ISIS, Legislator Kalsel: Agamanya Kurang Breaking News: PDP Kabur di Banjarbaru Akhirnya Ditemukan! Pertama, Kalsel Uji Terapi Pengobatan Pasien Covid-19 Pengganti Vaksin Toko Buah di Teweh Diserbu Pria Bersajam, Dua Perempuan Terluka Polisi Bongkar Makam Korban Pembunuhan Ibu Kandung di Teweh




Home Pemkab Hulu Sungai Tengah

Jumat, 22 Mei 2020 - 19:55 WIB

Dinsos Salurkan Sembako Khusus untuk Penyandang Disabilitas di HST

Aam - Apahabar.com

HST 
100 paket di depan Kantor Dinsos PPKB PP yang siap disalurkan kepada penyandang disabilitas di HST. Foto-apahabar.com/Lazuardi.

HST 100 paket di depan Kantor Dinsos PPKB PP yang siap disalurkan kepada penyandang disabilitas di HST. Foto-apahabar.com/Lazuardi.

apahabar.com, BARABAI – Seratus paket sembako khusus untuk penyandang disabilitas dan orang terlantar di Hulu Sungai Tengah (HST) mulai disalurkan.

Penyandang disabilitas tersebut dalam artian atau ditujukan untuk orang yang berada di masyarakat bukan yang berada di panti rehabilitasi, di lembaga atau balai maupun tempat yang dikhususukan bagi warga terlantar

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) PPKB dan PPPA HST, HM Yusuf mengatakan, penyaluran melalui instansinya merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah daerah melalui program yang dikucurkan oleh Kemensos RI.

Tentang pendataan penyandang disabilitas dan orang terlantar tadi, Yusuf  menjelaskan bersumber dari desa dan kelurahan yang  dihimpun dan dikoordinir oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Baca juga :  Terima Bantuan dari Hakka, Repnas Kalsel Distribusikan Paket Sembako di Banjarmasin

Dari situ, mekanismenya kemudian dilaporkan ke tingkat kabupaten, Barulah dilaksanakan verifikasi dan validasi untuk disampaikan kembali ke tingkat provinsi dan tingkat pusat.

“Sebelum disetujui, dilaksanakan pula video konferensi oleh Dinas Sosial Provinsi Kal Sel dan Kemensos RI kepada seluruh kabupaten dan kota di Kal – Sel untuk memastikan bahwa penerima tersebut benar-benar layak,” kata Yusuf saat ditemui apahabar.com di depan kantornya belum lama tadi.

Setelah semua proses berjalan, lanjut dia, HST dapat jatah kouta sebanyak 100 paket sembako yang disalurkan Kemensos RI melalui Balai Budi Luhur Banjarbaru. Sembako itupun kemudian dislalurkan untuk keluarga penerima manfaat (KPM) dengan kriteria yang ditentukan tadi.

Baca juga :  Santai di Rumah, Penjual Togel di Haruyan Diciduk Polisi

Semuanya langsung dibagikan kepada para penerima beserta keluarganya di seluruh kecamatan se HST sesuai data yang telah diverifikasi dan divalidasi.

“Kenapa demikian, karena keluarganyalah yang saat ini merawat yang bersangkutan,” kata Yusuf.

Sekedar diketahui, Balai Budi Luhur Banjarbaru adalah balai milik Kementerian Sosial RI yang dititipkan pengelolaannya kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Sosial. Balai ini dikhususkan bagi penyandang disabilitas mental sebagai pusat rehabilitasi.

Apabila di kabupaten atau kota se Kalsel terdapat terdapat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) maka dikirim ke RSJ Sambang Lihum Setelahh selesai perawatan baru kemudian dilaksanakanlah rehabilitasi melalui balai ini.

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemeriksaan Saat Pandemi Corona, Pemkab HST Siap Fasilitasi BPK
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Jalin Silaturahim, Bagian Protokol Setda HST Temui Wartawan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bupati HST Minta Perangkat Daerah Buat Instrumen Tentang Perda BPHT
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tanggap Corona, Pemkab HST Perketat Pengawasan Fasilitas Kesehatan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Kebakaran MAN 1, Pemkab HST Jalin Koordinasi dengan Kemenag
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Cegah Penyebaran Covid di HST, Gugus Tugas Sosialisasikan Kebijakan Pemerintah
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemkab HST Apresiasi Kemanunggalan TNI-Masyarakat Lewat TMMD
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemkab HST Maksimalkan Anggaran untuk Perekonomian Masyarakat