Ketika Pejabat Pemkot Banjarmasin Rame-Rame Balikan Duit Korupsi KONI Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi SMP Swasta di Banjarmasin Belajar Tatap Muka, Berikut Daftar Lengkapnya Menteri Edhy Ditangkap, Cita-Cita Prabowo Presiden Tamat! Sudah Beristri, Oknum Guru Olahraga di Banjarbaru Tega Cabuli Muridnya Sendiri

Dinsos Salurkan Sembako Khusus untuk Penyandang Disabilitas di HST

- Apahabar.com Jumat, 22 Mei 2020 - 19:55 WIB

Dinsos Salurkan Sembako Khusus untuk Penyandang Disabilitas di HST

HST 100 paket di depan Kantor Dinsos PPKB PP yang siap disalurkan kepada penyandang disabilitas di HST. Foto-apahabar.com/Lazuardi.

apahabar.com, BARABAI – Seratus paket sembako khusus untuk penyandang disabilitas dan orang terlantar di Hulu Sungai Tengah (HST) mulai disalurkan.

Penyandang disabilitas tersebut dalam artian atau ditujukan untuk orang yang berada di masyarakat bukan yang berada di panti rehabilitasi, di lembaga atau balai maupun tempat yang dikhususukan bagi warga terlantar

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) PPKB dan PPPA HST, HM Yusuf mengatakan, penyaluran melalui instansinya merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah daerah melalui program yang dikucurkan oleh Kemensos RI.

Tentang pendataan penyandang disabilitas dan orang terlantar tadi, Yusuf  menjelaskan bersumber dari desa dan kelurahan yang  dihimpun dan dikoordinir oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Dari situ, mekanismenya kemudian dilaporkan ke tingkat kabupaten, Barulah dilaksanakan verifikasi dan validasi untuk disampaikan kembali ke tingkat provinsi dan tingkat pusat.

“Sebelum disetujui, dilaksanakan pula video konferensi oleh Dinas Sosial Provinsi Kal Sel dan Kemensos RI kepada seluruh kabupaten dan kota di Kal – Sel untuk memastikan bahwa penerima tersebut benar-benar layak,” kata Yusuf saat ditemui apahabar.com di depan kantornya belum lama tadi.

Setelah semua proses berjalan, lanjut dia, HST dapat jatah kouta sebanyak 100 paket sembako yang disalurkan Kemensos RI melalui Balai Budi Luhur Banjarbaru. Sembako itupun kemudian dislalurkan untuk keluarga penerima manfaat (KPM) dengan kriteria yang ditentukan tadi.

Semuanya langsung dibagikan kepada para penerima beserta keluarganya di seluruh kecamatan se HST sesuai data yang telah diverifikasi dan divalidasi.

“Kenapa demikian, karena keluarganyalah yang saat ini merawat yang bersangkutan,” kata Yusuf.

Sekedar diketahui, Balai Budi Luhur Banjarbaru adalah balai milik Kementerian Sosial RI yang dititipkan pengelolaannya kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Sosial. Balai ini dikhususkan bagi penyandang disabilitas mental sebagai pusat rehabilitasi.

Apabila di kabupaten atau kota se Kalsel terdapat terdapat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) maka dikirim ke RSJ Sambang Lihum Setelahh selesai perawatan baru kemudian dilaksanakanlah rehabilitasi melalui balai ini.

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Harlah PMII HST, Berry: Berikan Kontribusi Bermanfaat
ASN Ikut Sosialisasi PP 12, Chairansyah: Semoga Berdampak Positif

Pemkab Hulu Sungai Tengah

ASN Ikut Sosialisasi PP 12, Chairansyah: Semoga Berdampak Positif    
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pantau BLT-DD, Chairansyah Sempatkan Kunjungi Pesantren dan Musala di LAU
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Era Teknologi, Evaluator RB Pemkab HST Dituntut Siapkan Strategi
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Salurkan Bantuan Pada Hari Anak Nasional, Ini Pesan Istri Bupati HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Ernawati Berharap Ada Inovasi Pada Harjad ke-61 HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bangun Jalan Penghubung LAS-Haruyan, Chairansyah Apresiasi TMMD ke 107
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Chairansyah Apresiasi Pleno Rekapitulasi Dukungan Bapaslon Independen
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com